CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Mengatasi Wajah Berminyak Dengan Benar & Tepat Agar Terbebas dari Jerawat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef602ca7e3a7236d5153411/mengatasi-wajah-berminyak-dengan-benar-amp-tepat-agar-terbebas-dari-jerawat

Mengatasi Wajah Berminyak Dengan Benar & Tepat Agar Terbebas dari Jerawat

7 Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Dengan Benar & Tepat Agar Terbebas dari Jerawat dan Kulit Kusam

Mengatasi Wajah Berminyak Dengan Benar & Tepat Agar Terbebas dari Jerawat

Banyak wanita yang stres ketika mereka memiliki kulit wajah berminyak,bagi mereka kulit wajah berminyak mengganggu wajah ketika bermake up apalagi kalau yang hobby photo selfie,kulit wajah tampah kusam dan lebih mengkilap.


Stres itu jika kamu belum mengerti bagaimana cara merawatnya,akan tetapi jika kamu sudah paham caranya maka memiliki kulit wajah berminyak bisa jadi anugerah tersendiri, karena katanya memiliki kulit wajah berminyak lebih awet muda dibandingkan yang tidak berminyak,Uups benar nggak yaa ?


Ayo dari pada  banyak mikir mendingan ikuti pembahasan dibawah ini. 


Penyebab kulit wajah berminyak adalah disebabkan produksi sebum (minyak ) yang berlebihan,hal ini bisa dipicu dari hormon atau faktor makanan.Sebum adalah suatu zat yang konsistensinya mirip dengan minyak atau lilin dan ia diproduksinya oleh glandula atau kelenjar sebasea dikulit.


Sebenarnya kehadiran sebum dalam jumlah yang cukup dikulit dapat membantu mengunci kelembaban dan melindungi kulit itu dari segi positi, akan tetapi dari segi negatif jika sebum diproduksi dalam jumlah berlebihan maka dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori sehingga akan muncul komedo serta kehadiran jerawat hingga kulit wajah yang terlihat kusam,


So girl,jika kita sudah mengetahui kehadiran sebum itu memiliki dua fungsi “ positif dan negati “,jadi tugas kamu hanya perlu melakukan bagaimana caranya kita bisa memanfaatkan dan mengontrolnya agar kehadirannya sesuai fungsi yang dibutuhkan oleh kulit wajah kamu.

Berikut ini beberapa tips cara yang Rinnadiazella Skincare  akan berikan ,agar pemilik kulit wajah berminyak bisa mengontrol produksi sebum untuk kelembaban kulit agar tetap terjaga.


CARA MENGATASI BERBAGAI PERMASALAH KULIT BERMINYAK AGAR BEBAS BERJERAWAT.


Memiliki kulit wajah berminyak terkadang membuat kita terasa tidak terlalu nyaman ,apalagi buat kamu yang sering bermake up harian,wajah akan tampak sering mengkilap dan mengurangi kepercayaan diri apalagi kulit berminyaknya disertai dengan kehadiran jerawat.


Maka dari itu tidak boleh sembarangan dalam melakukan perawatan pada jenis kulit wajah berminyak,jika kamu melakuan perawatan yang berlebihan atau tidak tepat dan benar yang akan terjadi adalah kulit wajah kamu akan menjadi kering ,iritasi dan bisa menimbulkan jerawat ,ada beberapa cara perawatan efektif yang bisa kamu lakukan dengan benar agar kulit berminyak diwajah kamu bisa diatasi :


( 1 ). Rajin Membersihkan Wajah


Bagi kamu pemilik kulit wajah berminyak biasakan untuk rajin melakukan aktifitas mencuci wajah 2 kali sehari pagi dan sore ,atau setelah kamu melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat seperti olah raga.


Disarankan dalam memilih produk sabun pembersih (facial wash) untuk menghindari produk pembersih yang memiliki kandungan parfume didalamnya,karena selain bisa meningkatkan produksi sebum,kulit juga bisa mengalami iritasi dan kering,jadi sebagai gantinya gunakanlah produk pembersi wajah (facial wash ) yang kandungan yang lembut atau kamu bisa menggunakan Facial wash by Rinna Diazella Skincare non-parfume yang terbuat dari kandungan aloe vera.

( 2 ). Menggunakan Toner

Kesalahan hampir sebagian orang yang menganggap bahwa sabun pembersih wajah (facial wash ) sudah 100 % membersihkan kulit secara total,perlu diingat kalau sabun pembersih wajah hanya bisa membersihkan kotoran diwajah pada bagian lapisan kulit luar saja tidak sampai menyentuh lapisan kulit bagian dalam maupun pori-pori.


Untuk kulit berminyak kombinasi pemakaian toner setelah sabun pembersih diperlukan,karena toner memiliki kemampuan untuk mengontrol produksi sebum ( minyak ) agar tidak meningkat serta dapat membersihkan secara total sumbatan-sumbatan sisa meke up  yang menyumbat pori-pori yang bisa menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat.


Kulit wajah berminyak identik dengan memiliki permukaan kulit dengan pori-pori yang besar,pemakaian toner mampu memperbaiki dan mengecilkan pori-pori yang besar tadi yang disebabkan aktifikan sebum yang berlebihan,selain itu kandungan alkohol yang telah disesuaikan pada toner mampu membunuh bakteri penyebab jerawat yang keberadaannya tersandra di pori-pori.


Untuk kulit wajah berminya pilihlah pemakaian toner dengan kandungan astringent alami karena kandungannya bisa menyebabkan ketenangan pada kulit wajah dari ke setresan. 

( 3 ). Gunakan Pelembab 

Ada ketakutan dari beberapa orang yang memiliki kulit wajah berminyak untuk pemakaian pelembab di wajah mereka,dengan alasan takut kulit wajahnya tambah berminyak lagi.Alasan itu boleh diterima tapi tidak seutuhnya benar,jika kamu menggunakan pemakaian produk pelembab dengan cara yang benar dan tepat maka akan menjadi bermanfaat buat kulit wajah berminyak.


Jika ingin menggunakan pelembab untuk wajah kulit berminyak yang benar adalaha gunakan pada malam hari setelah pemakaian toner,gunakan cream pelembabnya tidak terlalu banyak ,tapi oleskan sedikit saja tapi merata keseluruh wajah dan pilihlah kandungan pelembab khusus untuk kulit berminyak.

Sebagai contoh menggunakan pelembab dari bahan alami,sebuah penelitian mengatakan pelembab dari bahan lidah buaya (aloe vera) memiliki khasiat untuk mengatasi permasalahan kulit berjerawat dan kulit berminyak,karena kandungan pelembab dari bahan lidah buaya mampu menenangkan kulit.Hindari juga pemakaian pelembab yang kandungannya dari alkohol karena bisa menyebabkan kulit wajah akan kering dan iritasi.

( 4 ). Menggunakan Kertas Minyak ( blotting paper )

Sebum ( minyak ) pada kulit berminyak lebih aktif kehadirannya dikulit wajah ketika kamu melakukan banyak aktifitas disiang hari berbeda ketika pada malam hari.Jika kamu memiliki kondisi aktifitas sebum ( minyak ) yang berlebihan ketika aktifitas maka kamu bisa menggunakan kertas minyak ( blotting paper ) untuk menyerap minyak yang berlebihan dikulit,akan tetapi perlu diingat pemakain kertas minyak tidak bisa mengontrol atau mengurangi produksi sebum ( minyak ),sifat kerjanya hanya sementara digunakan agar kulit wajah agar tidak lebih mengkilap saja.

( 5 ). Gunakan Sunscreen ( tabir surya )

Panas yang disebabkan oleh sinar matahari dapat merangsang kelejar minyak untuk memproduksi minyak dikulit sebagai bentuk pertahanan kulit dari dehydrasi,selain itu sinar matahari siang dapat merusak sel-sel kulit dari kerusakan  sehingga kulit tidak hanya berminyak tapi bisa mengalami keriput,flek hitam dan penuaan dini.Penggunaan suncreen tetap perlu digunakan ketika melakukan berbagai macan aktifitas diluar rumah khususnya pada siang hari.


Untuk kamu yang memiliki jenis kulit wajah berminyak tidak perlu khawatir,kamu masih bisa menggunakan produk suncreen sebagai pelindungan kulit dari sinar matahari,carilah produk suncreen SPF 30  yang memiliki kandungan zinc oxide dan titanium dioksida  untuk menghindari agar kulit wajah tidak berjerawat.Hindari pemilihan produk suncreen yang mempunyai kandungan minyak dan parfume,serta selalu gunakan pemakaian suncreen  secara rutin setelah menggunakan produk pelembab  hanya ketika kamu berada diluar ruangan atau melakukan banyak aktivitas yang intens dengan paparan sinar matahari.

( 6 ).  Lakukan Exfoliasi seminggu sekali.

Eksfoliasi adalah salah satu metode pengangakat sel-sel kulit mati pada kulit dengan cara mengkikis menggunakan  bahan kimia yang aman yang telah disesuaikan untuk kandungannya,pemakaiannya bisa dilakukan di rumah atau di klinik kecantikan.


Salah satu problem yang dihadapi kulit wajah berminyak adalah jerawat atau kulit wajah yang kusam,hal itu terjadi karena penumpukan sel-sel kuit mati yang tak terangkat dan menyumbat kularnya minyak dari pori-pori.Rajin melakukan eksfoliasi semiggu sekali maka akan mengatasi penyumbatan-penyumbatan pada pori-pori serta mengangkat sel-sel kulit mati dari lapisan kulit dan membantu regenasi sel-sel kulit baru untuk mencul.


Jika kamu rajin melakukan eksfoliasi pada kulit wajah maka manfaatnya banyak bisa kamu rasakan dari kulit yang bersih dari jerawat,terhindar dari kulit wajah kusam,dan dapat mengecilkan ukuran pori-pori yang membesar ,tapi perlu diingat ketika melakukan treatment eksfoliasi penggunaan pelembam dan suncreen tetap harus diikut sertakan agar kulit yang baru terlindungi dari bahaya sinar UV matahari.

( 7 ). Menghindari sering menyentuh wajah dengan tangan

Kulit wajah berminyak rentan akan bakteri,bakteri akan tumbuh subur pada kulit yang berminyak dan kotor.Bagi kamu yang memiliki jenis kulit wajah berminyak ada baiknya menghindari kebiasaan menyentuk kulit wajah dengan tangan atau ibu jari.

Menurut cnnindonesia.com  ,tiap 1 cm persegi kulit tangan terdapat 1500 bakteri jahat,sedangkan bakteri jahat merupakan sumber pemicu munculnya jerawat.Bayangkan jika kamu rajin menyentuk wajah dengan tangan maka bisa dipastikan kamu telah menyebar kotoran dan bakteri menjadi satu dengan minyak yang ada dikulit wajah.So,tidak usah heran jika tiba-tiba wajah akan kedatangan tamu diundang yaitu “ Jerawat “.

Menyentuh wajah dengan tangan tidak dilarang asalkan tangan kamu sebelum melakukan aktifitas tersebut telah dibersihkan terlebih dulu dengan sabun atau sanitazer agar lebih aman.Untuk mengoleskan produk skincare diwajah ada baiknya menghindari dilakukan dengan ibu jari,untuk lebih amannya kamu bisa menggunakan cotton-bud untuk alat mengoleskannya.

Selain mengikuti langkah-langkah diatas dalam mengatasi dan merawat kulit wajah berminyak,dibutuhkan juga melakukan pola hidup yang sehat seperti: mengatur pola tidur yang teratur,menghindari makanan atau minuman yang mudah memicu produksi sebum,minun air putih 8 gelas sehari dan rajin berolah raga.
Jika perawatan hanya kamu fokuskan pada bagian luar saja (eksternal ) tanpa menjaga perawatan yang terdapat dalam tubuh (internal) maka proses keberhasilannya akan memakan waktu yang lama.Kerena apa yang muncul permasalahan yang terjadi pada bagian luar kulit adalah bentuk protes tubuh kamu dari bagian dalam ( inside alert) yang tidak terawat atau ada mengalami permasalan.


So girl, jadi memiliki kulit wajah berminyak tetap harus disyukuri atas nikmat Allah Robbul Alamin yang telah dianugerahkan oleh kita,tugas kita hanya menjaga dan merawatya agar terhindar dari kerusakan atau meminalisir permasalahan.Akan tetapi jika permasalahan kulit berminyak masih sulit kamu atasi,maka konsultasikan dengan dokter kulit kamu guna mendapatkan rekomendasi perawatan kulit lebih lanjut.
Apabila kamu yang sedang mencari produk skincare yang aman dan terpecaya untuk Perawatan Kulit wajah Berminyak,Rinna Diazella Skincare memiliki paket perawat kulit Rinna Diazella Skincare yang Bisa KLIK DISINI,Produk Rinna Diazella Skincare aman digunakan karena telah memiliki ijin resmi dari BPOM dan telah memiliki sertifikat HALAL dari MUI.

Jika Artikel ini kamu rasa bermanfaat,kamu bisa berbagi manfaat ini dengan SHARE Artikel ini keteman,kolega atau sanak-saudara yang lain agar bisa menjadikan amal jariyah buat kita semua,Salam Sehat By Rinna Diazella Skincare 



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di