CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
5 Tips membawa Anak Imunisasi selama Pandemi Covid 19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef582ef8d94d06e381712a2/5-tips-membawa-anak-imunisasi-selama-pandemi-covid-19

4 Tips membawa Anak Imunisasi selama Pandemi Covid 19

Selama situasi pandemi ini, tentunya bunda ragu dan khawatir untuk membawa si buah hati untuk imunisasi ke rumah sakit. Dari situs resmi IDAI (https://www.idai.or.id/about-idai/id...demi-covid-19) memberikan rekomendasi mengenai jadwal imunisasi pada situasi pandemi covid 19. Pemberian imunisasi dasar penting bagi bayi dan anak sampai umur 18 bulan untuk melindungi dari berbagai penyakit berbahaya lain yang telah berjalan selama ini. Apabila banyak  bayi  dan  balita  yang  tidak  mendapat  imunisasi  dasar  lengkap  kelak  dapat terjadi  wabah  berbagai  penyakit  lain yang akan mengakibatkan banyak anak  sakit berat, cacat, atau meninggal. Oleh  karena  itu  layanan  imunisasi  dasar  harus  tetap  diberikan  di  Puskesmas,  praktek pribadi dokter, atau rumah sakit sesuai jadwalnya.
Berikut adalah 5 tips yang bisa bunda pertimbangkan jika mau membawa si buah hati untuk imunisasi :

1. Tempat Imunisasi dengan Protokol Kesehatan selama masa pandemi
Bunda bisa membawa anak ditempat imunisasi baik itu Puskesmas,  praktek pribadi dokter, atau rumah sakit yang memiliki protokol kesehatan yang baik dalam mencegah penyebaran virus Covid 19. Bunda bisa mencari tahu dengan Googling atau bisa bertanya dengan teman-teman yang sama-sama memiliki anak. Beberapa rumah sakit sudah melakukan protokol kesehatan seperti membatasi jumlah pasien (anak) yang diterima per hari, pemisahan ruang tunggu antara pasien yang sakit dan pasien yang datang untuk imunisasi, pasien yang boleh masuk dalam rumah sakit adalah pasien yang sudah membuat janji melalui telepon sebelum datang,  merekomendasi agar si buah hati menunggu di kendaraan pribadi saja selama dalam antrian serta saat di dalam kamar praktek dokter menggunakan masker, face shield, sarung tangan bahkan ada yang menggunakan baju APD covid 19.

2. Membuat perjanjian (appointment) sebelum membawa anak
Buatlah rencana kedatangan sebelum datang ke tempat imunisasi anak dengan mebuat janji melalui telpon atau fasilitas online yang disediakan. Hal ini dilakukan agar kita bisa mengetahui juga jumlah antrian dihari/waktu yang kita pilih tersebut. Selain itu, selama masa pandemi ada kemungkinan jadwal praktek dokter juga mengalami penyesuaian.

3. Prinsip Pencegahan Penularan Covid 19
Bagi orang tua/ bunda yang membawa buah hati ke tempat imunisasi selalu perhatikan prinsip Pencegahan Covid 19. Hal ini bisa dilakukan dengan tetap menjaga jarak (social distancing), mencuci tangan, mengenakan masker, membawa hand sanitizer, jangan menyentuh wajah dan terapkan etika batuk dan bersin.

4. Layanan Drive Thru Vaksin Anak
Emangnya makanan aja yang bisa Drive Thru, kini imunisasi anak juga bisa dilakukan didalam kendarana pribadi kita tanpa harus masuk kedalam tempat imunisasi. Salah satu RS di Jakarta sudah menyediakan layanan Drive Thru Vaksin Anak seperti RS Mitra Family.


Semoga bermanfaat bunda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siapika dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh friscatanty
nah ini sih, kalau dr orang kesehatannya pasti ikutin aturan, tp orang tua yg lain itu mgkn yg juga perlu diingatkan si
terimakasih tips nyaaa gan
threadnya sangat bermanfaat sekali, makasih infonya gan. semoga gansis mematuhi aturan yang ada agar tidak membahayakan si kecil dan orang sekitar emoticon-Big Kiss
ane biasa ke puskes yg gretong, tp lagi pandemi gini, ke bidan deh lebih sepi gak ketemu banyak orang kaya di puskes hehe
terimakasiih banyak nih tipsnya gan sis.. membantu untuk nganter ponakan ane
profile-picture
siapika memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bisa kok drive thru pas imunisasi, ponakan gue maren imunisasinya drive thru, nice info gan!
profile-picture
siapika memberi reputasi
Lihat 1 balasan
harus ekstra hatiii2
terimakasih tipsnya, ane kasih tau ke kakak ane ni
Terima kasih tipsnya sangat membantu, di masa seperti ini pasti banyak ibu atau orangtua baru yang kebingungan untuk membawa bayinya imunisasi.
profile-picture
siapika memberi reputasi
Lihat 2 balasan
wah menarik juga ya itu layanan drive thru buat vaksin anak
tapi saya ge di kota ane belum ada nih layanan model kek gini
thankyountipsnya
ribet ya bawa anak imunisasi, tp harus jd gimana donh hehehe makasih sis tipsnya!
terima kasih tipsnya sangat membantu, di masa seperti ini pasti banyak ibu atau orangtua baru yang kebingungan untuk membawa bayinya imunisasi
buat janji... abis imunisasi langsung pulang dan bersih2...


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di