CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
NU dan Muhammadiyah Kobarkan Perang Suci Bantai PKI, Korban Digorok dan Dipenggal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef7dc435cf6c434e16faf11/nu-dan-muhammadiyah-kobarkan-perang-suci-bantai-pki-korban-digorok-dan-dipenggal

NU dan Muhammadiyah Kobarkan Perang Suci Bantai PKI, Korban Digorok dan Dipenggal

JAKARTA – Wikipedia terang-terangan menyebut kelompok Islam, khususnya Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah terlibat dalam pembantaian PKI di tanah Jawa.

Wikipedia dalam artikelnya berjudul “Pembantaian di Indonesia 1965-1966” mengatakan bahwa Pemuda Ansor NU membantai PKI di Kediri, Jawa Timur.

“Di wilayah seperti Kediri, Gerakan Pemuda Ansor Nahdlatul Ulama menyuruh orang-orang komunis berbaris. Mereka lalu menggorok leher orang-orang tersebut, lalu jenazah korban dibuang ke sungai,” tulis Wikipedia dikutip Pojoksatu.id.

“Pembantaian ini mengosongkan beberapa bagian desa, dan rumah-rumah korban dijarah atau diserahkan ke angkatan bersenjata,” tambahnya.

Menurut Wikipedia, kebencian terhadap komunis dikobarkan oleh angkatan darat, sehingga banyak penduduk Indonesia yang ikut serta dalam pembantaian ini.

Di Jawa, banyak pembunuhan dilakukan oleh simpatisan aliran. Militer mendorong para santri Jawa untuk mencari anggota PKI di antara orang-orang abangan Jawa.

“Pembunuhan meluas sampai pada orang-orang yang bukan anggota PKI. Di Jawa, contohnya, banyak orang yang dianggap “PNI kiri” dibunuh. Yang lainnya hanya dituduh atau merupakan korban fitnah dengan sedikit atau tanpa motif politik,” tulisnya.

Pada pertengahan Oktober, Soeharto mengirim sejumlah pasukan komando kepercayaannya ke Jawa tengah, daerah yang memiliki banyak orang komunis, sedangkan pasukan yang kesetiaannya tak jelas diperintahkan pergi dari sana.

Pembantaian terhadap orang komunis kemudian dilakukan oleh para pemuda, dengan dipandu oleh angkatan bersenjata, memburu orang-orang komunis.

“Konflik yang pernah pecah pada tahun 1963 antara partai Muslim Nahdlatul Ulama (NU) dan PKI berubah menjadi pembantaian pada minggu kedua Oktober,” katanya.

Wikipedia melansir bahwa pada tahun 1965, Muhammadiyah mengobarkan perang suci untuk membasmi PKI melalui Gerakan September Tiga Puluh (Gestapu) atau Gerakan 30 September.

“Kelompok Muslim Muhammadiyah menyatakan pada awal November 1965 bahwa pembasmian “Gestapu/PKI” merupakan suatu Perang Suci,” katanya.

Pandangan tersebut didukung oleh kelompok-kelompok Islam lainnya di Jawa dan Sumatra. Bagi banyak pemuda, membunuh orang komunis merupakan suatu tugas keagamaan.

Di tempat-tempat adanya pusat komunis di Jawa Tengah dan Jawa Timur, kelompok-kelompok Muslim menganggap bahwa mereka adalah korban serangan komunis supaya mereka memperoleh pembenaran atas pembantaian yang mereka lakukan. Mereka biasanya mengungkit-ungkit Peristiwa Madiun pada tahun 1948.

Para pelajar Katolik di daerah Yogyakarta meninggalkan asrama mereka pada malam hari untuk ikut membunuh orang-orang komunis yang tertangkap.

“Para korban dibunuh dengan cara ditembak, dipenggal, dicekik, atau digorok oleh angkatan bersenjata dan kelompok Islam. Pembantaian dilakukan dengan cara “tatap muka”, tidak seperti proses pembantaian massal oleh Khmer Merah di Kamboja atau oleh Jerman Nazi di Eropa,” tulisnya.

Wikipedia menyebutkan bahwa dalam waktu 20 tahun pertama setelah pembantaian, muncul 39 perkiraan serius mengenai jumlah korban.

Sebelum pembantaian selesai, angkatan bersenjata memperkirakan sekitar 78.500 telah meninggal, sedangkan menurut orang-orang komunis yang trauma, perkiraan awalnya mencapai 2 juta korban jiwa.

Pada 1966, Benedict Anderson memperkirakan jumlah korban meninggal sekitar 200.000 orang dan pada 1985 mengajukan perkiraan mulai dari 500,000 sampai 1 juta orang.

“Sebagian besar sejarawan sepakat bahwa setidaknya setengah juta orang dibantai, lebih banyak dari peristiwa manapun dalam sejarah Indonesia. Suatu komando keamanan angkatan bersenjata memperkirakan antara 450.000 sampai 500.000 jiwa dibantai,” tandasnya.

https://pojoksatu.id/news/berita-nas...dan-dipenggal/

Mana ada orang Katolik bunuh orang, setau saya, ajaran Katolik tidak boleh membunuh manusia, apapun dosa dan kesalahan nya, harus dimaafkan.
begitu juga buddha, hindu, Konghucu, juga tidak ada sama sekali ajaran membunuh manusia, tidak boleh sebab besar dosanya.
Jadi sekali lagi, tidak benar ada pelajar Katolik yg ikut membunuh PKI 1966, itu tidak benar dan fitnah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh KS06
Mimpi ya coy ??

Bartolomeus massacre bosssss

Blm perang salib olh urbanus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 37 balasan
Klo kesimpulan TS agama lain ga bole membunuh... Maka perang kemerdekaan indonesia diperjuangkan hanya oleh muslim...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
victimaye dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Kali ini aye ikut wikipedia







BUBARKAN PDIP emoticon-Belgia

USIR CINA KOMONES DARI INDONESIA emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudo212 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kakek gw dulu cerita jaman DI /TII thn 50an setiap sore warga desa harus ngungsi ke tempat aman yg ada tentaranya. Sebab saat malam DI / TII yg kelaparan dan bersembunyi dr kejaran tentara bakal keluar cari makan.
Mereka merampok rumah rakyat, apa yg ada yg bs d ambil ky beras, uang, perhiasan d bawa.

Kadang mereka gak segan2 bunuh warga yg mereka temui dan bakar rumah warga. Makanya jaman dulu stlh ashar warga desa d himbau ngungsi dr desa mereka.

Kekejaman DI/TII jg luar biasa trjadi d jabar dan Jateng, tp jarang d ceritakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh smogal
Lihat 2 balasan
lalu orang orang Dl/Tll?
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan harunmasiku memberi reputasi
pengalihan isu dri ekonomi nyungsep

gk da bahan laen apa yg pnting yg di bahas rang indon apaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 6 lainnya memberi reputasi
Klo kita masuk ke museum lubang buaya liat diorama kebanyakan yg d serang PKI itu kaya pejabat negara ky wedana,polisi, lurah carik, dan perangkat desa lain. Trus kaum aristokrat para priyayi yg dpt hak istimewa stlh jaman feodal Jawa. Dan jg para pemuka agama.

Kaum Komunis gak bunuh rakyat krn emang basis mereka itu kaum proletar sprti buruh dan petani..

Beda sm DI TII yg suka rampok dan bunuh rakyat kecil. Mereka akan anggap musuh semua orang yg ga bantu mereka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh smogal
Lihat 5 balasan
orang belanda dulu yang ngejajah indonesia agamanya apa yhaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan nomorelies memberi reputasi
Lihat 2 balasan
@smogal

Luar biasah ya gan @smogal PKI itu Partai Wong Cilik, Buruh,Proletar

Ga mungkin membunuh rakyat, kalau ada itu cuman fitnah dari
kadrun kadrun


Quote:
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Diubah oleh 121131
Lihat 1 balasan
Hal ini akan terus di sangkal2 karena keturunan mereka tidak akan sudi orangtua mereka pernah menjadi pembunuh dan mau tidak mau mereka terus memaksakan diri mempercayai orang tua mereka adalah pahlawan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 3 lainnya memberi reputasi
Selama Indo masih menyangkal sejarah sendiri ga akan pernah maju. Balik aja terus isu pki yg dipake walaupun udah 200 tahun berlalu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh vangoz
Yg menentang pki brarti kadrun emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TERA.SERVO dan 2 lainnya memberi reputasi
ya.. wikipedia 100% kredibel, semua orang bisa kok ngedit emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TERA.SERVO dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


betul gan
tanam paksa, adu domba, kan cuma penyiksaan gak membunuh
jalan deandels membutuhkan tumbal ratusan ribu rakyat kecil itu memang salah rakyatnya kenapa mati

emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


maksudnya presiden kita kadrun ya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kudo212 dan nomorelies memberi reputasi
Quote:


Haaaemoticon-Ngakak
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Quote:


Biarin aja dia lagi ngelawakemoticon-Ngakak
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalau ada yang bahas kekejaman PKI, coba diungkit kekejaman DI/TII pasti akan mingkem.

Saat ini komunis sudah ga laku di seluruh dunia. Kalau ada yang mengungkitnya maka orang itu cuma mengalihkan isu.

Bendera PKI yang dibakar saja ga bisa menunjukkan dapat dari mana. Maka kesimpulan paling logis adalah bikin sendiri dan bakar sendiri.

Apa ada ancaman hukum untuk pembuat bendera partai terlarang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


tinggal ungkit saja gan buatkan thread gak papa kok emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan nomorelies memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di