CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
[CURHAT] Punya Temen Hobi Menilai Orang Lain
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef598b4337f9376fc2a87c1/curhat-punya-temen-hobi-menilai-orang-lain

[CURHAT] Punya Temen Hobi Menilai Orang Lain

Halo agan-agan semua.. Kangen nih nulis thread tentang curhatan. Maaf kan TS yang dua kali upload isinya kayak cerpen semua. Soalnya TS kemarin sibuk lagi nulis. 
Okay.. back to CURHAT thread..
Kali ini TS sendiri yang akan  ceritain apa yang jadi pengalaman TS dan jujur mengganggu pikiran TS akhir-akhir ini. 
Ane berharap temen-temen semua nih mau memberikan komentar supaya ane bisa mengambil langkah selanjutnya.

Temanku Sang Komentator

Ane adalah pemilik akun Kutilkuda1202 ini. Oya selama ini ane belum pernah memperkenalkan diri ya. Kenalin, nama ane Bian. Ane cowok, umur ane masih 28 kok.. ya mungkin orang-orang bilang ane ini udah tua, ada juga yang bilang udah dewasa matang, ada juga yang bilang sudah kadaluarsa. Terserahlah mereka mau bilang apa. Ane mencoba menjalani hidup ane dengan segala rasa syukur dan menikmati setiap waktu yang Tuhan berikan buat ane. Segala masalah dan cobaan ane udah rasakan. Kapan-kapan ane bikin deh ya thread khusus curhatan TS pribadi. 

Tapi nih gan... ada yang mau ane ceritakan dan minta pendapat agan-agan semua. Ane ini bekerja sebagai karyawan di perusahaan. Jadi untuk kebutuhan hidup ya ane bergantung dari penghasilan kerja di perusahaan kan. Sama kayak karyawan-karyawan lain. Ane punya bakat macem-macem. Ada bakat main musik dan juga bakat buat nulis-nulis. Sebenernya ane suka nulis gara-gara akun ini sih. Jadi ane dengerin curhat temen ane, trus ane buat cerita. Dan syukur-syukur masuk hot thread. Jujur semua cerita yang ane buat itu REAL. tapi ada yang fiksi cuman 1 doang, yang tentang Kutukan Cinta Berti. Itu Fiksi gan.

Agan-agan semua tau kan kalau nulis di kaskus atau pun grup menulis itu tidak menghasilkan uang? NO MONEY. cuman menyalurkan pemikiran dan hobi aja kan. Buat seru-seruan sama temen-temen kaskusers. Selain itu, ane juga bisa melampiaskan apa yang jadi pikiran dan gundah gulana ane. 

Nah, disaat ane sibuk bikin tulisan buat di kaskus, dan juga sosmed lain buat temen-temen komunitas membaca. Ada salah satu temen ane yang ngirim WA ke nomer ane. Dia adalah temen sekolah ane waktu itu. Dia sebenernya orang nya baik, pinter, dan juga perhatian sama temen. Dia juga sering curhat dan ane sendiri juga kadang curhat sama dia. Ya namanya temen. Ane membalas pesan dia,"iya, lagi sibuk bikin cerita". Karena emang ane lagi bikin konten buat di wattpad dan cerpen buat komunitas membaca.

Setelah itu dia bales tuh pesan ane. Doi bilang,"bikin cerita mulu lu, kayak dapet duit aje". Seketika waktu ane baca kalimat awal itu, ane langsung emosi dong. Jujur ane emang bukan orang kaya yang udah kecukupan. Ane sadar ane juga banyak kekurangan, tapi ane langsung merasa seperti tulisan ane di kaskus, di komunitas dan wattpad tu kayak sia-sia.

Ane merasa semuanya sia-sia, semuanya gak berharga, dan bener-bener PERCUMA. Ane saat itu berpikir. "Ngapain gua capek-capek buat tulisan, cerpen, novel, dan artikel kalau tidak menghasilkan uang". Itu yang ane pikirkan saat membaca balasan pesan dari temen ane. Ane seketika down, seperti merasa gak berguna. Bakat ane gak ada gunanya. Cuman tulisan sia-sia yang gak ada artinya. Hanya menghabiskan waktu. Padahal usia 28 adalah usia produktif. 

Ane down saat itu. Ane emosi tapi sebagai teman, gak mungkin ane balas dengan tidak sopan. Ane membalas pesan dari dia begini: Gua nulis ini cuman hobi, supaya otak ane terbuka, jalan dan gak mati. Itu balasan ane. Lalu temen ane membalas kembali pesan dari ane. "Gua kalo dibayar bisa nulis lebih gila dari lo".

Jujur ane berpikir. Apa motivasi temen ane bilang begitu. Apa dia ingin ane berhenti, ane stop melakukan hal gak berguna bagi dia? Dan fokus cari jodoh aja karena ane emang masih single. Atau cari kerjaan tambahan lagi biar dapet duit lagi. Daripada nulis begini tak menghasilkan uang. Sia sia... 

Ane sadar tulisan ane gak menarik. Ane juga sadar ane bukan penulis profesional. Ane cuman melampiaskan apa yang ada di pikiran ane dalam bentuk tulisan. Syukur-syukur menghibur, dan bisa menjadi ajang buat agan-agan semua sharing pengalaman dan memberi masukan serta penguatan. Tapi setelah membaca balasan dari temen ane ini, ane jadi tidak berhasrat lagi buat nulis, ane merasa sia-sia dan gak berguna lagi dalam melakukan hobi yang gak penting ini bagi dia. 

Coba sekarang agan-agan semua bayangkan. Agan semua hobi nulis, jadi agan nulis itu di kaskus dan medsos yang banyak orang baca. Tapi ada temen agan bilang begitu. Apa perasaan agan semua? Biasa aja atau gimana? itu posisi ane lagi mikir keras nyari ide buat novel online di wattpad nih. Agan tau sendiri kan tulisan di sosmed begini tidak akan dibayar.

Nah sekarang ane tanya ya, kalau agan-agan semua dikomentari seperti itu. 
apa yang agan pikirkan? apa yang agan akan lakukan?

lanjut nulis tapi gak dibayar... hanya sia-sia aja, hanya ngisi waktu kosong.. 
atau berhenti aja, dan mengerjakan hal lain yang lebih masuk akal bagi orang umumnya supaya hidup ane seperti mereka.
Mohon komen ya... Ane tunggu balasan agan-agan dan aganwati semuanya.

Salam KUTILKUDA



profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukhorigan dan 12 lainnya memberi reputasi
nah itu, suruh buktiin lah nulis dibayar bakal bisa bagus kan tmnnya

suruh bikin buku, dibayar emoticon-Leh Uga kan pasti bagus
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan kutilkuda1202 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Lu kalau join kaskus kreator tulisan lu bisa dapat poin terus poin lu itu bisa di jadiiin duit!

Intinya nih ... Kalau lu suka nulis ya lu lanjutin aja suka nulis jangan dengerin omongan orang lain, lakuin apa yang lu suka bukan yang orang lain suka.

Wah sayang di hp ini gw gak punya meme yang apa yang kita lakukan selalu salah di mata orang yang benci/iri pada kita
profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Temen2 kantor lama ane juga kaya gitu, gan. Ane kalau nulis buat keperluan kerjaan kan pakai bahasa baku. Kadang update status juga. Diketawain sm mereka. Ane nulis cerita fiksi jg direndahin. Dianggap kerjaan gampang. Mungkin dipikir cuma asal nulis aja. Eh tapi ane belakangan lihat mereka nulis juga udh berubah pakai bahasa baku. Ada yg nyoba posting cerita fiksi juga. Jadi ane pikir mereka cuma ngiri tapi kepengen ikutan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nonananaonomino dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
yaelah agan stu ini tipe baper ya..mngkin temen agan mnta dilakban ye,apa prlu ane bntuin.klo gk dpt uang dri nulis mngkin dpt rzeki dri hal2 yg lain.stidaknya agan ngasih ilmu k org.
profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
coba buat cerpen semprot, jualin di blekmarket. pasti laku keras, uangnya langsung ada, ketimbang jadi kaskus kreator mesti ngubah poin ke ini itu buat akun bla bla bla emoticon-Big Grin
profile-picture
putrateratai.7 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
ane kasih bintang 3 ya.
kalau hobi udah di usik mending tinggalin aja temen kek gitu.

untuk agan ga suka debat 👍👍salut
profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
nulis jgn dijadiin buat ajang nyari duit gan
katanya nulis baik buat kesehatan mental loh
So keep nulis apa yg agan suka
Org2 yg nyinyir itu mmg tujuannya buat bikin org down, mereka iri aja krn mereka ga punya hal yg bikin mereka seneng seperti hobi
profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Teman anda berbakat sebagai penilai.

bisa melanjutkan karir di KJPP

profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hmmmm.
hobi itu gak bisa dipukul rata tiap orang.
namanya juga kesenangan tiap orang pasti beda.
ada yg senang nulis, senang ngegame, senang kobam,nyanyi, senang ngemall, senang belanja online, senang gambar,senang modif, balap, etc.
kadang orang yg punya hobi beda dari kamu gak bisa ngeliat apa sich fun nya dari hobi itu.
seperti ibu ku yg mempertanyakan hobi ku baca manga jepang.
sampai bilang gini, jangan beli komik lagi ya, boros.
tapi tetep aja gw beli, karena gw suka dan pake uang sendiri.
tapi pandangan Ibu ku bener juga, satu komik harga nya 25k.
klo beli 10 buku aja udah 250k.
lumayan kan.
akhirnya cuma diakalin cari komik second yg lebih murah,
ato baca online.
sama aja kayak gw gak ngerti hobi temen modif motor.
bela2in beli karbu,knalpot,stang,pelg yg mahal jutaan.
itu intermezzo aja.

pada dasarnya hobi itu keluar duit.
hobi baca buku, beli buku.
hobi ngegame, beli gadget,pc.
hobi modif, beli sparepart.
itu hobi yg biasa.
tapi ada orang2 yg cerdik yg nyari duit dari hobinya.
misalnya dia hobi travelling, akhirnya dia bikin usaha tour guide.
hobi baca komik, bikin rental komik.


gak apa2 sich klo tulisan kamu masih sekedar penyaluran ide/inspirasi diri.
cuma hati2 aja kalo ada yg mengakui tulisan karya mu itu sebagai karya nya.
lslu dikomersialkan.
dan jangan cepet emosi dengan pendapat orang yg gak sesuai dengan pendapat mu.
dont get carried away.
ocehan temen mu itu sebenarnya menarik lho.
dan jangan cepet down dan ngerasa sia2 kalo dikomentari negatif ama orang lain.
ato pekerjaan mu gak dianggap.
coba selalu cari sisi positif nya.
misalnya temen lu bilang, ah bikin karya tulis tapi kagak jadi duit.
coba kamu pikir, lu bisa bikin 1 karya tulis dalam waktu tertentu yg orang lain aja belum tentu bisa.
kamu bisa menvisualisasikan alam pikiran mu menjadi sebuah karya.
gw gak bilang karya lu bagus ya.
profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
lakuin apa yg kamu pengen, setiap hal positif tidak ada yg sia-sia., emoticon-Smilie
profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
Diubah oleh adizarunited7
Lihat 1 balasan
Lalu temen ane membalas kembali pesan dari ane. "Gua kalo dibayar bisa nulis lebih gila dari lo".

kura kura kalo lagi ngomong sama burung ya akan bilang bisa terbang lebih tinggi dari burung
profile-picture
profile-picture
kutilkuda1202 dan abbimanyu. memberi reputasi
tulis aja apa yang pengen ente tulis gan
komentar orang mah bodo amat emoticon-Leh Uga


hidup ente ga bakalan bahagia kalau omongan bau taek kek gitu ente dengerin
profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lakuin aja pa yg lo suka gan, yg pnting buat lo nyaman..jangan dengerin pa yg di bilang tmen lo itu
ane iseng2 dimari jg krna dmen baca crita dari agan2 di kaskuser,
buat ngalihin biar gak ngegame mulu
profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalo hobi menulis ya lanjutin menulis, makin diasah kemampuan makin bagus,
walau belum menghasilkan uang saat ini, tapi kalau tulisanmu itu menghibur / bisa menolong orang yang membacanya, itu pun suatu kebaikan kan.
profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Hebat lu bisa bertemen dgn orang kayak gitu.
Maksud gw, come on.. ada 5 milyar manusia di bumi, dan lu pilih satu orang itu jadi temen lu?

Btw, lu yakin dia anggap lu temen?
🙏🏻

Itu tukang pecut bre. Lu ngobrol sama dia klo udah kehilangan motivasi aja. Supaya lu kembali fokus.
Klo orang lain menemukan kebaikan, dia menemukan kesalahan. Itu aja lu blow up untuk bikin kemampuan lu lebih baik
Diubah oleh th3d4rk
Lihat 3 balasan
Ane paling nga suka dengan orang yang punya sifat kek gini gan 😅, mbok ya selalu instrokpesi diri aja dengan diri sendiri
profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lagu kepompong: mungkin ku terlalu bertingkah kejauhan namun itu krn kusayang.


mngkn dia sayang ama elu. positif aja sih
temen lu julid tuh, iri dia


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di