CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
3 Cara Ampuh Memilih Coach Yang Tepat Untuk Anda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef694d0a2d19569ce1953ce/3-cara-ampuh-memilih-coach-yang-tepat-untuk-anda

3 Cara Ampuh Memilih Coach Yang Tepat Untuk Anda

3 Cara Ampuh Memilih Coach Yang Tepat Untuk Anda

3 Cara Ampuh Memilih Coach Yang Tepat Untuk Anda

Coaching sangatlah bermanfaat untuk semua profesi, karena dengan coaching kita dapat difasilitasi untuk mencapai tujuan kita atau membuat keputusan-keputusan yang sulit dalam bisnis atau dalam karir. Hal ini disebabkan seorang coach dilatih untuk membantu client atau coachee agar mampu melihat lebih lengkap dan luas dari berbagai sisi terhadap rencana maupun tujuannya.

Jaman sekarang pelatihan yang mensertifikasi coach juga sudah banyak, dan profesi coach juga menjadi profesi yang  cukup diminati saat ini, dan dengan bertumbuhnya profesi coach ini dapat menjadi kabar baik dan juga kabar buruk. Menjadi kabar baik karena sekarang menjadi lebih gampang untuk mendapatkan jasa coaching dari para coach, dan menjadi kabar buruk karena terlalu banyak pilihan yang membuat kita bingung.

Jadi kita perlu menjadi sangat cermat pada saat mau menyewa jasa seorang coach. Berikut 3 hal yang perlu diperhatikan sebelum menyewa jasa seorang professional coach:

1. Mengidentifikasi Kebutuhan kita.
Seorang coach itu punya spesialisasinya masing-masing. Meskipun memang seorang coach itu tidak perlu menjadi ahli di dalam hal yang sedang dia coach, namun tidak dipungkiri bahwa seorang coach juga perlu spesialisasi di dalam hal yang mau di coach. Nah, pada saat kita mau menyewa jasa seorang coach, kita perlu tahu atau mengira-ngira, saya mau di coach dalam hal apa? Apakah soal Marketing, Finance, Operation, Relationship, Confidence, Leadership, Life, Performance, Creativity, Decision Making, dan sebagainya.

Dalam hal mengidentifikasi ada saatnya kita juga perlu dibantu oleh seorang coach, bagaimana seorang coach membantu anda mengidentifikasi apa yang sedang anda alami saat ini, dan apa yang anda mau capai.
Jadi sebelum anda mencari seorang coach, duduk dan buat daftar, apa yang sedang saya rasakan saat ini? Dan saya butuh di coach dalam hal apa? Atau anda dapat mencari seorang coach untuk membantu anda mengidentifikasi apa yang perlu ditingkatkan lagi dari diri anda.

Dari sini minimal ada 2 kebutuhan dasar yang melandasi seseorang perlu di coach, yaitu:
Orang yang sudah tahu mau nya apa, dan butuh seorang coach untuk mendampingi dan ‘stretching’ diri mereka sehingga benar-benar mewujudkan kemauan mereka.
Orang yang belum tahu mau nya apa, dan butuh seorang coach untuk memfasilitasi mereka dalam mengidentifikasi kondisi saat ini, kondisi yang dikehendaki, dan bagaimana cara mewujudkannya.

2. Kualifikasi Coach
Tentu kita tahu banyak sekolah coaching yang memberikan sertifikasi untuk seseorang menjadi coach, dan sertifikat tidak menjamin seseorang punya kualifikasi melakukan coaching. 
Kualifikasi yang perlu kita perhatikan:
Lulusan dari sekolah coaching yang kualitas sekolahnya tersebut diakui secara nasional atau international
Bila tidak ada sertifikat sebagai seorang coach, maka anda perlu memastikan landasan ilmu yang dipergunakan dalam melakukan coaching
Spesialisasi coaching
Pengalaman coaching

Saat ini tidak sulit untuk mengetahui kualifikasi seorang coach, dimulai dari rekomendasi teman-teman, website, tulisan-tulisannya, dan seminar-seminar yang diberikan oleh coach tersebut, kita dapat mengevaluasi apakah kebutuhan kita dapat difasilitasi oleh coach tersebut.

3. Building Rapport
Setelah kualifikasi coach tersebut sudah cocok dengan kebutuhan kita, maka langkah berikutnya adalah kita perlu ketemuan untuk ngobrol dengan coach tersebut, untuk mengetahui apakah kita cocok dengan gaya coaching dari coach tersebut, apakah kita bisa percaya terhadap coach tersebut, apakah coach ini dapat menjawab kebutuhan kita, apakah pengalaman dia dalam melakukan coaching sesuai dengan harga yang akan kita bayar, dan lain-lain.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena coaching adalah tentang personal, dan kalau kita tidak cocok dengan coach tersebut dan tidak percaya dengan coach tersebut, maka kita juga menjadi tidak mau terlalu terbuka sehingga proses coaching menjadi tidak terlalu maksimal. 


Menjaga hubungan bukan hanya tugas dari coach saja, sebagai client kita juga perlu menjaga relasi dengan coach tersebut. Jadi bangunlah hubungan terhadap coach yang mau kita sewa jasanya. Dari proses tersebut kita dapat memilah apakah coach ini cocok atau tidak, dan bila kita mempunyai beberapa pilihan coach, maka kita akan lebih dapat menentukan mana yang paling dapat kita percaya

Nah itulah 3 cara ampuh memilih coach yang tepat
Semoga artikel ini bisa membantu anda menemukan jasa coaching yang profesional dan terpercaya
Diubah oleh mujahid2020


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di