CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Meski Trump Marah, Indonesia Tetap Pajaki google Cs Mulai 1 Juli
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef5bbc6af7e937aa073e651/meski-trump-marah-indonesia-tetap-pajaki-google-cs-mulai-1-juli

Meski Trump Marah, Indonesia Tetap Pajaki google Cs Mulai 1 Juli

Meski Trump Marah, Indonesia Tetap Pajaki google Cs Mulai 1 Juli

INDUSTRY.CO.ID - Jakarta, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo memastikan bahwa akan ada enam perusahaan digital asing yang telah siap dipungut pajak pertambahan nilai (PPN) atas produk digital yang di perjual belikan di indonesia.

“Pihak kami akan memastikan dan berupaya agar jumlah tersebut terus bertambah melalui sistem elektronik atau PMSE, seiring dengan pemberlakuan PPN atas produk perusahaan digital asing yang akan di mulai 1 juli 2020," jelas Suryo Utomo dalam video confrence dengan IDX pada Jumat (26/6).

Adapun perusahaan luar negeri dimaksud antara lain google, netflix, spotify, zoom, amazon, dan beberapa perusahaan digital asing lainnya.

Menurut Suryo, hal ini sudah sesuai ketentuan untuk bisa memungut PPN atas transaksi yang dilakukan di Indonesia.

“Berbagai komunikasi yang di bangun dengan perusahaan digital asing, salah satunya mengenai persiapan infrastruktur perusahaan dalam memungut PPN. Dalam sisi administrasi, nantinya akan terjadi perubahan pada invoice yang diterima konsumen, akibat adanya tambahan pungutan PPN sebesar 10%,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan Indonesia akan tetap memungut pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar 10% pada setiap barang dan jasa digitaldari luar negeri.

"Kebijakan itu berlaku mulai 1 Juli 2020," ungkap Sri Mulyani pekan lalu.

Penegasan itu merupakan jawaban dari penolakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang tidak ingin perusahaan- perusahaan digital asal negaranya seperti, seperti Facebook, Google, Zoom, hingga Netflix dipajaki.

Menurut Sri Mulyani, apa yang dikhawatirkan AS ialah adanya pemungutan pajak penghasilan (PPh) atas perusahaan digital luar negeri yang berasal dari 'Negeri Paman Sam' tersebut.

"Padahal yang ingin dilakukan Indonesia ialah memungut PPN atas transaksi digital," pungkasnya.

Adapun pengenaan pajak dimaksud telah tertuang dalam PMK No.48/PMK.03/2020 tentang Tata Cara Penunjukan Pemungut, Pemungutan, dan Penyetoran, serta Pelaporan Pajak Pertambahan Nilai atas Pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dan/atau Jasa kena Pajak dari Luar Daerah Pabean di Dalam Daerah Pabean Melalui Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Perlu diketahui, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, geram melihat banyak negara yang memungut pajak untuk layanan digital, seperti Netflix.

Negara Pam Sam ini akan membalas tindakan terhadap kebijakan pajak tersebut.

“Kami siap untuk mengambil semua tindakan yang sesuai untuk membela bisnis dan pekerja kami terhadap segala diskriminasi semacam itu,” ungkap Kepala USTR, Robert Lighthizer, dikutip dari The Star, Kamis 4 Juni 2020.

Menurut konsultan dagang USTR, kebijakan perpajakan ini sedang direncanakan oleh negara-negara seperti Austria, Brasil, Ceko, Uni Eropa, India, Italia, Spanyol, Turki, Inggris dan Indonesia.

https://m.industry.co.id/read/69155/...n-mulai-1-juli

[img]www.industry.co.id[/img]
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Meski Trump Marah, Indonesia Tetap Pajaki google Cs Mulai 1 Juli Meski Trump Marah, Indonesia Tetap Pajaki google Cs Mulai 1 Juli
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lah google selama ini ga dipajakin?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pemerintahan Trump melakukan investigasi pada beberapa negara yang akan mengenakan pajak pada layanan perusahaan digital seperti Netflix, Google,dan Facebook.

Kantor Perwakilan Dagang AS (USTR), Robert Lighthizer mengatakan investigasi ini dilakukan karena Presiden Donald khawatir para mitra dagangnya mengadopsi skema pajak yang dirancang untuk menargetkan perusahaan teknologi AS secara tidak adil.


"Kami siap untuk mengambil semua tindakan untuk membela bisnis dan kepentingan kami dari diskriminasi semacam itu," ujarnya seperti dilansir dari Reuters, Kamis (4/6/2020).


Investigasi akan dilakukan AS pada Uni Eropa dan 9 negara lainnya. Yakni, Australia, Brasil, Inggris, Republik Ceko, India, Indonesia, Italia, Spanyol dan Turki.

Nah investigasi tsb bisa berpotensi menimbulkan perang dagang baru.

Seperti di Perancis, dimana tahun lalu Perancis memperkenalkan proposal pajak digital sebesar 3% dari penghasilan perusahaan digital AS. Besarnya US$563 juta.

Kebijakan Perancis tsb membuat Trump murka. Alhasil AS menaikkan tarif hingga 100% pada produk Perancis yang diekspor ke AS termasuk wine dan keju setelah Perancis meluncurkan proposal aturan pajak digital sebagai dasar menarik pajak dari perusahaan over the top.

Akan terapi perang dagang tsb akhirnya tidak sampai terjadi sebab pihak Perancis dan AS telah melakukam negosiasi. Dan keputusan penerapan pajak digital Perancis tsb direncanakan rampung pada Oktober 2020.

Di Indonesia sendiri Menkeu SMI baru menarik pajak pertambahan nilai (PPN) 10%. Ini adalah pajak yang dibebankan kepada konsumen dan Netflix cs hanya bertindak sebagai kolektor dan menyetorkannya kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Adapun pajak penghasilan (PPh) belum diterapkan. Selama ini Netflix cs belum bayar pajak penghasilan karena bukan badan usaha tetap (BUT) di Indonesia. Transaksi mereka juga tidak dilakukan di dalam negeri. Pelanggan diwajibkan mentransfer biaya berlangganan pada rekening perusahaan di luar negeri.

Jadi kuncinya di komunikasi, negosiasi yang baik kepada pihak AS, seperti yang dilakukan oleh Perancis.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
PENCET TERUS RAKYATNYA emoticon-Ngakak

SM KEPANJANGAN DARI SERIKAT MALAK emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Reman yg berdaulat hadir untuk menciptakan bentuk-bentuk baru buat palakin rakyatnya.
Jgn lupa wc umum seindonesia jg dikenankan pajak.mayan tu walau pun receh.
emoticon-Leh Uga
awas ntar kek huawei kita
donal bebeQ maw gegayaan preman udikk,,..
Dulu teriak paling kenceng anti asing aseng giliran asing ngeruk duit kita di pajak skg malah protes. Memang generasi kaum cacat otak itu otaknya sakit dan ngga bs berlogika wkwkwkwk


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di