CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Awas TikTok Tertangkap Mengintip Pengguna iPhone
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef75b4010d29555b93b3912/awas-tiktok-tertangkap-mengintip-pengguna-iphone

Awas TikTok Tertangkap Mengintip Pengguna iPhone

Awas TikTok Tertangkap Mengintip Pengguna iPhone
TikTok, video-sharing app yang sangat populer, pada hari Kamis mengatakan akan menghentikan aplikasinya dari terus-menerus menyalin data dari clipboard pengguna iOS setelah diungkapkan oleh fitur baru di iOS 14 beta. 

Bagi mereka yang tidak sadar, Apple telah memperkenalkan fitur privasi baru di iOS 14 beta yang mengirimkan pemberitahuan setiap kali aplikasi pihak ketiga mengakses clipboard kalian, temporary store untuk teks, dan aset yang disalin lainnya. Fitur ini pada dasarnya membantu pengguna mengetahui bagaimana aplikasi berinteraksi dengan data mereka dan memastikan tidak ada data penting yang telah dikumpulkan. 

Masalah clipboard ditemukan oleh pendiri Emojipedia Jeremy Burge, yang memposting video di Twitter pada hari Rabu untuk menunjukkan bagaimana TikTok membaca dan bahkan “menempel” teks yang dia ketik di Instagram. TikTok tampaknya mengambil konten clipboard pengguna iPhone setiap 1 hingga 3 penekanan tombol berdasarkan peringatan yang mereka dapatkan.

“[T] ikTok menyambar isi clipboard saya setiap 1-3 penekanan tombol. iOS 14 mengeceknya dengan pemberitahuan tempel yang baru, ”Burge  tweeted , bersama dengan video yang menunjukkan perilaku pengintaian aplikasi.

Dalam sebuah pernyataan kepada The Telegraph, juru bicara TikTok mengklaim bahwa aplikasi tersebut mengakses clipboard untuk mengidentifikasi perilaku spam yang berulang dan tidak mengumpulkan data pengguna. Perusahaan mengatakan telah memperbarui aplikasi untuk menghapus fungsionalitas ini dari versi iOS. TikTok tidak mengklarifikasi apakah ia bermaksud untuk menghapus fitur dari aplikasi Android-nya, atau apakah data clipboard pernah disimpan atau dipindahkan dari perangkat pengguna.

Menurut The Telegraph, masalah clipboard pertama kali ditemukan oleh pengembang iOS Talal Haj Bakry dan Tommy Mysk awal Maret ini. Mereka memperhatikan bahwa beberapa aplikasi termasuk TikTok dapat mengakses clipboard tanpa izin pengguna. 

Saat itu, TikTok telah berjanji untuk menghentikan aplikasi dari membaca clipboard pengguna “dalam beberapa minggu.” Namun, tidak sampai rilis iOS 14 beta pertama Apple yang ditemukan bahwa mekanisme itu masih aktif. 

TikTok hanyalah salah satu dari sedikit aplikasi yang membaca data clipboard, menurut laporan The Telegraph. Aplikasi iOS lainnya seperti AccuWeather, Overstock, AliExpress, Call of Duty Mobile, Patreon, dan Google News juga secara diam-diam mengakses clipboard di iOS setiap kali dibuka di layar.

Sumur:

Quote:







profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Awas bintitan! emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
Aura kasih maen tiktok gak ya ?

emoticon-Wowcantik


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di