CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / Movies /
Casting JonBenet: Film Dokumenter Kriminal Paling Artistik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef623f0a727682c2936de53/casting-jonbenet-film-dokumenter-kriminal-paling-artistik

Casting JonBenet: Film Dokumenter Kriminal Paling Artistik

Casting JonBenet: Film Dokumenter Kriminal Paling Artistik

Pada 26 Desember 1996, gadis 6 tahun pemenang kontes kecantikan, JonBenet Ramsey, ditemukan meninggal di gudang bawah tanah rumahnya, di Boulder, Colorado. Ia ditemukan dengan keadaan tempurung kepala yang retak dan bekas luka pada lehernya.

Sempat menjadi kasus pembunuhan paling sensasional yang dimuat di berbagai tabloid dan majalah selama berbulan-bulan, kasus pembunuhan JonBenet hingga saat ini belum terungkap kebenarannya.

Banyak yang berasumsi bahwa keluarga Ramsey ‘lah yang menjadi dalang dari pembunuhan putri semata wayangnya. Mulai dari teori saudara JonBenet sendiri, Burke, yang sebetulnya membunuh adik perempuannya tersebut.

Kemudian, Patsy Ramsey, sang ibu yang berusaha melindungi Burke dengan memalsukan surat ancaman. Hingga tuduhan pelecehan seksual yang dituduhkan pada sang ayah, John Ramsey, dan masih banyak spekulasi lainnya.


Casting JonBenet: Film Dokumenter Kriminal Paling Artistik

Meski telah berlalu selama 2 dekade, kita masih banyak menemukan artikel atau video di YouTube yang berusaha mengungkapkan; siapa pembunuh JonBenet Ramsey?

Kasus pembunuhan ini pun menarik perhatian seorang sutradara film dokumenter Australia, Kitty Green. Kasus JonBenet sendiri telah diangkat menjadi beberapa serial televisi dan film dokumenter.

Namun, ada hal yang akhirnya mengganggu Kitty, “Aku selalu berpikir, bagaimana kamu berperan sebagai Patsy Ramsey jika kamu tidak tahu bahwa ia bersalah atau tidak? Bagaimana kamu mendalami peran tersebut? Pada dasarnya aku ingin lebih fokus pada komunitas”, ungkap Kitty Green dilansir dari Vox.

Akhirnya, terciptalah konsep film dokumenter eksperimental bertajuk Casting JonBenet yang rilis pada tahun 2017 lalu di Netflix. Dibintangi oleh banyak aktor dan aktris amatir dari Colorado, Amerika. Ada banyak film dokumenter kriminal yang bisa kita tonton di Netflix. Namun, film satu ini menyuguhkan konsep yang berbeda dan patut untuk kita saksikan.

Sebagian Besar Memuat Rekaman Audisi Asli

Proses syuting dari Casting JonBenet bisa dibilang cukup spontan dan eksperimental. Kitty Green membuka audisi di Colorado untuk para aktor dan aktris amatir. Setelah para partisipan hadir di lokasi, Kitty pun menjelaskan konsep film dokumenternya yang akan berbeda dari film-film lainnya. Setelah briefing cukup panjang, semua aktor dan aktris amatir ini pun setuju untuk mengikuti “eksperimen” Kitty.


Casting JonBenet: Film Dokumenter Kriminal Paling Artistik

Sebagian footage yang akan kita saksikan dalam film ini merupakan rekaman asli dari hasil audisi. Tak hanya menampilkan akting dari masing-masing partisipan, kita juga akan menyimak opini dan spekulasi pribadi mereka tentang kasus kematian JonBenet yang tragis.

Karena audisi dilangsungkan di Colorado, beberapa orang yang hadir juga sempat menjadi saksi dari kasus tersebut. Akan sangat menarik melihat para aktor amatir ini mengungkapkan opini dan bagaimana beberapa dari mereka memiliki keterkaitan cukup dekat dengan keluarga Ramsey.

Kita juga akan mendapatkan suguhan akting yang raw dan fresh dalam setiap video audisi ini. Beberapa aktor mungkin akan terlihat canggung, namun tak sedikit yang memberikan penampilan menarik dalam lineup karakter yang diaudisi. Kita juga akan menyimak bagaimana setiap aktor mendalami karakter dan hubungannya dengan pengalaman pribadi mereka.


Casting JonBenet: Film Dokumenter Kriminal Paling Artistik

Memadukan Kebenaran dan Teori Dengan Seimbang

Kasus pembunuhan JonBenet Ramsey merupakan salah satu yang ditutup tanpa kejelasan siapa yang bertanggung jawab atas meninggalnya gadis malang tersebut. Meskipun banyak teori telah mengarah pada satu “kebenaran”, Kitty Green memutuskan untuk tidak mengangkat statemen yang fenomenal dan menyudutkan pihak manapun. Karena ia sendiri sama tidak tahunya dengan orang-orang yang hanya berspekulasi. Namun, Kitty telah memiliki bekal seimbang antara teori dan kebenaran untuk dapat mengeksekusi film dokumenter ini.

Untuk materi yang sudah terkonfirmasi kebenarannya, kita akan melihatnya dalam bentuk reka adegan bagai film drama. Sementara adegan yang tidak jelas kebenarannya, mengambil footage dari hasil audisi setiap aktor dan aktris yang dieksekusi dengan berbagai gaya dan kemungkinan. Kedua materi ini dibawakan dengan porsi yang sudah cukup seimbang.

Film Dokumenter Dengan Editing dan Sinematografi yang Memukau

Casting JonBenet bisa dikategorikan juga sebagai film docudrama, karena disematkan footage reka adegan dan audisi yang juga sudah memiliki naskah. Film ini ditampilkan dengan sinematografi yang sangat artistik dramatis. Sebagian besar frame didominasi dengan warna-warna dingin, sedingin musim salju ketika JonBenet meninggal dengan cara yang tragis. Beberapa setting dalam ruangan juga memperlihatkan situasi rumah yang hampa dan misterius.

Meski hanya audisi, setiap pemeran tampil dengan busana dan make up yang tetap maksimal. Sementara sekelompok aktris cilik yang audisi sebagai JonBenet didandani dan diberi kostum yang nyaris serupa dengan karakter aslinya. Mulai dari kostum Amerika biru putih, kostum cowboy merah mudah yang ikonik, hingga kostum berbulu yang elegan dan akan membuat kita terpukau.







Tak hanya sinematografi-nya, film dokumenter ini memiliki editing yang tepat dari satu babak ke babak lainnya. Meskipun ada beberapa titik yang cukup membosankan dan terasa diulang-ulang, secara keseluruhan flow dari dokumentasi ini sudah pas dan cukup powerful. Terutama pada bagian pembuka dan penutup.

Ketika kebanyakan artikel, drama televisi, dan film dokumenter sebelumnya lebih fokus mencari siapa yang bertanggung jawab atas kematian JonBenet, Casting JonBenet lebih fokus pada opini dan keterkaitan sentimental yang dialami sebagian dari para aktor. Semua aktor berdomisili di Colorado, yang mana tragedi tersebut terjadi; film ini lebih tentang komunitas.

Selain itu, Casting JonBenet bisa jadi merupakan salah satu tribute indah bagi gadis 6 tahun yang manis dan rupawan yang sayangnya harus meninggal dengan cara mengenaskan.
profile-picture
pixeljunkie memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di