CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ambiguitas Dan Paradoks Pembangunan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef64602f4d69560f75a2511/ambiguitas-dan-paradoks-pembangunan

Ambiguitas Dan Paradoks Pembangunan

Ambiguitas Dan Paradoks Pembangunan
Ambiguitas Dan Paradoks Pembangunan Oleh Afrix Ngotam, Aktivis PERMMAI Ende

Pembangunan merupakan sesuatu hal yang sangat kita butuhkan.
Membicarakan pembangunan, dalam beberapa dekade terakhir ( terhitung sejak masa orde baru) pembangunan dinilai dilegitimasi. Muluk muluk untuk kesejahteraan, kemakmuran dan kemajuan masyarakat. namun, hal itu sangat miris. Tentu saja, penulis berpandangan bahwa, pembangunan yang diwacanakan oleh pemerintah merupakan sebuah peluang untuk meraup keutungan. Vian Paju Kuasa dalam bukunya yang berjudul “ Pembangunan, Pemiskinan Sistemik” mengkritisi pembangunan yang melulu kepada fisik tanpa memperhatikan pembangunan mental manusia.
Sejalan dengan pendapat itu, penulis dan para pembaca mungkin sepakat ketika pembangunan yang hendak kita jalankan harus mengutamakan kesejateraan, kedamaian dan kemakmuran rakyat. Seperti dimuka telah penulis terangkan bahwa, pembangunan merupakan sesuatu hal yang sangat kita butuhkan. Namun, penulis melihat pembangunan yang selama ini kita idamkan justru membawa kita kepada jurang kehancuran. Penulis melihat bahwa, pembangunan kita adalah wahana kapitalisme dalam meraup keuntungan.

Kesejahteraan rakyat dilegitimasi oleh para penguasa dan pengusaha kaya untuk mendapat keuntungan yang lebih banyak. Rakyat dipaksa menjual tanah dengan harga yang sangat murah, diintimidasi, diberi janji – janji manis, namun pada kenyataan objektifnya hal itu sangat miris. Penulis dalam hal ini mengkritisi hal itu. Penulis melihat pembangunan semestinya mengedepankan pembangunan mental dan spiritual mausia sebagai objek pembangunan dibandingkan pembangunan fisik yang justru merugikan rakyat.

Beberapa kasus kita temukan akibat wacana pembangunan itu, diantaranya wacana pembangunan pabrik semen di Luwuk dan Lengko Lolok, Desa Satar Punda, Kecamatan Lamba Leda Kebupaten Manggarai Timur yang hingga kini masih menjadi isu seksi dimeja perdebatan. Dari wacana pembangunan itu, tidak bisa kita hindari konflik, baik vertikal maupun horisontal.
Kasus penambangan mangan di Sirise menjadi bukti bahwa pembangunan justru merugikan manusia sebagai objek pembangunan itu sendiri.
Penulis menemukan beberapa sebab hingga masalah itu muncul, diatanranya, Kerakusan para penguasa, Inkonsisten para elit dan para pengusaha dalam proses pembangunan, Akibat adanya politik konvensional dan Money politik.
Para penguasa yang rakus mengakibatkan pembangunan itu dilegitimasi. Semakin banyak proyek, maka semakin lebar peluang penguasa melakukan korupsi. Pembaca yang berbudiman mungkin saja sepakat apabila penulis mengatakan mangkraknya pembangunan, korupsi yang meraja lela merupakan akibat dari politik konvensional antara penguasa dan pengusaha. Sehingga tidak heran apabila pembangunan tidak bermutu.
Akibat dari itu semua, pembangunan manusia ditaruh pada nomor sekian. Sehingga terlihat jelas, yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Pembangunan yang tidak memihak kepada pembangunan mental dan spiritual mengakibatkan manusia sebagai objek pembangunan pulang dari keber - adab - an. Manusia tidak lagi adab.
Penulis, mengajak pembaca yang budiman untuk kembali menaruh pembanguan manusia pada nomor pertama dari pada pembangunan fisik.

profile-picture
profile-picture
namdokmai dan autistic.dog memberi reputasi
Diubah oleh vendaroeng
Baca rules dulu goblog
profile-picture
vendaroeng memberi reputasi
sok ngomong pembangunan manusia.... membaca rule BP aja gagal. omongan elo terlalu tinggi muluk tapi ngebaca aturan BP aja loe abai.
Klo mo maju udah jelas kudu membangun dulu lah. Ga mngkn bangsa Eropa ato Asia Timur yg skrng paling maju d planet bumi ga membangun dulu...

Masalah pembebasan tanah dll, sekarang malah lbh baik dari jaman soeharto rakyat bina ke pengadilan Tata Usaha. Jadi kasus kedung ombo ga yg terjadi jaman soeharto ga bakal terulang


Jgn jadi orang bodoh ngebangun salah gak membagun salah
profile-picture
ambarawan memberi reputasi
Diubah oleh smogal


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di