CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Outdoor Adventure & Nature Clubs /
Mengapa Saya Sangat Menyukai Kegiatan Luar Ruangan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef7616bf4d69506ba6173e1/mengapa-saya-sangat-menyukai-kegiatan-luar-ruangan

Mengapa Saya Sangat Menyukai Kegiatan Luar Ruangan?

Sejak kecil saya sudah terbiasa bermain di alam terbuka, mulai dari membantu mencari kayu di hutan, bermain layangan di ladang padi yang sudah dipanen, memancing ikan, berenang di sungai dan banyak hal. Maklum, saya tinggal di sebuah desa yang dikelilingi sawah dan perbukitan. Sebagian besar penduduk desa saya bermata pencaharian petani, mencari penghidupan dari alam sekitar menjadi rutinitas mereka. 

Dimulai ketika saya duduk di bangku SD. Waktu itu, belum ada permainan yang ada di ponsel pintar seperti sekarang, yang ada hanyalah permainan tradisional. Anak-anak kecil di desa saya sibuk bermain bersama, mulai dari bermain kelereng, bermain layangan, berenang di sungai, hingga mencari buah nangka yang matang di hutan (ini yang saya suka). Tak lupa permainan polisi dan penjahat yang sering pula saya mainkan sewaktu SD bersama teman-teman saya. Kami saling berlarian, mengejar dan dikejar. Ladang persawahan sering menjadi medan persembunyian kami yang berperan sebagai penjahat. Seru sekali rasanya.

Hal lain yang saya masih ingat sewaktu SD, ialah salah satu game di Playstation 2 yang sering saya mainkan, yaitu Downhill Domination. Sebuah game yang mengajak kita menjadi seorang pembalap sepeda gunung. Game yang cukup menarik perhatian saya, disamping keseruan melakukan balapan sepeda dan menyerang lawan, kebanyakan trek yang ada di game ini juga berada di alam terbuka dengan pemandangan yang indah. 

Dari game tersebut saya mulai bermimpi untuk memiliki sepeda gunung dan bersepeda di trek pegunungan. Kebetulan di dekat desa tempat tinggal saya ada perbukitan dengan trek yang cocok untuk dilalui sepeda. Tapi sayang, hingga saat ini mimpi untuk memiliki sepeda gunung belum juga terwujud, semoga setelah saya memiliki penghasilan yang cukup, saya bisa mewujudkanny.

Hal lain yang mendasari saya menyukai kegiatan luar ruangan adalah kegiatan yang saya lakukan sewaktu SD, yaitu mengikuti Jambore SD/MI. Kegiatan yang paling berkesan saat mengikuti Jambore SD/MI adalah Wide Game. Wide  Game adalah  permainan besar di luar ruangan  dengan wilayah yang relatif  luas yang diikuti oleh dua atau lebih tim.  Wide Game   bersifat permainan  kompetisi atau pertandingan antar  tim atau antar inidividu, sehingga antara tim yang satu dengan yang lain berusaha untuk memenangkan pertandingan. Namun demikian upaya meraih kemenangan tersebut tetap dilakukan  dilaksanakan   dengan cara-cara yang sportif, obyektif dan menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan bakti antar anggota pramuka.

Waktu itu, kegiatan Wide Game dilakukan di perbukitan dan saya mendapat bagian sebagai peserta yang mewakili tim saya di pos menggambar. Pohon besar yang menjulang tinggi dikelilingi pohon pinus menjadi objek gambar kami. Banyak keseruan yang kami lakukan, menyelesaikan tugas dari satu pos ke pos lainnya. Untungnya, kegiatan tersebut dilakukan diperbukitan yang cukup luas dengan suasana yang sejuk, sehingga suasana pramuka yang erat kaitannya dengan alam menjadi lebih terasa. Alam memang selalu memberikan banyak manfaat.

Hingga saat ini, perbukitan tersebut masih saya kunjungi untuk sekedar olahraga seperti trail running dan nature walk.

Hal lain yang mendasari saya menyukai kegiatan luar ruangan adalah kegiatan yang saya lakukan sewaktu SMA. Disinilah awal pertama kalinya saya melakukan kegiatan mendaki gunung. Waktu itu, organisasi pecinta alam di SMA saya mengadakan pendakian massal ke Gunung Merapi. Saya masih ingat, waktu itu saya dan teman saya yang bernama Malik, kami berdua tertinggal dibelakang rombongan hingga akhirnya hari sudah cukup larut dan kami memutuskan untuk tidur disembarang tempat dengan hanya menggunakan sleeping bag dan matras, tanpa menggunakan tenda. Pengalaman mendaki gunung pertama kali yang hingga saat ini masih saya ingat.

]Mulai dari pendakian pertama saya tersebut, saya mulai menyukai kegiatan mendaki gunung dikarenakan banyak hal yang saya dapatkan dari kegiatan tersebut.

Beberapa kegiatan semasa kecil dan kegiatan dibangku sekolah saya tersebut menjadi salah satu hal yang mendasari kesenangan saya terhadap kegiatan luar ruangan hingga saat ini. Saya akan selalu mencintai dan menjaga alam sekitar, serta mengajarkan kepada anak-anak saya kelak bahwa banyak manfaat yang bisa diambil dari alam sekitar.

"The clearest way into the universe is through a forest wilderness." ― John Muir


Mampir ke Blog pribadi ane gan https://www.muhammadfitrah.web.id/ 


Diubah oleh legost


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di