CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Outdoor Adventure & Nature Clubs /
Agan Perlu Tahu ! Inilah 11 Larangan Saat Melakukan Pendakian Gunung
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef7261928c991448f0cba71/agan-perlu-tahu--inilah-11-larangan-saat-melakukan-pendakian-gunung

Agan Perlu Tahu ! Inilah 11 Larangan Saat Melakukan Pendakian Gunung

 
emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller

Agan Perlu Tahu ! Inilah 11 Larangan Saat Melakukan Pendakian Gunung
Dalam hal melakukan kegiatan pendakian gunung kita wajib tahu larangan-larangan ketika digunung. Karena mungkin kebanyakan dari kita belum tahu, ini berdasarkan semakin ngetrennya kegiaatan mendaki gunung, sehinnga banyak pendaki pemula hanya sekedar ikut-ikutan. Entah motivasi mereka apa? Sekedar ikut tren atau mau eksis di media sosial atau yang lain kami kurang tahu. Tapi kebanykan dari mereka demi Instastory sih.. Uuupsss.

Sehingga ada beberapa pendaki dadakan yang melakukan tindakan yang tidak bisa melestarikan atau bahkan merusak alam saat melakukan pendakian. Nah untuk menambah pengetahuan kita berikut hal-hal yang dilarang saat melakukan pendakian,,

1.   Tidak Melakukan Registrasi di Basecamp

Jangan sekali-kali melakukan pendakian tanpa melakukan registrasi di basecamp karena itu merupakan tindakan ilegal dan membahayakan nyawa anda. Dengan kita melakukan registrasi maka pihak basecamp otomatis megetahui berapa angota mendaki, peralatan dan makanan apa yang dibawa serta kapan seharusnya kita turun. Sehingga pihak basecamp dapat melakukan tindakan pertolongan jika diperlukan.

2.   Jangan Menganggap Remeh Medan Pendakian
Meremehkan medan jalur pendakian adalah hal yang konyol, kita jangan melihat hanya dari jarak pada peta mungkin jarak 4-5 Km tapi itu dengan medan vertikal dan jalur setapak bro! Solusinya cari sebanyak banyak info tentang jalur pendakian baik memalui internet atau orang yang perlah melalui jalur itu.

3.   Melakukan Ekplorasi Jalur Baru
Membuka jalur baru atau melakukan ekplorase adalah tindakan bebahaya buat anda maupun pendaki lain, karena jalur bisa menyesatkan pendaki lain.

4.   Memaksakan Diri
Biasanya dalam melakukan pendakian adalah berkelompok dan setiap orang dalam kelompok memiliki kekuatan fisik yang berbeda. Jangan sampai anda menjadi egois merasa paling kuat dan fisik paling bagus kemudian memaksa teman lain untuk mengikuti irama trakking anda. Ingat kebanyakan pendaki yang gagal muncak karena keogisannya.

5.   Tidak Membawa Perlengkapan Standar Outdoor
Kegiatan mendaki gunung adalah kegiatan yang harus dipersiapkan secara matang, termasuk dengan perlengkapannya. Usahakan selalu membawa peralatan pendakian standar Outdoor dan usahakan lengkap minimal seperti sleeping bag, jaket, sepatu, mantel, dan lain-lain. Selain perlengkapan pribadi, juga harus membawa kelompok seperti tenda dan peralatan masak. Tidak membawa peralatan yang lengkap juga termasuk meremehkan pendakian.

6.   Melakukan Vandalisme
Masih cukup banyak pendaki yang melakukan tindakan memalukan ini. Tindakan vandalisme adalah membuat coretan baik mengunakan cat, pilok, spidol maupain stiker. Mereka yang suka melakukan vandalisme ini bertujuan untuk meninggalkan jejak seperti menulis nama, komunitas atau negara sebagai bukti mereka pernah mendaki gunung tersebut. Jika ingin bukti, jangan dengan cara melakukan coret-coret cukup dengan berfoto saja. Dengan begitu gunung tidak akan terlihat kotor.

7.   Membuang Sampah Sembarangan
Bawalah trash bag untuk tempat sampahmu Jangan pernah sekalipun membuang sampah di gunung. Karena gunung bukanlah tempat sampah. Bawalah turun kembali sampah-sampah bekas bungkus logistik Anda. Lebih bagus lagi membawa sampah-sampah yang tertinggal oleh pendaki lain. Dengan demikian gunung akan menjadi bersih dari sampah.

8.   Jangan Membuat Api Ungun
Menyalakan api ungun saat cuaca dingin memang wow banget, tapi itu dilarang . Ini bertujuan untuk menghindari kebakaran hutan. Jika hanya ingin menghangatkan air atau  memasak, kamu menggunakan kompor gunung atau parafin.

9.   Dilarang Mengambil Apapun Dari Alam Kecuali Gambar
Ketika kita berada digunung tidak boleh mengambil barang apapun kecuali dengan foto. Di gunung kita dapat menjumpai berbagai tanaman dan hewan cantik yang tidak dapat kita jumpai di dataran rendah, maka cukup miliki dengan foto saja. Dan tindakan ilegal yang paling populer adalah mengambil bunga edelweis. Jangan sampai anda berpikir "hanya" mengambil bunga edelweis tidak akan berakibat buruk bagi orang lain. Namun jika beribu-ribu orang memiliki pemikiran yang sama, maka besar kemungkinan anak cucu kita nanti hanya akan dapat melihat bunga edelweis dari fotonya saja, Nah lohhh.

10.Dilarang Minum Minuman Beralkohol

Selain yang terpenting dilarang dalam agama Islam, jika minum minuman beralkohol bertujuan untuk menghagatkan badan itu slah besar. Karena efek hangat yang dihasilkan oleh minuman beralkohol hanya sementara. Jika efeknya habis, Anda akan merasa lebih dingin lagi. Minum minuman beralkohol juga akan mengurangi kesadaran sehingga akan membahayakan keselamatan Anda saat mendaki.

11.Melakukan Pendakian Bareng  Mantan
Agan Perlu Tahu ! Inilah 11 Larangan Saat Melakukan Pendakian Gunung
Ini yang paling teramat penting, jangan sekali kali mendaki gunung bareng mantan yang ngajak pacar barunya. Ini bisa membuat penyakit baper, makan Hati, ampela, sampai ke usus-usunya deh... awokawok... sumpah gua kagak boong .emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
 
SUMBER
 



Diubah oleh paimin07


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di