CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / Music /
Belajar Musik Biola Di Rumah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef5ce30af7e933a9a6c3e14/belajar-musik-biola-di-rumah

Belajar Musik Biola Di Rumah

Biola dewasa ini menjadi salah satu musik yang diminati oleh kalangan muda. Biola sendiri adalah alat musik dawai yang umumnya dimainkan dengan cara digesek. Secara umum, biola memiliki empat senar yaitu G-D-A-E yang disetel berbeda antara satu dan lainnya dengan pertimbangan interval sempurna kelima. Nada paling rendah dalam alat musik biola ialah G. 

Biola adalah salah satu alat musik yang memiliki nada yang tertinggi bila dibandingkan dengan alat musik keluarga biola yaitu biola alto, cello, double bass dan kontra bass. Melihat sejarahnya, alat musik gesek diperkirakan ada dari budaya penunggang kuda yang ada di kawasan Asia Tengah. Di Indonesia sendiri, alat musik biola menjadi alat musik yang digandrungi oleh anak muda selain piano dan gitar. Biasanya alat musik ini dimainkan dalam pertunjukan orkestra serta dimainkan untuk memberikan sentuhan baru pada aktifitas mengkover lagu. Nah, bila Anda ingin belajar bermain alat musik yang satu ini, tidak ada salahnya untuk menerapkan beberapa trik di bawah ini.

Cara Memegang Biola Yang Benar
Salah satu langkah pertama yang harus Anda perhatikan bila ingin mempelajari alat musik biola ialah dengan memegang biola dengan benar. Biola adalah alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Namun, saat memainkannya Anda harus mengetahui cara memegangnya dengan benar. Tak hanya memahami cara memegang biola dengan benar, Anda yang ingin memainkan biola dengan tepat harus memiliki wawasan terutama saat meletakkan biola diantara bagu dan dagu. 

Sebelum mempelajari langkah selanjutnya, Anda harus menguasai teknik memegang biola dengan benar. Sebaiknya, carilah posisi yang paling nyaman saat meletakkan alat musik tersebut. Pahamilah bahwa hanya diri kita sendiri yang dapat merasakan posisi biola yang nyaman di pundak kita. Pertama-tama, letakkan biola di atas bahu. Kemudian, usahakan sedikit majukan posisi bahu Anda. Setelah itu, jepit lah alat musik tersebut dengan dagu kita. Sebagai saran, bila Anda memiliki leher yang sedikit lebih panjang dan susah saat menahan biola dengan dagu sebaiknya belilah aksesoris biola yaitu shoulder rest. Alat ini bisa Anda manfaatkan untuk membantu Anda memainkan biola dengan baik nantinya.

Cara Memegang Bow Dengan Tepat
Belajar biola tidak hanya sekadar belajar bagaimana cara memegang biola saja. Namun, Anda juga harus belajar bagaimana caranya memegang bow dengan cara yang tepat. Bow adalah alat gesek atau busur yang terbuat dari kayu dan antar ujungnya dipasangi oleh helai rambut kuda. Di ujung bawah bow terdapat sekrup yang digunakan untuk mengencangkan dan dikendurkan apabila sedang digunakan. Bow sendiri bisa dibilang sebagai pasangan dari biola.

Perhatikan cara memegang bow agar tidak mengganggu permainan biola kita. Setelah belajar memegang bow dengan benar, kuasai pula cara menggosokkan rosin pada hairbow. Hal ini penting agar pada saat menggesekan bow pada biola menghasilkan suara yang indah. Biola tidak akan menghasilkan suara yang indah apabila hair bow tidak diberikan rosin secara tepat terutama pada saat Anda memainkan biola. Selain itu, ingatlah saat menggosokan rosin pada hairbow sebaiknya usahakan tangan Anda tidak menempel langsung pada hairbow tersebut. Mengapa demikian? Hal penting karena hairbow bisa berubaha warna menjadi lebih hitam dan keringat yang ada tangan kemungkinan bisa membuat suara biola menjadi tidak stabil. Hal penting lainnya ialah pada saat menggesekkan rosin sebaiknya usahakan untuk mengencangkan bow nya dahulu. 

Caranya ialah dengan memutar bagian bawah bow. Namun, ingatkah jangan sampai bow terlalu kencang karena bisa memperpendek usia hairbow. Singkatnya, hairbow yang Anda gunakan akan mudah putus.

Cara Menggesek Biola Yang Benar
Selain mempelajari cara-cara memegang biola, bow dan memainkan rosin, langkah selanjutnya yang perlu Anda ketahui ialah cara menggesek biola yang benar. Tahapan ini menjadi tahapan yang penting selain Anda harus menguasai dan menghafal nada pada biola itu sendiri. Pelajari cara men-tuning biola sebelum Anda belajar menggesek alat musik biola. Men-tuning biola berarti mempelajari setiap tangga nada biola dengan benar. Umumnya senar 1 memiliki nada E, senar 2 memiliki nada A, senar 3 menghasilkan nada D dan senar 4 menghasilkan nada G. Untuk menghasilkan nada suara yang indah, pelajari dan hafalkan nada-nada tersebut. 

Setelah itu, pelajari cara menggesek biola. Menggesek biola bukan hal yang mudah namun juga bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Yang pasti sebaiknya kita tidak menggesek biola secara sembarangan. Perhatikan beberapa aspek berupa ketepatan dan posisi bow. Ingatlah bahwa bow harus selalu di posisi lurus pada saat menggesek biola. Saat pertama kali belajar menggesek, geseklah senar terbuka dengan pelan-pelan atau belajarlah menggesek satu senar dengan nada panjang dalam satu arah gesekan. Hal ini diperlukan agar Anda bisa menggesek dengan tepat dan menghasilkan nada yang stabil. Lakukan gerakan tersebut minimal empat gesek dalam satu senar pada semua senar biola. 

Hal tersebut bisa dikatakan sebagai bagian dari pemanasan sebelum bermain biola.

Nah, itulah beberapa tips mempelajari alat musim biola. Semoga tips-tips di atas bisa membantu Anda dalam mempelajari alat musik yang satu ini. Anda juga bisa memaksimalkan cara belajar tersebut dengan meminta bantuan guru musik yang sudah profesional. 

Guru musik biola yang profesional pastinya akan mengarahkan Anda memainkan biola dengan tehnik yang benar sehingga menghasilkan nada yang indah. Tidak hanya itu, belajar bersama seorang guru musik lebih efektif lho karena kita lebih mudah dalam melihat kesalahan dalam belajar memainkan musik biola.


Belajar Musik Biola Di RumahBelajar Musik Biola Di Rumah




Belajar Musik Biola Di Rumah




Nah dengan belajar memainkan alat musik juga bisa memberikan banyak manfaat lho.

Bermain musik dapat meningkatkan koordinasi tubuh, melatih konsentrasi, ketekunan, dan daya ingat. Kamu juga bisa mengikuti kursus yang menjanjikan satu ini di

Allegra Private Music Course untuk mendapatkan keahlian bermain musik.

Kamu juga bisa pilih kursus musik sesuai dengan minat kamu seperti bernyanyi, bermain piano, drum, gitar, biola, saxophone dan alat musik lainnya.


Dengan memiliki keterampilan di bidang musik, kamu juga berkesempatan menjadi guru musik atau bekerja sebagai pemusik lhoo .


Dan kami juga bisa dengan sistem online class loohh, yang gak kalah seru dengan les tatap muka .









GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di