CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PDI Perjuangan Inisiator Pembahasan RUU HIP
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef586827414f5346f3fd451/pdi-perjuangan-inisiator-pembahasan-ruu-hip

PDI Perjuangan Inisiator Pembahasan RUU HIP



PDI Perjuangan berada di balik munculnya pembahasan RUU HIP. Rasa Orde Lama pun dinilai mewarnai RUU yang mengundang polemik ini.





https://www.tagar.id/pdi-perjuangan-...hasan-ruu-hip


Bogor- Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia Jimly Assidiqie mengungkapkan PDI Perjuangan berada di balik munculnya pembahasan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Negara (RUU HIP). Partai berlambang moncong banteng ini pencetus RUU yang belakangan mengudang polemik.  

"Kalau saya dengar ini inisiatif dari DPR, dalam hal ini PDI Perjuangan," kata Jimly Assidiqie kepada Tagar, Jakarta, Sabtu, 13 Juni 2020.

Mantan Ketua Mahmakah Konstitusi ini pernah memenuhi undangan Rapat Dengar Pendapat Umum yang digelar Badan Legislasi DPR dalam rangka penyusunan RUU HIP pada 11 Februari 2020. RDPU ketika itu dipimpin oleh Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka.

Dalam pembahasan selanjutnya, RUU ini ditentang berbagai kalangan. Muhammadiyah, misalnya, meminta pemabahasan RUU segera dihentikan.
 
Menurut Jimly, salah satu pemicu banyaknya penentang RUU karena semangatnya ingin kembali kepada Orde Lama. Itu ditunjukkan pada materi RUU tentang Pancasila yang merujuk pada pidato Soekarno 1 Juni 1945.  

"Jangan pendapat pribadi Bung Karno dianggap suara Tuhan, tidak boleh dong, versinya 1 Juni kan beda dengan yang disepakati," katanya.

Jangan pendapat pribadi Bung Karno dianggap suara Tuhan




Rumusan Pancasila versi 1 Juni 1945 disampaikan Soekarno ketika berpidato mengenai usul dasar negara. Tanggal ini kemudian diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila setiap tahun.  

Dalam rumusan 1 Juni itu, Soekarno menyebut Pancasila terdiri dari: Kebangsaan Indonesia (nasionalisme); Internasionalisme (peri-kemanusiaan); Mufakat (demokrasi); Kesejahteraan sosial; dan Ketuhanan yang berkebudayaan. Sila terakhir ini kembali menjadi sorotan publik di tengah polemik RUU HIP.

Jimly mengatakan pada dasarnya RUU HIP ini bagus. Penerapan nilai-nilai Pancasila dapat didorong dengan meningkatkan status landasan hukum Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dari yang semula Peraturan Presiden (Peppres) menjadi Undang-Undang.



Lembaga yang menempatkan Megawati Soekarnoputri sebagai ketua dewan pengarah ini, kata dia, memiliki kepentingan konstitusional. Musababnya, Pancasila merupakan filosofi dasar negara yang dalam kehidupan kebangsaan saat ini menghadapi tantangan. 
"Sekarang ini kan pertentangan idelogis menguat dan mempolarisasi, apalagi pascapilkada DKI Jakarta," ujarnya.
Meski mendukung,  Jimly ingin pembahasan RUU HIP melibatkan  partispsi masyarakat luas. Kedua, Ketua Dewan Penasihat Komisi Pengawas Persaingan Usaha ini tak setuju pengesahan RUU terburu-buru diputuskan.  
"Jangan mau cepat-cepatan ditarget untuk disahkan, mumpung di masa Covid seperti yang dilakukan pengesahan UU Minerba," katanya. 
Ketiga, materi Pancasila menggunakan versi konsensus resmi 18 Agustus 1945.  "Keempat, TAP MPRS tentang Pembubaran dan Pelarangan Partai Komunis Indonesia (PKI) dimuat eksplisit dalam konsideran RUU HIP," kata Jimly Assidiqie. []



profile-picture
profile-picture
profile-picture
zukii.vixii dan 3 lainnya memberi reputasi
taingasu
terus bisa apa ?
banteng sdh terlalu kuat powernya
bisa menyerang balik lawan²nya dgn tanduk yg besar
Lihat 1 balasan
bukannya ga bakal ada pembahasan kalo ga ada persetujuan semua fraksi?
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
Lihat 1 balasan
{thread_title}
Setrlah sukses menguasai hukum (uu kpk dan kuhp) dan ekonomi (uu minerba), sekarang mau menguasai ideologi negara dg penafsiran sepihak pancasila.

Nice moves, black bull!
profile-picture
guntur9090 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tau gue skg kenapa kadrun kebakaran jenggot :

Penerapan nilai-nilai Pancasila dapat didorong dengan meningkatkan status landasan hukum Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dari yang semula Peraturan Presiden (Peppres) menjadi Undang-Undang.
profile-picture
profile-picture
reid2 dan areszzjay memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Jimly Assydiq sudah ngomong lho yang pastinya ga asal bacot, dia bekas ketua MK. masalah konstitusi jangan ditanya dan yang pasti integritas dan kapabilitasnya jelas

6 Fraksi dah mundur dari Ruu hip dan tinggal Partai Mata Merah sebagai pemain tunggal
Lihat 3 balasan
Akhirnya banteng yg di incer emoticon-Big Grin
Sayapnya banyak nih partai. Apakah bakal menggerakkan ormas buat bikin gesekan dibawah? Menarik untuk dipantau emoticon-Big Grin
Pokoknya klo kadrun kebakaran jenggot niscaya itu bagus buat org banyak..
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan laziale.id memberi reputasi
kalo kadrunnn ini sudah tidak nyaman ...brarti ruu itu sudah benarr....

10 tahun jaman sby sudah banyak pembiarannn yg mereka lakukan
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Enaknya saya apakan nih guys?
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan rizaldi.sarpin memberi reputasi
Diubah oleh luhutpandjaitan
coba jgn kyk kucing brantem klen ya...berisik doang..

bak..bik..bukk langsng lah..

emoticon-Ngakak
Pokoknya klu geng kadrun kepanasan

Berarti ada idelogi yg mau di berangusemoticon-Ultahemoticon-Ultah
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
Kalau saya dengar ini inisiatif dari DPR, dalam hal ini PDI Perjuangan," kata Jimly Assidiqie kepada Tagar, Jakarta, Sabtu, 13 Juni 2020.

Saya dengar wadu bisa di serang bani glodok nih bikin hoak tentang emak banteng
Sekelas Guru besar ngomongnya ....
saya denger.... katanya ..... menurut kabar burung ..... emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
coblos moncong putih
Nah narasi barunya yang menentang RUU HIP = De-Sukarnoisasi, kelompok antek Orba. Orla-Orba itu satu ibu cuman beda bapak. Kok ya masih ada aja bikin narasi beginian. Tuman.

Penolakan RUU HIP menyatukan kembali MUI-NU-Muhammadiyah dan terbukti narasi Khilafah hari ini dipakailah kembali oleh BuzzeRp dengan tagar siluman #KamiRinduKhilafah yang pro HIP yang kemungkinan untuk mendapatkan legitimasi dan cepat untuk disahkan. 

Apa bedanya BPIP dengan BP7 Zaman orde baru? Ngak ada bedanya, sama. RUU HIP kita seperti mencaci otoritarianisme orde baru tapi sambil membawa bendera otoritarianisme orde lama. Hahahaha

Propaganda. Melabeli yang menolak RUU HIP sebagi kadrun. Sadar ngak sih BuzzeRp tau apa enggaknya hintergrund Pancasila masa Sukarno-Suharto/apa yang disepakati BPUPKI ? Apa mereka ngak tau apa akibat meng-ideologikan sebuah negara? Apa ngak paham bahaya RUU HIP bagi pancasila itu sendiri ?

Kenapa bahaya? Karena (Hintergrund Ideology) sejarah pancasila itu sendiri digunakan sebagai alat perlindungan kekuasaan. Bung Karno memakai Pancasila untk melindungi Sukarnoisme, yang menjadikan Otoriter. Suharto memakai Pancasila untuk melindungi pembangunanisme yg menghasilkan Disparitas.

Ngomongin ideologi tidak lepas dari bagaimana bangunan sebuah ide dan narasi politik yang diserap dari nilai² dan prinsip politik yang visioner dan filosofis (ontologi) dikembangkan lewat sistem dan metode yang konsisten (epistemologi) dan mampu menginternalisasinya menjadi pola dan tindakan politik (aksiologi)

Bagaimana jika menggunakan Idiologi Pancasila untuk melangengkan kekuasaan?

Hintergrund Pancasila yang dulu jadi alat politik Sukarno dan Suharto demi kekuasaan.

Masa sih ngak bisa bedakan dasar negara dengan ideologi. Jika mereka² ( penguasa ) bersikukuh merubah dan mengkebiri Pancasila, MUI-Muhammadiyah-NU toh udah kasih warning bahwa sepakat untuk kembali ke Piagam Jakarta. Jika hal itu tetap di sahkan, Indonesia dinyatakan darurat. Bubar detik itu juga. Jadi lebih baik hentikan RUU HIP.

Pancasila itu kumpulan fikiran ideologis, mengideologikan negara itu otoriter dan UU sepertinya tidak bilang Pancasila sebagai ideologi. Pasal 7 di draf RUU HIP terkesan seperti ingin membangkitkan hegemoni otoriterianism era Orla.

Kalau mau dijawab siapa biang kerok rancangan UU HIP yang ingin merubah Pancasila, membuka luka lama bangsa dan ingin menuju bangsa yang sekular ? Ultra-Nasionalis biang keroknya.

( Untung Yudi Latief udah keluar dari itu lembaga )
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di