CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Bukan Tanda Makmur, Ini Bahaya Perut Buncit!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef61a87a2d1953c9c769b08/bukan-tanda-makmur-ini-bahaya-perut-buncit

Bukan Tanda Makmur, Ini Bahaya Perut Buncit!

Semakin bertambahnya umur, hormon tubuh akan semakin berubah dan akibatnya bentuk tubuh semakin tidak terkendali. Banyak orang merasakan perut semakin buncit seiring berjalannya waktu. Beberapa pendapat mengatakan perut buncit menandakan kemakmuran dari seseorang, mereka menganggap perut buncit terjadi karena mengonsumsi makanan yang mahal dan bergizi tinggi. Nyatanya banyak faktor yang dapat memicu perut semakin buncit, mulai dari malas berolahraga, tidur larut malam, konsumsi alkohol berlebih, stress, bakteri yang terdapat didalam usus, pertambahan usia, menopouse sampai ke perubahan hormon. Perut buncit membuat orang tidak percaya diri, sulit bergerak dan tidak leluasa untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Bukan hanya itu saja, perut buncit juga merupakan timbunan lemak yang merupakan faktor risiko terkena penyakit tidak menular. Apa saja penyakit yang bisa timbul karena perut buncit ?

Bukan Tanda Makmur, Ini Bahaya Perut Buncit!

Sumber foto : CNN Indonesia

1. Kolesterol Tinggi
Lemak dalam perut berhubungan langsung dengan lemak dalam darah terutama kolesterol. Ini terjadi karena lemak perut terletak dekat dengan pembuluh darah yang menghubungkan bagian intestinal ke hati. Lemak perut akan melepaskan substansi yang mengandung asam lemak bebas dan kemudian mengalir sampai ke hati. Hal inilah yang menyebabkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) semakin tinggi, sehingga tidak jarang ditemui orang dengan perut buncit memiliki kadar kolesterol yang tinggi.


2. Hipertensi
Timbunan lemak dalam perut yang berlebihan dapat memproduksi suatu jenis protein yang berpotensi menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan aliran darah keseluruh tubuh tidak lancar dan tekanan darah akan meningkat. Selain itu timbunan lemak di area yang mempengaruhi tekanan darah juga dapat menjadi pemicu terjadinya hipertensi. Retroperitoneal fat salah satu lemak yang ada disekitar ginjal dan kelenjar adrenal dan dapat mempengaruhi kerja ginjal yang berhubungan dengan tekanan darah

3. Diabetes Tipe 2
Diabetes tipe 2 yaitu dimana kadar gula dalam darah melebihi batas normal. Tingginya kadar gula dalam darah terjadi karena tidak menggunakan hormon insulin dengan baik, hormon insulin yaitu hormon yang mengubah gula (glukosa) menjadi energi. Pada orang dengan perut buncit lemak dalam perut akan mensekresi suatu senyawa protein yang dikenal dengan retinol-binding 4 (RBP4) yang berperan dalam resistensi insulin. Karena adanya RBP4 sel sel tubuh tidak dapat merespon hormon insulin dengan seharusnya sehingga kadar gula dalam darah menjadi tinggi

4. Penyakit Jantung dan Stroke
Kenaikan lemak dalam darah ( kolesterol) merupakan faktor risiko yang memungkinkan terjadinya penyakit jantung dan stroke. Tingginya LDL akan berpotensi juga seseorang dengan perut buncit akan terkena penyakit jantung dan stroke

5. Demensi
Sebuah penelitian mengungkapkan orang dengan perut buncit lebih cenderung terkena demensia dibandingkan dengan perutnya yang tidak buncit. Semakin banyaknya lemak yang menumpuk dalam perut maka volume otak akan semakin mengecil, semakin mengecilnya volume otak maka otak tidak dapat bekerja dengan maksimal dan risiko demensia di kemudian hari.


Sumber : Disini [URL=""]Tulisan sendiri[/URL]
profile-picture
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Thesyaa
Fasilitas ternak cacing emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
batzforum dan Thesyaa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kadang aneh saja, banyak orang yang porsi makannya sedikit tapi perut buncit dikarenakan sistem metabolismenya yang lambat, atau tidak lancar.

Kasihan sebenarnya, makan dikit tapi perut buncit

emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
batzforum dan Thesyaa memberi reputasi
Diubah oleh riendzy92
Lihat 1 balasan
lemak perut ada 2 macam : subkutan (bawah kulit) dan visceral (rongga perut).
yang bahaya lemak visceral karena membalut organ2 dalam tubuh menjadi kekuningan (liat gambar) dan memicu berbagai penyakit berbahaya emoticon-Takut (S)
Bukan Tanda Makmur, Ini Bahaya Perut Buncit!
profile-picture
profile-picture
batzforum dan Thesyaa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalo kebanyakan micin gimana nih?

Kalo buah buahan bikin buncit gak ya?
profile-picture
profile-picture
batzforum dan Thesyaa memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Zaman dimana perut buncit dibilang makmur dan perut sixpack dibilang maho. Padahal cuma jadi ajang pembenaran malas berolahraga. emoticon-Peace


BATA ane gan. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
batzforum dan 2 lainnya memberi reputasi
Sakit Lever kemungkinan besarnya kalau perut buncit badan ga gemuk
profile-picture
profile-picture
batzforum dan Thesyaa memberi reputasi
Lihat 2 balasan
profile-picture
profile-picture
batzforum dan Thesyaa memberi reputasi
aku buncit, gimana dongggg
emoticon-Mewek
profile-picture
Thesyaa memberi reputasi
Tapi emang orang-orang yang buncit itu biasanya udah sukses, udah dapet jabatan tinggi di kerjaannya wkwkwk
profile-picture
Thesyaa memberi reputasi
Wah padahal banyak temen ane yang perutnya buncit gan 😅 berarti mereka yang punya perut buncit orang nya nga sehat yah 🙄
profile-picture
Thesyaa memberi reputasi
Setuju sih, kadang bingung korelasinya makmur sama buncit tuh apa, sesungguhnya itu representsi ketidakdisiplinan , tp sah sah aja sihh semangat aja utk kembali ke pola hidup sehat heheh
profile-picture
Thesyaa memberi reputasi
wah bahaya banget nih kalo punya perut buncit kaya ginii, harus jaga pola makan dan olahraga teratur nih ane kalo gini mahh bisa bahayaa
profile-picture
Thesyaa memberi reputasi
makasih gan infonya jadi tau lebih banyak soal bahaya punya perut buncit kaya ginii makasih gann mantapp
profile-picture
Thesyaa memberi reputasi
semoga aja thread nya semakin bnyak dibaca oleh banyak orang deh biar semua orang tau bahaya perut buncit kaya gini
profile-picture
Thesyaa memberi reputasi
Sayangnya banyak orang menganggap bahwa bagi orang tua perut yang buncit merupakan hal wajar karena faktor usia, ini hal yang kurang tepat.
profile-picture
Thesyaa memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di