CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Ampe Sekarang Ponsel BM Masih Dapat Sinyal, Kok Bisa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef5a1ba7414f56a7f4b2cbf/ampe-sekarang-ponsel-bm-masih-dapat-sinyal-kok-bisa

Ampe Sekarang Ponsel BM Masih Dapat Sinyal, Kok Bisa?


Pelaku industri ponsel mengeluhkan ponsel black market (BM) yang ampe sekarang masih beredar dan tetap bisa menerima sinyal dari operator Indonesia. Hal ini tentunya bertentangan dengan langkah pemerintah yang ingin menekan penyebaran ponsel BM di Indonesia. Menurut Kementerian Perindustrian, hal ini terjadi karean alat yang dipakai saat ini belum berkerja optimal.

Ampe Sekarang Ponsel BM Masih Dapat Sinyal, Kok Bisa?

Menurut Achmad Rodjih, Direktur Industri Elektronika dan telematika Ditjen ILMATE Kemenperin, alat yang dimaksud itu adalah mesin validasi nomor IMEI, atau tepatnya Central Equipment Identity Register (CEIR). Dalam acara Webinar Sosialisasi dan Edukasi Validasi IMEI bertajuk "Membangun Komitmen Bersama Terapkan Aturan Validasi IMEI", Achmad menyebut Mesin CEIR ini baru akan diterima Kemenperin pada 24 Agustus 2020 mendatang, meski ia berharap alatnya bisa datang lebih cepat dari waktu yang diharapkan.

CEIR ini sejatinya akan menjadi acuan untuk para operator seluler untuk memblokir ponsel-ponsel yang nomor IMEI-nya tak terdaftar alias ponsel BM. Jadi ponsel yang nomor IMEI-nya tak ada di mesin tersebut nantinya secara otomatis tak bisa terhubung dengan jaringan seluler dari operator yang ada di Indonesia.

Selama ini, Kemenperin masih menggunakan CEIR versi cloud untuk mendata ponsel BM yang ada di pasaran. Baik CEIR versi hardware maupun cloud disebut mempunyai fungsi yang sama persis dan bisa dipakai untuk memblokir IMEI.

"Antara CEIR Cloud dan CEIR hardware memiliki fungsi yang sama persis dan bisa melakukan juga pemblokiran IMEI, jika produk atau ponsel tidak termasuk dalam katagori Black Market atau BM yakni tidak teregistrasi dalam TPP Produk, TPP Import dan data operator," ungkap Nur Akbar Said, Kepala Subdirektorat Kualitas Layanan dan Harmonisasi Standar Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam acara yang sama.

Sebelumnya diberitakan, regulasi pemblokiran ponsel BM ini sejatinya sudah ditetapkan pada 18 April lalu. Namun sejauh ini masih banyak ponsel BM yang masih bisa mendapat sinyal dari operator seluler di Indonesia


profile-picture
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan 2 lainnya memberi reputasi
karena alat yang dipakai saat ini belum berkerja optimal gan, nanti kalau alatnya sudah sempurna pasti akan di blokir ponsel BM tersebut
Diubah oleh rfebrian
cepat atau lambat pasti akan di blokir kok ponsel2 bm itu
Diubah oleh ik54n54
pasti nanti akan keblokir kok kalau udah mumpuni teknologinya
Setau ane untuk ponsel bm yang sudah aktif di pasang sim card dari provider indonesia sebelum waktu akhir ditetapkan pada 18 April tetap bisa di gunakan. CMIW.
Quote:


Kenapa aku jadi berprasangka ?

Quote:


Bisa jadi
siomi redmi 3s BM punya emak ane masih dapet sinyal 4G, dari perusahaan BUMN pula emoticon-Wakaka
waa iya gan.. BM mah murah murah harga nya..
Tenang entar juga bisa diakalin, apa sih yang gak bisa di negara tercinta ini, contohnya internet positif sekarang gak ada gerakannya. Apalagi di negeri ini setiap ganti penguasa ganti juga kebijakannya emoticon-No Hope
Lihat 1 balasan
Kenapa pemblokiran IMEI bekerjasama dengan operator selular? Kenapa ndak kerjasama dengan produsen HP resmi Indonesia. Kalau banyak ponsel diblokir, bukannya konsumsi kartu perdana dan paket data jadi berkurang dong? Apa operator selular ndak pengen jualan ya?
Lihat 4 balasan
wah berarti belum ya, BM Masih bisa dapet sinyal
Ntu yg msh bisa stok BM lama yg udah pernah diaktifin di sini. Tar tunggu stok lama habis baru efektif kayaknya. Sama kayak internet positif aja bertahap.
mudah2an terus bisa.. emoticon-Blue Guy Smile (S)

black market phone lives matter.. emoticon-I Love Indonesia
jadi makin hati2 ajalah nyari hape2 yang modelan gini emoticon-Ngakak
susah sih terlalu banyak BM dan canggih2 pinter2 dr luarnya juga. cuma pasti suatu hari pelan2 ke blokir dah
nah yabsemoga segera ya gan bisa dilakukan karena mgkn juga berpengaruh ke kesamtabilan harga ponsel baru
jadi kepo ama mesin validasi imei nya, kira2 kaya gimana tuh caranya ya, makin hati2 kalau mau beli hape bekas


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di