CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menyoal Blokir Ponsel BM lewat IMEI, Galak di Awal Melempem Saat Eksekusi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef59de909b5ca7cd63d9b77/menyoal-blokir-ponsel-bm-lewat-imei-galak-di-awal-melempem-saat-eksekusi

Menyoal Blokir Ponsel BM lewat IMEI, Galak di Awal Melempem Saat Eksekusi

Menyoal Blokir Ponsel BM lewat IMEI, Galak di Awal Melempem Saat Eksekusi

KOMPAS.com - Aturan pembokiran ponsel black market (BM) melalui identifikasi nomor IMEI seharusnya sudah mulai diimplementasikan sejak 18 April lalu. Pada awalnya, pemerintah terdengar galak soal aturan ini.

Ponsel BM yang dibeli setelah tanggal 17 April, mulanya terancam tidak akan mendapatkan sinyal operator seluler apa pun di Indonesia.

Sederet aturan lain dibuat, seperti dengan bea cukai yang mengatur prosedur membeli ponsel dari luar negeri, ponsel yang dipakai turis asing, dan sebagainya.

Tapi kenyataanya, ancaman itu hanya gertak sambal hingga dua bulan sejak aturan disahkan. Nyatanya, ponsel BM yang dibeli setelah aturan IMEI diimplementasikan masih bisa terkoneksi dengan jaringan operator seluler, dan bisa digunakan sebagaimana ponsel legal.

Fakta itu ditemukan Indonesia Technology Forum (ITF) melalui investigasinya.

Hasil investigasi itu juga menunjukan peredaran ponsel ilegal masih marak dan perangkat masih mendapat sinyal operator seluler.

ITF juga mendapati beberapa YouTuber gadget dan konsumen, mengaku membeli iPhone SE 2 2020 ilegal yang masih bisa mendapatkan sinyal operator seluler.

Temuan ITF sejalan dengan pantauan Kompas.com di Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Ponsel BM masih mendominasi sejumlah pasar elektronik hingga Senin (8/6/2020).

Rata-rata, ponsel BM yang dijual bermerek dan harganya di atas Rp 10 juta. Salah satu penjual bernama Erwin, mengaku stok ponsel BM masih terbilang aman di Batam.

“Kenapa masih banyak di Batam, karena sebelum tanggal 18 April 2020 lalu, ponsel-ponsel tersebut telah diaktifkan terlebih dahulu,” kata Erwin ditemui di konter ponsel, Senin (8/6/2020).

Tapi bukan hanya ponsel BM yang diaktifkan sebelum tanggal 18 April. Ponsel BM yang lebih baru juga banyak beredar di pasar elektronik Batam. Lantas, mengapa aturan seakan IMEI "melempem" meski sudah diimplementasikan?

Melempem di eksekusi

Perhatian seluruh pelaku industri ponsel menyatu pada 18 April 2020, saat pemerintah lewat tiga kementerian, meresmikan aturan blokir ponsel BM lewat IMEI. Namun eksekusi aturan itu terkesan melempem.

Sebab, dua bulan setelah mulai diundangkan, ponsel BM masih banyak beredar dan bisa terhubung dengan operator seluler.

Pengamat telekomunikasi Moch. S. Hendrowijono membeberkan bahwa salah satu alasan utamanya adalah ketidaksiapan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam menjalankan skema whitelist.

Skema whitelist menerapkan metode "normaly off", di mana hanya ponsel IMEI legal atau terdaftar saja yang bisa mendapatkan sinyal operator.

Skema whitelist menjadi pilihan utama pemerintah untuk memblokir ponsel BM, namun ada pula opsi skema blacklist sebagai metode pilihan. Skema blacklist akan langsung memblokir ponsel BM ketika diaktifkan.

"Jadi sebetulnya sejak tanggal 18 April itu sudah dideklarasikan, tapi kemudian Kemenperin tidak siap karena yang mereka siapkan adalah skema blacklist untuk verifikasi IMEI ini, sementara pemerintah tiba-tiba mengubahnya menjadi skema whitelist," ujar Hendro dihubungi KompasTekno, Selasa (16/6/2020) lalu.

Lebih lanjut, Hendro mengatakan bahwa mesin Equipment Identity Register (EIR) yang dimiliki oleh operator seluler sebenarnya sudah siap. Tapi mesin Central Equipment Identity Register (CEIR) yang seharusnya sudah dioperasikan Kemenperin, belum selesai dipasang.

Hal itu diamini oleh Kemenperin sendiri. Mesin CEIR bahkan belum diterima Kemenperin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Posisi CEIR masih di Kemenkominfo, sampai saat ini belum (diterima) dan sedang proses," ujar Achmad Rodjih, Direktur Industri Elektronika dan Telematika Ditjen ILMATE Kemenperin, dalam sebuah webinar bersma ITF, Rabu (24/6/2020).

Achmad menjelaskan bahwa Kemenperin saat ini sedang mempersiapkan sejumlah hal terkait impelemntasi CEIR secara penuh, seperti infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), dan sebagainya.

Pemblokiran optimal Agustus

Achmad mengatakan bahwa perubahan skema dari blacklist menjadi whitelist juga mempengaruhi perubahan jadwal pemblokiran ponsel BM, karena butuh waktu untuk melakukan sinergi data dengan pihak-pihak terkait.

Kemenperin menjanjikan implementasi mesin CEIR secara optimal akan rampung sebelum tanggal 24 Agustus mendatang.

"Tanggal 24 Agustus, CEIR versi hardware sudah bisa dioptimalkan. Tapi, kami berharap bisa lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan. SDM dan infrastruktur secara terus menerus kami persiapkan agar siap pada waktunya," kata Achmad.

Sambil menununggu impelemntasi mesin CEIR versi hardware, Kemenperin akan mulai menggunakan mesin CEIR versi cloud pada awal Juli mendatang.

Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Indonesia (ATSI), Danny Buldansyah mengatakan, awal Juli nanti akan dilakukan proses fungsional (functional test) yang akan digelar selama seminggu.

"Minggu ini sampai awal Juli akan dilaksanakan functional test dan serah terima fungsi CEIR dan EIR kepada Kemenperin. Setelah itu dilaksanakan, itu (pemblokiran ponsel BM) akan mulai berjalan secara bertahap," jelas Danny di acara webinar yang sama.

Menurut Subdirektorat Kualitas Layanan dan Harmonisasi Standar Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Nur Akbar Said, CEIR cloud merupakan alternatif pemerintah untuk tetap bisa memblokir ponsel BM di tengah pandemi Covid-19.

Mesin CEIR versi cloud memiliki fungsi serupa dengan versi hardware. Hanya saja, CEIR cloud perlu penyempurnaan dan pengujian lebih cermat, agar bisa berjalan sebagaimana mestinya.

"Kenapa CEIR cloud? Karena kami ingin mengejar waktu. Di tengah pandemi Covid-19 ini, pengadaan hardware sulit karena memang harus impor," kata Akbar.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
cuma gertak sambal doang ternyata

susah codingnya kali butuh data² yg pasti

tapi lumayan bikin seller² hp ketakutan utk stok hp bm, takutnya ga laku user pada takut

trik nakut²in org
profile-picture
profile-picture
entop dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh daroi
heran nya kenapa ga ada yang bulli kaya jamanya tifatul ya?
padahal ya sama sama ga becus.

apa karena bukan dari pks?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Bahaya nih indonesia jadi t4 pembuangan sampah elektronik dari negara lain kususnya hp, hp 2nd ma hp palsu global umur g panjang, sistem pengolahan sampah elektro masih lv jaman batu bisa jd racun di timbun bersamaan sampah lain
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Test.news dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ganti beli se 2020
perangkat anda terdaftar di kominfo
jadi uang yg keluar buat pake teknologi qualcomm
cuma buat ngirim pesan? emoticon-Ngakak
feeling gue dikorup
terlebih menteri kominfonya bodat dan orang partai pula emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh music9000
dolo sempet rame orang berbondong2 meregristrasi no imei nya...padahal beli lokal...emoticon-Wakaka katanya takut diblokir
profile-picture
profile-picture
entop dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Lha wong Kemenkominfo dengan Kemenperin aja saling lempar bola soal ponsel BM yang masih bisa diaktifkan di Batam setelah aturan IMEI berlaku pada 18 April lalu.
profile-picture
profile-picture
entop dan kakekane.cell memberi reputasi
Harusnya dievaluasi kenapa bisa kalah saing dengan hape BM ? Padahal Hape BM itu masuk juga pake ongkos kirim, biarpun mgkn gak bayar cukai masuk.

Xiaomi misalnya, pabriknya sudah ada di Indonesia tapi kok masih kalah harga sama BM ? Biarpun beralasan karena resmi bayar pajak dll dlsb, emang itu hape BM pabriknya di negara produsen nya gak kena pajak ? Malah justru keluar tanda tanya kenapa setelah dipajakin jadi nggak bisa bersaing. Pajaknya ujung2nya bebannya di konsumen ?

Harga barang pabrikan apapun itu biasa ada yg namanya list price atau harga yg direkomendasikan manufacturer, mereka sebagai produsen adalah yg paling ngerti berapa modal pembuatannya, itupun pasti sudah dimasukkan biaya siluman di luar pembuatan. Jadi ketika barang dijual di manapun di atas bumi, harganya bisa kurang lebih sama/setara paling beda karena kurs doang. Selain itu ada distributor, trus retailer yg harganya tergantung quantity. Semua perhitungan pasti uda masuk di harga list price.

Lucunya kok barang resmi yg diproduksi dalam negri bahkan ada perwakilan di Indonesia kok bisa kalah harga dgn hape BM yg masuknya pasti pakai ongkir padahal mereka sebagai produsen adalah TANGAN PERTAMA, tanya kenapa ? Takutnya barang dipatok mahal supaya pajaknya tinggi, ujung2nya ya konsumen yg bayar. emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokovvi dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
malu2 in bener
profile-picture
profile-picture
entop dan kakekane.cell memberi reputasi
welcome to wkwkwk land
profile-picture
profile-picture
entop dan kakekane.cell memberi reputasi
ada mafia nya kali..

ponsel BM pasar nya gede juga kali...

pemerintah(oknum) : saya akan blokir HP BM!!!!
mafia : (ehmm...jatah kurang kyknya) jangan lah pak...gimana kalo gini..
pemerintah(oknum) : @##$#%^$&^%&^*%^*&%^&*^%*%^
mafia : Asiappppp...deal ya......
pemerintah(oknum) : tapi nanti kita pura2 ya...
mafia : emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
kan kerjaan menkominfo cumak blokir blokir dan blokir. emoticon-Leh Uga
blokir situs bisa ditembus dan ternyata blokir IMEI bisa ditembus juga. emoticon-Leh Uga
dan sekarang sama menperin malah saling lempar. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Seizhan
yg ga melempem cuman blokir bokep
klo bokep luar silaken, klo karya anak bangsa . . . . emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
entop dan kakekane.cell memberi reputasi
pret lah..gara2 isu ini ane beli ponsel resmi. ga taunya hoax. susu tenan...
profile-picture
profile-picture
entop dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
profile-picture
profile-picture
entop dan kakekane.cell memberi reputasi
Ane beli hape no bm / resmi bukan karena ngikutin aturan pemerintah. Tapi lebih karena panggilan jiwa. 😎

Bodo amat mau pemerintah blokir imei hape bm kah apa kagak..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh avsel
Lihat 1 balasan
mau beli hape masih banyak utang
profile-picture
profile-picture
entop dan kakekane.cell memberi reputasi
anggaran oh anggaran
profile-picture
entop memberi reputasi
hp bekas ex international kira2 kena ngga?
profile-picture
entop memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di