CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Beredar Pesan WHO Sebut Corona Ditularkan Melalui Udara, Dokter Reisa: Tidak Tepat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef69fdd8d9b173d3c7c0f4f/beredar-pesan-who-sebut-corona-ditularkan-melalui-udara-dokter-reisa-tidak-tepat

Beredar Pesan WHO Sebut Corona Ditularkan Melalui Udara, Dokter Reisa: Tidak Tepat

Beredar Pesan WHO Sebut Corona Ditularkan Melalui Udara, Dokter Reisa: Tidak Tepat

INDUSTRY.CO.ID - Jakarta – Dokter Reisa Broto Asmoro Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional menyayangkan bahwa masih banyak masyarakat yang tidak dapat informasi yang benar tentang virus COVID-19.

Menurutnya, kesalahan mendapatkan informasi mengenai virus dapat berakibat fatal dan membuat kepanikan hingga ketakutan.

“Misalnya, beredar sebuah pesan melalui WhatsApp yang menyatakan bahwa WHO mengeluarkan pernyataan tentang virus Corona yang dapat ditularkan melalui udara,” kata Dokter Reisa.

Namun, menurut Reisa setelah Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional melakukan penelusuran terkait informasi yang beredar tersebut, didapati bahwa informasi tadi tidak tepat.

Menurutnya, WHO masih menyatakan, bahwa virus Corona ditularkan melalui droplet yang dihasilkan ketika seseorang itu terinfeksi Virus Corona, ketika seseorang batuk, bersin, atau berbicara.

"Namun demikian, bila droplet yang keluar tersebut jatuh ke permukaan benda-benda disekitar, kemudian kita sentuh benda tersebut, lalu kita menyentuh mata, hidung, atau mulut baru berpotensi dapat menyebabkan tertular virus Corona," jelasnya.

Untuk itu, Dokter Reisa meminta masyarakat dapat menyikapi situasi pandemi ini dengan bijak.

“Pastikan berita yang kita terima merupakan fakta, bukan hoaks. Selalu yang terkini. Pastikan memeriksa tanggal pemberitaan sebelum kita mempercayai dan menyebarkannya ke orang lain, karena pengetahuan kita tentang virus ini selalu berkembang setiap harinya,” ungkap Reisa.

Untuk itu Reisa meminta masyarakat dapat memperbaharui informasi yang benar soal pengetahuan seputar Virus Covid-19.

“Caranya, ikuti terus informasi resmi dari Gugus Tugas setiap hari yang dapat diakses melalui covid19.go.id atau konferensi pers yang ditayangkan di TVRI dan RRI, serta disebarluaskan oleh TV swasta lainnya. Media sosial juga ada, seperti melalui YouTube, Instagram, Facebook, dan Twitter BNPB, FMB9 dan @lawancovid19, semua menayangkan tentang konferensi pers, dan juga dialog atau diskusi yang diselenggarakan Media Center Gugus Tugas,” jelasnya.

Terkait Virus, Reisa kembali menekankan pentingnya menerapkan tiga hal utama, yakni jaga jarak, memakai masker dan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

"Kita perlu tahu cara itu efektif mencegah kita tertular COVID-19,” pungkasnya.

https://m.industry.co.id/read/69202/...tu-tidak-tepat

[img]www.industry.co.id[/img]
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Tedros saja sudah jelas bilang airborne kok





Dikutip dari healthline, airborne atau airborne disease adalah penyakit yang menyebar lewat udara.
jangan lupa pakai masker
mulai gak kompak nih mana yg bener emoticon-Malu


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di