CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Nissan: Sang Legenda Pengangkut Kayu Gelondongan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef7633f0577a95e6412e74a/nissan-sang-legenda-pengangkut-kayu-gelondongan

Nissan: Sang Legenda Pengangkut Kayu Gelondongan

Kembali berjumpa di forum otomotif, semoga agan sista gak bosan melihat dan membaca tulisan TS. Kali ini ane mau membahas truk lagi nih gan sist, kalau dijalanan aspal ada merek Mitsubishi sebagai rajanya. Kalau dijalan tanah maka dia bukanlah rajanya, khusus untuk jalanan tanah nama rajanya adalah Nissan. Bukan nisan yang dipakai dikuburan itu ya, Nissan satu ini adalah produk otomotif asal Jepang. Seperti apa sih kiprah truk yang dijuluki sebagai sepesialis jalan tanah dan pengangkut kayu gelondongan ini ?, mari kita bahas bersama gan sist.



Nissan TZA 520


Nissan: Sang Legenda Pengangkut Kayu Gelondongan

Ilustrasi Si Oren.

Sumber



Seperti kata pembuka diatas, kali ini TS akan membahas truk yang biasa berdinas di jalan tanah, lebih tepatnya di hutan gan sist. Truk ini biasanya dipakai untuk aktifitas logging, istilah logging sendiri adalah proses penebangan kayu sampai dengan proses pengangkutannya ke truk. Mohon koreksinya kalau salah, disegmen logging ini. Kendaraan yang terkenal dan dipakai adalah produk truk dari Nissan.


Produk ini berjenis heavy duty truk, dan mulai diproduksi sejak tahun 1970-an. Heavy duty sendiri adalah jenis truk yang dirancang untuk memuat beban yang berat. Maka dari itu chasis dan mesinnya juga dirancang sederhana dan kuat. Produk Nissan sendiri masuk ke Indonesia melalui bendera United Tractor, merupakan perwakilan penjualan Nissan di Indonesia.


Truk yang dipakai di area logging adalah tipe TZA 520, nama TZA 520 sendiri merupakan kode yang digunakan Nissan untuk produknya. T adalah kode untuk bentuk kabinnya, Z adalah tipe penggerak rodanya (AWD 6×6), A adalah varian atau jenis truk dan angka 52 sebagai tipe mesin yang digunakan, yaitu RF8. Truk ini biasa ditemui didaerah Sumatera, Kaliamantan dan Papua. Dimana wilayah tersebut terkenal akan hasil kayunya. Mungkin disini ada agan yang pernah jadi pengemudi Nissan ini ?, mungkin keluarga dari agan sista pernah ada yang menjadi sopir truk logging legendaris ini ? Silakan nanti dishare dikolom komentar ya.




Mesin dan Ciri Khas Si Oren


Nissan ini desain luarnya memakai kabin jadul gan sist, dimana ada moncong panjang dibagian depannya, mirip desain Toyota Buaya. Dimana para pesaingnya dari Eropa seperti Mercy, Renault dan Volvo sudah tidak menggunakan tipe moncong seperti itu.


Desain moncong panjang ini masih dipertahankan, sehingga kelihatan jadul. Meskipun kelihatan jadul, kabin panjang ini mempunyai keunggulan pada akses mesin. Dimana lebih memudahkan dalam hal perawatan dan pengecekan mesin saat ada masalah, untuk pasar Indonesia warna kepalanya punya ciri khas yaitu warna Orange. Sehingga lebih lumrah disebut Si Kepala Oren. Interiornya sendiri tidak begitu istimewa, namun yang istimewa adalah mesin dan desain rangkanya.


Ini adalah produk truk yang tidak menggunakan nama julukan aneh, seperti Toyota Buaya atau Mercy Bagong. Mungkin karena keberadaannya yang hanya bermain diarea hutan, menyebabkan namanya kurang begitu dikenal dikalangan masyarakat luas. Para sopirnya pun sudah familiar dengan nama TZA 520. Bagian eksterior yang menjadi ciri khasnya adalah kacanya yang lumayan lebar dan dilengkapi dengan 3 wiper, sementara lampunya masih menggunakan desain bulat.


Nissan: Sang Legenda Pengangkut Kayu Gelondongan


Nissan: Sang Legenda Pengangkut Kayu Gelondongan

Eksterior dan ilustrasi mesinnya.


Nissan: Sang Legenda Pengangkut Kayu Gelondongan

Interior Si Oren.

Sumber Foto



Untuk sektor mesinnya, Nissan-TZA520 dilengkapi dengan Mesin Diesel V8 dengan seri RF8, dengan kapasitas 17.000 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 340 ps di 2200 rpm, tenaga ini diteruskan ke rodanya dengan dibekali transmisi manual 6 kecepatan. Truk ini dirancang khusus untuk medan logging yang berupa tanah, dengan tikungan dan tanjakan tajam.


Nissan TZA 520 juga dilengkapi dengan penggerak roda 6×6 untuk memudahkan para sopirnya melewati jalan tanah yang sulit dan ekstrim, truk ini mampu membawa beban mencapai 26 ton (standard pabrik). Khusus untuk orang Indonesia, truk ini mampu membawa beban lebih dari 26 ton. Hanya dengan bermodal nyali dan pengalaman, itu lah orang Indonesia, yang penting yakin dulu.


Mesinnya sendiri terkenal bandel, karena jarang sekali rewel. Kalaupun rewel, tidak begitu sulit untuk membetulkannya kembali. Karena mesinnya masih konvensional, dan tidak banyak menggunakan perangkat elektrik, spare partnya juga lumayan banyak dipasaran. Tak heran banyak truk logging keluaran tahun 1980-an, masih diajak kerja keras keluar masuk hutan. Membayangkan Nissan dengan mesin tuanya membawa kayu gelondongan sebesar tiang listrik, membuat bulu kuduk TS merinding. Apalagi medan yang dilalui adalah tanjakan, tikungan serta turunan yang curam, akan semakin sulit ketika musim hujan datang. Dimana jalan tanahnya akan menjadi becek, dan dipastikan diarea hutan itu gak ada ojek.


Nissan: Sang Legenda Pengangkut Kayu Gelondongan

Masih kuat.

Sumber





Varian yang Dipasarkan


Nissan sendiri menawarkan truk ini dalam beberapa versi, dinataranaya adalah: Nissan TZA520KT (Truck Tractor), TZA520KD (Dump Truck), TZA520VH/TZA520YH Rigid (Logging Trucks) , dan TZA520pp (Logging Tractor with Trailer). Kebanyakan yang dipakai saat ini adalah logging truk dan juga dump truknya, selain itu Nissan juga menawarkan truk khusus untuk dipasangi alat berupa crane. Dimana crane ini sangat berguna digunakan di medan berat, seperti area hutan.


Sementara untuk versi logging truk, biasanya akan dilakuakan modifikasi. Dengan penambahan rangka, dimana rangka truk tersebut akan disambung dan panjangnya disesuaikan dengan panjang kayu gelondongan yang akan diangkut. TS kurang tahu pasti berapa total panjang truk yang sudah dimodifikasi ini, tapi sepertinya mencapai 12 meter. Bisa dilihat gambar dibawah, yang pintar matematika mungkin bisa bantu menghitung total panjang truknya.


Nissan: Sang Legenda Pengangkut Kayu Gelondongan

Hasil modifikasi.

Nissan: Sang Legenda Pengangkut Kayu Gelondongan

Learn From The Pro.

Sumber Foto



TS mau membahas sebentar soal kayu gelondongan, sedikit oot. Gelondongan adalah istilah untuk menyebut kayu yang sudah ditebang dalam keadaan utuh, dimana ranting dan daunnya sudah dibersihkan. Ukurannya bermacam-macam, ada yang sepanjang tiang listrik sampai sepanjang tiang lampu jalan. Tapi gak ada kayu yang ukurannya dipotong sepanjang jalan kenangan.


Selain diproduksi sendiri sebagai bahan mebel, kayu ini biasanya akan dipasarkan kembali ke luar pulau atau pun untuk diekspor ke beberapa negara, karena kualitas kayunya yang jempolan. Aktifitas penebangan kayu ini sudah seizin pemerintah dan kayu yang ditebang juga tidak sembarangan, maka alat yang diterjunkan untuk penebangan ini juga lumayan banyak. Namun ada juga aktifitas penebangan kayu ilegal, dimana hal ini sering masuk berita, dan belum seizin pemerintah. Biasanya ilegal logging ini yang merusak alam, karena mereka menebang tidak sesuai aturan pemerintah.


Nissan: Sang Legenda Pengangkut Kayu Gelondongan

Versi pas gak bawa kayu.

Sumber


Nissan: Sang Legenda Pengangkut Kayu Gelondongan

Versi Dump Truk.

Sumber


Itu tadi sedikit tentang kayu gelondongan, balik lagi ke inti cerita ini. Meskipun sampai saat ini sudah banyak tipe truk lain dipasaran, seperti Mercy bahkan Scania disegmen logging. Namun Nissan tetap bertahan dan menjadi andalan, nafas tua mereka masih menolak menyerah dan masih mampu jadi andalan untuk mencari nafkah.


Bagi yang mau berbagi informasi tambahan mengenai truk ini, silakan nanti berkomentar dibawah. Mari berbagi dan berdiskusi bersama. Harta akan habis jika kita bagi-bagi, tapi ilmu pengetahuan tak akan pernah habis jika kita membaginya. Enjoy kaskus emoticon-Angkat Beer


Yang penasaran setangguh apa truk Nissan ini, bisa lihat video dibawah

Spoiler for Buat Yang Penasaran:


Sedikit tambahan mengenai sistem penggerak roda si oren dari agan jagotorpedo

Quote:




Referensi: sini dan sini
Ilustrasi: google image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 40 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 5
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 12 balasan
gila ini mah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sakabato88 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
greget banget kalau liat yang moncong panjang gini. keliatan sangar n gagah.
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Quote:


Nah, tuh dia gan, jadi penasaran pengen mengendarai, emoticon-Ngakak
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Hehehe, belom sih gan, paling besar yg pernah ane bawa truk colt, yg PS 120 kl ga salah inget. Itu jg dah dulu bnget
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Kemaren mobil polisi sekarang mobil angkut kayu, besok mobil apalagi nih gan? Dibahasnya pasti selalu seru
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Tenaganya gile bener emoticon-Belo
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Quote:


udah lumayan itu gan, ada pengalaman dibidangnya emoticon-Salaman



Quote:


ane mau bahas bus lagi gan habis ini emoticon-Big Grin



Quote:


buat angkut gelondongan gan, makanya harus gila2an emoticon-Big Grin

salah satu mesin diesel legendaris milik nissan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
arcm20 dan indrag057 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
liat bentuknya aja kesannya kekar banget nih truk...
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
Quote:


Hehe, iya gan. Ditunggu ya update selanjutnya. Bahas bus kaya'y seru jg tuh
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Truck ini ngga terlalu tua gan, tahun 2000an masih produksi, TZA ini bandel dan kuat chasis nya, kalau mau ada tanjakan biasanya driver udah ngebut dr turunan disitu biasanya chasis dapat stress tinggi, nah disini letak kelebihan TZA
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Bisa dibilang ini truk spesialis loggingnya nissan ya. Nissan paling kuat nih gan. Mesinnya juga gampang katanya buat dirawatemoticon-Matabelo
Suka banget bahas truk berbonnet gan. Lama-lama bahas volvo VNL nih emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
oktayosita dan si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


mirip2 desain optimus prime gan moncongnya, ada yang mau ditambahin dari truk ini gan ?




Quote:


siap gan, nanti ane akan updet. terimakasih buat supportnya emoticon-Blue Guy Cendol (L)



Quote:


terakhir produksi kapan ya gan ?, ame gak ada info pasti soalnya. yang ane tahu si oren masih diproduksi. cmiiw


betul kata agan, kayak udah ambil anacang2 duluan ya dari bawah. ane harus akui pro banget sopir si oren ini emoticon-Big Grin


daerah agan sering dilewati truk ini kah ?
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:

nambahin kode Nissan untuk tipe penggerak
Nissan: Sang Legenda Pengangkut Kayu Gelondongan
yg warna hitam rodanya mendapat transmisi daya dr mesin..
jd TZA, pake 6 roda yg semuanya punya transmisi daya dr mesin (all wheel drive)

bisa dibilang yg "Z" punya daya gerak paling bagus diantara yg lain...cmiiw
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Diubah oleh jagotorpedo
Lihat 1 balasan
wew jadi inget waktu dulu gawe di camp gorontalo & camp maluku utara emoticon-Traveller
kalo trailernya lagi digendong terus truknya jejer rapi di lapangan kayak liat barisan artileri emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Kangen juga sama TZA ini. Saya dulu di UT buat support digger pake unit ini dan masih digunakan sampe sekarang. Tenaga dan sistem penggeraknya yg memang handal.
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Om.. sekarang Nissan diesel jadi UD ya ?
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Quote:


udah lama ya gan, tahun berapa itu ?



Quote:


wahh mantap nih gan, berapa lama ini di UT ?



Quote:


iya gan, entah kenapa jadi UD. ane belum begitu paham
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan jlamp memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Gilaakk nih mesin pake apa yah tenaganya bisa ampe Segede gitu 😂
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Pernah numpang truck looging merk " pasific "...anjir dalemannya ancur ( instrumen cluster mati semua ), kunci starter kagak ada cuman modal hubungkan kabel, interior panas + berisik, jok dah bodol emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jagotorpedo memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di