CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Berbicara Tentang Dominasi Dalam Sepakbola
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef70dfe65b24d53f67ed7cd/berbicara-tentang-dominasi-dalam-sepakbola

Berbicara Tentang Dominasi Dalam Sepakbola

Berbicara Tentang Dominasi Dalam Sepakbola

Bayern Munchen, PSG, dan Juventus sering dijadikan bahan meme bahwa mereka sudah dipastikan menjadi juara liga masing² pada musim 2021/22. Hal tersebut bisa dibilang benar dan bukan barang baru untuk kita. Mendengar ketiga tim juara di liga domestik masing² negara bukan suatu hal yang istimewa, justru kita sebagai footballovers sudah bosan mendengarnya.

Dominasi ketiga tim diatas terbilang sudah kelewat batas, Namun ane terpikir dua pertanyaan utama dari hal tersebut: Kenapa ada dominasi di liga² sepakbola tertentu? dan Bagaimana cara memutus dominasi tersebut?

Bukan hanya dari Jerman, Prancis, atau Italia dominasi berlebihan terjadi, kita lihat sepakbola eropa, kisah dominasi 1 hingga 2 klub di liga domestik sudah marak terjadi, mulai dari liga di negara besar maupun liga di negara kecil. Di Portugal kita tau Porto dan Benfica adalah dua tim yang mengeksploitasi piala liga Portugal, ada pula FC Copenhagen di Liga Denmark, Celtic dan Rangers di Liga Skotlandia yang tersaji dalam Old Firm Derby, klub bawaan Redbull di Liga Austria yakni RB Salzburg, Dinamo Zagreb menjadi penguasa Liga Kroasia.

Banyak orang beranggapan kesebelasan yang menjadi dominan lahir karena mereka berada di liga yang kurang kompetitif. Begitukah? Mari kita berdiskusi sebentar.

Kita menganggap Serie A, Bundesliga, dan La Liga tidak se-kompetitif Premier League. Artinya di Spanyol hanya Barcelona dan El Real yang merajai liga sedangkan di Inggris tim yang menjadi juara adalah bervariasi. Kemudian kita lihat UCL, kompetisi yang bisa mempertemukan langsung tim² teratas liga eropa, dari situ kita seolah mendapat jawaban bahwa La Liga lebih baik daripada Premier League walaupun 2 tahun beruntun partai puncak selalu diisi oleh The Reds dari Inggris, lebih spesial lagi musim lalu UEL dan UCL kedua finalnya adalah All England, namun perlu diingat UCL musim ini Liverpool tumbang oleh tim La Liga ialah Atletico Madrid.

Dari situ bisa kita lihat, liga yang kompetitif belum tentu bisa menghasilkan jagoan untuk pentas eropa. Liga yang kompetitif belum tentu pula permainannya menghibur, diisi banyak pemain bintang, dan lain sebagainya. Liga kompetitif adalah liga yang menyajikan persaingan ketat, perbedaan poin antara satu tim dengan lainnya bisa menjadi patokan dalam hal ini. Dan menjadi catatan penting, tim yang berada di liga kompetitif belum tentu lebih baik dari tim dominan di suatu liga, kualitas tim, strategi permainan, pemain yang mengisi tim tersebut, adalah hal yang perlu menjadi hal serius suatu klub sepakbola.

Di sepakbola, pola dominasi terlihat hampir sama baik itu di sepakbola dalam skala besar maupun kecil. Kemenangan dan gelar juara adalah alat untuk meningkatkan peminat pada sepakbola itu sendiri. Bahkan bisa dibilang sering, kemenangan dan gelar juara akan sejalan dengan jumlah pemasukan mereka. Kesebelasan yang sering menang dan juara berarti mereka yang bisa menarik minat suporter. Jika ditelisik lebih dalam kita harus berpikir ulang kalau menyebut fans Manchester City adalah karbitan, karena seperti yang telah kita lihat Manchester City mulai membangun dominasi mereka.

Sejauh ini pola² yang sudah terbentuk terlihat tidak bisa dihentikan. Pola² tersebut justru membentuk dominasi yang hampir sama di liga mana pun, di kompetisi apa pun sekaliber kompetisi besar Piala Dunia FIFA. Sementara jika kita fokuskan pandangan kearah tim yang bermain, kita tidak boleh melupakan rentang waktu kesuksesan tim tersebut. Ada perbedaan besar antara tim kuat dan tim besar. Dan tentu saja uang, sejarah, dan pengalaman terlibat didalamnya.
Berbicara Tentang Dominasi Dalam Sepakbola

Tim kuat ialah yang mendominasi suatu kompetisi dalam beberapa waktu ke depan, MU dan Atletico mungkin bisa jadi contoh dan apakah Liverpool termasuk didalamnya? tentu itu adalah hal yang di tunggu² semua orang setelah musim selesai nanti. Sedangkan tim besar adalah mereka yang dominan dalam waktu yang lebih panjang dan bisa dibilang konsisten dalam dominasi tersebut.

Itulah alasan tim kuat ada banyak dan cenderung bergantian dominasinya dengan tim kuat lain, tapi untuk tim besar sepertinya hanya ada 3 yang patut disematkan ialah Real Madrid, Bayern München, dan Barcelona.

Quote:


Bagaimana Menurut Anda Tentang Dominasi Dalam Sepakbola? Diskusikan Dibawah?
emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Star

Berbicara Tentang Dominasi Dalam Sepakbola
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh FootballStory
Halaman 1 dari 2
Liga Ukraina juga yang sering juara Dynamo kiev sama Shaktar Donetsk

Kalo di Serbia ada Pertizan sama Red Star Belgrade
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maverick1 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kalau liga indog gak bakalan ada juara bertahan lha wong juaranya dibikin arisan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antarabelahan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
liga indonesia gak ada tim yg mendominasi...
dan timnasnya keren, sudah kelas dunia emoticon-Hammer
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Klo dominasi pemain ? Berbicara Tentang Dominasi Dalam Sepakbola
Berbicara Tentang Dominasi Dalam Sepakbola
profile-picture
profile-picture
FootballStory dan PROSAV memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Hadirnya dominasi ini kadang suka bikin ga rame liga emoticon-Ngacir
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Sesungguhnya kemenangan tidak pernah membosankan bre emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cupu1971 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hanya pecundang yang ngomongin dominasi
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
Lihat 1 balasan
#CULESBARCAINDO

dominasi boleh, asal menyajikan permainan menarik.
emoticon-Cendol Gan
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Berbicara Tentang Dominasi Dalam Sepakbola

profile-picture
FootballStory memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kadang kalau juaranya itu2 aja bakal bosen. Beda kasusnya kalau maennya di liga inter macam UCL
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ane gapaham definisi tim besar dan tim kuat ente gan emoticon-Ngakak (S)

Secara logika kalo ada tim yang bisa mendominasi di sebuah kompetisi yang memiliki persaingan sengit, berarti tim itu harusnya punya nilai lebih dibanding tim yang bersaing di liga yang agak kentang.

Di Spanyol hanya fans Madrid dan Barca yang bakal menyanggah bahwa liga tersebut memang kurang bersaing. Sederhananya, gelar juara liga tersebut hanya ditentukan siapa yang sedang siap juara, Barca atau Madrid. Tim lainya hanya akan juara ketika kedua tim tersebut sedang mengandung masalahnya masing-masing.

Di Jerman lebih kacau lagi. Sudah lazim kita dengar istilah "Semua akan Munchen pada waktunya". Baik itu pemain, terlebih gelar juara karena memang miskin pesaing.

Nah anehnya, MU dan Liverpool yang mendominasi liga Inggris sejak dekade 70-an sampe 2010-an ente klasifikasikan sebagai tim kuat saja. Padahal secara trofi dan rekam jejak, ane kira kita semua udah paham.

Kalo standarnya jumlah trofi, kenapa Al Ahly sama Glasgow Rangers ga masuk sebagai tim besar? Toh trofinya jauh lebih banyak dibandingkan 3 tim yang ente kelasifikasikan dalam kategori tersebut.

Jadi maksud ente sebenernya bijimane gan? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Di Indonesia malah baru juara berapa kali di bilang settingan bawa2 mafia emoticon-Cape d...

Iri bilang boss
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Sebuah klub menjadi dominan bila ia mampu paling jor2an dlm beli pemain secara berkelanjutan.

Rahasianya : beli pemain hebat klub lain... Maka otomatis klub tsb jd lemah. Saingan berkurang... Tenaga bertambah.

Jd rahasianya cuma satu : DUIT.
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
Lihat 3 balasan
kl menurut ane, tim dominan udah pasti kuat secara finansial dan pembelian pemain yang tepat ato promosi pemain dari akademinya yg timingnya tepat..
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
Lihat 5 balasan
kuat di kompetisi lokal gak mesti kuat di Eropa juga ya gan
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
memang, ini membosankan. tp semua ini terjadi karena aturan itu sendiri, ffp misalnya yg buat tim.besar semakin besar tim kecil tetap kecil. dua sisi mata uang
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
Wahhh keren banget sih ini tim tim besar yang mendominasi. Semoga aja muncul pesaing baru ya hehehehe
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
Liga skotlandia tuh bosenin wkwk
profile-picture
FootballStory memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di