CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pakar Hukum Nilai Laporan PDIP Soal Pembakaran Bendera Tidak Pas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef70c02e83c72445c7a27ee/pakar-hukum-nilai-laporan-pdip-soal-pembakaran-bendera-tidak-pas

Pakar Hukum Nilai Laporan PDIP Soal Pembakaran Bendera Tidak Pas

Pakar Hukum Nilai Laporan PDIP Soal Pembakaran Bendera Tidak Pas

Ahli hukum pidana dari Universitas Trisakti, Abdul Fickar, menilai langkah PDIP menggunakan Pasal 160 KUHP, 170 dan Pasal 156 KUHP dalam laporan insiden pembakaran bendera tidak tepat.

Pasal 160 KUHP berbunyi "Barang siapa di muka umum dengan lisan atau dengan tulisan menghasut supaya melakukan perbuatan yang dapat dihukum, melawan pada kekuasaan umum, dengan kekerasan atau supaya jangan mau menurut peraturan undang-undang atau perintah yang sah yang diberikan menurut peraturan undang-undang, dihukum penjara selama-lamanya enam tahun atau denda sebanyak-banyaknya Rp4.500,".

Fickar menjelaskan, pasal 160 ditujukan kepada penguasa atau pemerintah. "Jadi kurang tepat jika yang lapor itu pengurus PDIP," kata dia melalui pesan teks pada Sabtu, 27 Juni 2020.

Kemudian, Pasal 156 KUHP berbunyi "Barang siapa di muka umum menyatakan perasaan permusuhan, kebencian, atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak Rp4.500,".

Fickar menilai, pasal itu juga tidak tepat lantaran dalam konteks unjuk rasa RUU HIP, subyek pidana tidak jelas. "Kerumunan orang yang tidak teridentifikasi, kecuali ada orang tertentu yang dilaporkan karena isi pidato atau pernyataannya," kata dia.

Fickar pun menyebut jika agak sulit mencari rumusan pidana dalam aksi pembakaran bendera ini. Lain hal jika yang dibakar adalah bendera Indonesia, di mana itu adalah lambang negara yang diatur dalam UU tersendiri.

"Dan bendera PDIP tidak dapat dikualifikasi sebagai bendera nasional lambang negara," kata Fickar.

PDIP sebelumnya telah melaporkan insiden pembakaran bendera PDIP ke lima Kepolisian Resor dan Kepolisian Daerah Metro Jaya pada 26 Juni 2020.

kolam

ini itu gak tepat lah terus gimana dong caranya partai kobokan ini supaya bisa mewek sesuai peraturan dan uu yg berlaku?

lagian kaum sumbu pendek ini baperan amat bendera partai dibakar aja udah kaya kebakaran jembut, partai gak guna juga cuma bikin sengsara rakyat, bikin negara bangkrut, raja ngutang raja korupsi, udah untung cuma bendera, bukan kantornya yg dibakar sama rakyat

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jin.Xalib dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh herberthus
Halaman 1 dari 2
Bodo amat, yang penting siap-siap..

Pakar Hukum Nilai Laporan PDIP Soal Pembakaran Bendera Tidak Pas



Ghost protocol activated!

As always, should you or any of your Kadrun Force be caught or killed,
the Coordinator will disavow any knowledge of your actions.

This tape will self-destruct in five seconds.
Good luck, Drun!

profile-picture
profile-picture
olga69 dan tukangbeling7 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kesian kadrun
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
combustor dan 2 lainnya memberi reputasi
mau pas atau kagak biar pengadilan yg mutusin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan simsol... memberi reputasi
buzer balaikota lagi sibukkk cari pakar hukum buat bilang aksinya ga apa apa...

Cari lagi gihhh pakar yg bilang bakar bendera itu bebas bebas aja, terus angkat lagi beritany d sini....

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
smogal dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Terpelatuk
Terciduk
Tertunduk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ingkak dan 2 lainnya memberi reputasi
bawah ane pakar burung mungkin tau solusinyaemoticon-Shakehand2
profile-picture
simsol... memberi reputasi
kalau ga puas ajukan pre praperadilan
ga usah banyak cing cong
profile-picture
simsol... memberi reputasi
ingat rumusnya...klo kadrun menyebut "pakar,ahli,pengamat,ulamak,ustadz" maka berfikirlah sebaliknya emoticon-Leh Uga emoticon-Imlek emoticon-Cendol Gan

Pakar Hukum Nilai Laporan PDIP Soal Pembakaran Bendera Tidak Pas
Pakar Hukum Nilai Laporan PDIP Soal Pembakaran Bendera Tidak Pas

emoticon-Leh Uga yg dibela penjahat semua, & neh kadrun sok pakar seperti biasa cuma laku di media Kadrun kek rmol,indonesiainside,gelora,cnnindonesia,law&justice dll emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
combustor dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tukangbeling7
Sudah pas mumpung berkuasa emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
bhumbhazta memberi reputasi
ora ngurus lah, pokok e rapatkan barisan, siapkan minumannya, serbu....



I'm the trouble starter, punkin' instigator...
I'm the fear addicted.. a danger illustrated..

I'm a firestarter, twisted firestarter..
You're a firestarter, twisted firestarter..

I'm a firestarter, twisted firestarter...

I'm the bitch you hated, filth infatuated.. yeah....
I'm the pain you tasted, fell intoxicated...



emoticon-Kaskus Radio
Pakar Hukum Nilai Laporan PDIP Soal Pembakaran Bendera Tidak Pas

Hoaaaam
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Tidak pas menurut KUHP..emoticon-Traveller
Otak mu yg tdk pas, kebanyakan minum kencing onta...
Klo digeruduk, main hakim sendiri baru tdk pas.
profile-picture
profile-picture
lubizers dan bhumbhazta memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalau tidak pas ya bisa di cari yang pas agar tidak semena mena begitu
Harap harap cemas ya drun...


emoticon-Wkwkwk
Lihat 1 balasan
jangan sampai terulang lagi nih peristiwa
Banteng mewek doang, ga ada aturannya bakar bendera parta bos emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
lubizers dan tukangbeling7 memberi reputasi
Jadi tidak bisa melapor gitu?emoticon-Big Grin
terus tar dijawab ama partai banteng suka suka uwelah, bendera lambang partai uwe..
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di