CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Meski Trump Marah, Indonesia Tetap Pajaki Perusahan Digital Amerika Mulai 1 Juli
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef5be720577a960ac4d59a4/meski-trump-marah-indonesia-tetap-pajaki-perusahan-digital-amerika-mulai-1-juli

Meski Trump Marah, Indonesia Tetap Pajaki Perusahan Digital Amerika Mulai 1 Juli

Presiden Amerika Serikat ke-45 Donald J. Trump (Foto:web.de/magazine)
Presidn Amerike-45Donald J. Trump (Foto:web.de/magazine)

Meski Trump Marah, Indonesia Tetap Pajaki Perusahan Digital Amerika Mulai 1 Juli
- Jakarta, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo memastikan bahwa akan ada enam perusahaan digital asing yang telah siap dipungut pajak pertambahan nilai (PPN) atas produk digital yang di perjual belikan di indonesia. 
“Pihak kami akan memastikan dan berupaya agar jumlah tersebut terus bertambah melalui sistem elektronik atau PMSE, seiring dengan pemberlakuan PPN atas produk perusahaan digital asing yang akan di mulai 1 juli 2020," jelas Suryo Utomo dalam video confrence dengan IDX pada Jumat (26/6).
Adapun perusahaan luar negeri dimaksud antara lain google, netflix, spotify, zoom, amazon, dan beberapa perusahaan digital asing lainnya. 

Menurut Suryo, hal ini sudah sesuai ketentuan untuk bisa memungut PPN atas transaksi yang dilakukan di Indonesia. 
“Berbagai komunikasi yang di bangun dengan perusahaan digital asing, salah satunya mengenai persiapan infrastruktur perusahaan dalam memungut PPN. Dalam sisi administrasi, nantinya akan terjadi perubahan pada invoice yang diterima konsumen, akibat adanya tambahan pungutan PPN sebesar 10%,” imbuhnya.
Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan Indonesia akan tetap memungut pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10% pada setiap barang dan jasa digitaldari luar negeri. 

"Kebijakan itu berlaku mulai 1 Juli 2020," ungkap Sri Mulyani pekan lalu. 
Penegasan itu merupakan jawaban dari penolakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang tidak ingin perusahaan- perusahaan digital asal negaranya seperti, seperti Facebook, Google, Zoom, hingga Netflix dipajaki.
Menurut Sri Mulyani, apa yang dikhawatirkan AS ialah adanya pemungutan pajak penghasilan (PPh) atas perusahaan digital luar negeri yang berasal dari 'Negeri Paman Sam' tersebut. 
"Padahal yang ingin dilakukan Indonesia ialah memungut PPN atas transaksi digital," pungkasnya. 
Adapun pengenaan pajak dimaksud telah tertuang dalam PMK No.48/PMK.03/2020 tentang Tata Cara Penunjukan Pemungut, Pemungutan, dan Penyetoran, serta Pelaporan Pajak Pertambahan Nilai atas Pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dan/atau Jasa kena Pajak dari Luar Daerah Pabean di Dalam Daerah Pabean Melalui Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Perlu diketahui, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, geram melihat banyak negara yang memungut pajak untuk layanan digital, seperti Netflix. 
Menurut konsultan dagang USTR, kebijakan perpajakan ini sedang direncanakan oleh negara-negara seperti Austria, Brasil, Ceko, Uni Eropa, India, Italia, Spanyol, Turki, Inggris dan Indonesia.


https://www.industry.co.id/read/6915...n-mulai-1-juli
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zukii.vixii dan 6 lainnya memberi reputasi
emoticon-Leh Uga trump dipecundangi oleh Indonesia Keren
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bagus, biar Trumpet, dan kaskuser sinophobia terkaing kaing

profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ex.pasienRSJ memberi reputasi
trump si bule paok itu sok lagak hebat aja ...
cuekin aja bacotannya itu ..
skrg udah akhir juni
tinggal 5 bulan lagi november trump si bule paok akan ditendang keluar dari gedung pemerintahan

warga amerika saja tak takut pada bacotan trump
paling ngakak itu trump ancam demonstran Kerahkan Anjing Ganas dan Senjata Jika Demonstran Dekati Gedung Putih.
demontran tak takut pada ancaman trump
langsung demonstran menuju ke gedung putih
malah trump si bule paok yg ketakutan sampai sembunyi di bunker
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan juraganind0 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yang dipajaki itu rakyat
profile-picture
GembelzBikerz memberi reputasi
Lihat 4 balasan
ya justru indonesia yg pada pake layanan gratis kaya fb, twitter, ig, yahoo, google, gmail, youtube

udah bagus dikasih buka gratis, entar disuruh bayar loh

BATA emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
devilianmochino dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh red.bezos
jgn mau kalah dong pajakin jg emoticon-Wow
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
gak masalah trump marah, majikan rakyat cebong kan bukan trump tapi si jinping
profile-picture
profile-picture
profile-picture
achmadisnaini dan 2 lainnya memberi reputasi
trump ga berani ngucurin kayak jinping sih...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Mantaap memang asing hrs di pajak. Enak betul ambil duit rakyat ngga kena pajak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
berarti bener, indonesia udah jadi negara maju
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
sikattt...enak aje kita kaga dapet apa2an...

profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Tetep aja rakyat indonesia yg dipajakin.tappera contohnya.sudah punya rumah koq wajib ikut.
PPN itu bisa dibilang, negara nitip harga...bener gak sih ?
Lihat 1 balasan
Menurut saya memungut pajak dari perusahaan-perusahaan tersebut juga sah-sah saja, itu juga hak negara kita.
tau2 kebijakan America ttg komoditi indonesia di naikin pajak nya
di bls sama trump, gigit jari dah..
andai nanti dia menang pemilu lagi bisa jadi lbh galak, indonesia aja dah di keluarin dr list negara berkembang.
adsense d yusup kenak pajak gak ya? turun dong income yusuper2 emoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di