CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
MEMBANGUN BANGSA DAN NEGARA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef7f5cb7e3a722cf60a8241/membangun-bangsa-dan-negara

MEMBANGUN BANGSA DAN NEGARA

 Sebuah refleksi : KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
 
Kehidupan ber-bangsa dan  ber-negara dipimpin oleh tiga pemimpin yang berbeda tugas dan fungsinya tapi saling berkaitan. Jika salah satu pimpinan tidak baik, maka negara dikatakan SAKIT. Jika dua pimpinan tidak baik, maka negara dalam keadaan RUSAK. Jikalau tiga-tiganya pimpinan tidak baik, maka negara HANCUR.

Pertama : Pemimpin AGAMA, yaitu para alim ulama yang memimpin  UMAT, yang mengatur tentang KEBENARAN, PERI LAKU DAN BUDI PEKERTI (MORAL DAN AKHLAK}, serta HALAL DAN HARAM (YANG BOLEH DAN YANG DILARANG}, yang akan menjadi penanda BUDAYA BANGSA.

Kedua : Pemimpin NEGARA yang disebut PEMERINTAH,  yang dibagi dalam tiga fungsi yaitu : LEGISLATIF, YUDIKATIF dan EXECUTIF yang memimpin  RAKYAT, mengatur administrasi ketata negaraan (sosial dan politik), ketertiban, keamanan serta menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, yang diatur dalam undang-undang dan hukum, yang selaras dengan ADAB BUDAYA BANGSA  yang diatur  para pemimpin AGAMA.

Ketiga : Pemimpin EKONOMI, yaitu para PENGUSAHA yang mengatur dan menyediakan semua kebutuhan hajat MASYARAKAT. Semua aturan harus berdasarkan atas HAK AZAZI MANUSIA (Human Rights), HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL (Property rights} dan LINGKUNGAN HIDUP (Environment).

Ketiga PIMPINAN ini disebut sebagai TRISULA,  di negara Inggris disebut dengan THE THREE LIONS.

Orang-orang yang dipimpin disebut WARGA NEGARA yang juga disebut sebagai UMAT, RAKYAT dan MASYARAKAT, karena ketiga sebutan itu melekat pada setiap Warga Negara. Tugas dan kewajiban WARGA NEGARA ialah BERGOTONG ROYONG yaitu memilih para pemimpinnya (GOTONG) serta men taati dan menjalani aturan yang dibuat para pemimpin yang dipilihnya (ROYONG), dengan harapan dapat hidup bahagia dunia dan akhirat.

Tiga Pimpinan dan warga negara dikatakan sebagai EMPAT unsur suatu negara, dalam budaya JAWA ada istilah “PAPAT KALIMA PANCER”. Apa dan  siapa Kalima pancer itu?. Kalima Pancer adalah yang menciptakan dan mengatur KEHIDUPAN atau  “lumungsur Sumedhot Pancering Bumi” yaitu ALLAH Swt.

Inilah Lima unsur yang menjadi dasar dan acuan para PENDIRI BANGSA, dalam membentuk negara kita yaitu INDONESIA  untuk menjadi Landasan sebagai FALSAFAH BANGSA yaitu PANCASILA.

Wassalam




profile-picture
profile-picture
Verial dan nomorelies memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di