CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
27 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef57a78c342bb2a3c55ab3e/27-daftar-perlengkapan-bayi-baru-lahir

27 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir

27 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir
Menjelang melahirkan, menunggu waktu Hari Perkiraan Lahir biasanya dihabiskan Bunda dengan menyiapkan daftar perlengkapan bayi baru lahir hingga berbelanja seluruh barang-barang dari daftar perlengkapan bayi tersebut yang pastinya sangat mengasyikkan. Hal ini juga dipakai oleh Bunda sebagai salah satu relaksasi menjelang melahirkan. Jika Bunda telah mengetahui jenis kelamin bayi yang akan lahir, ini akan membantu memudahkan Bunda dalam menyiapkan daftar perlengkapan bayi. 

Meskipun barang-barang perlengkapan bayi itu lucu-lucu dan pasti akan membuat Bunda ‘lapar mata’ dan ingin memborong semuanya saat berbelanja, sebaiknya Bunda membuat daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus diprioritaskan terlebih dahulu agar tidak banyak barang yang mubazir atau tidak terpakai karena ternyata Bunda tidak memerlukannya.


1. Baju Bayi
Bayi yang baru lahir sangat cepat pertumbuhannya, oleh karena itu, Bunda disarankan untuk tidak membeli banyak baju bayi dengan ukuran newborn, karena baju hanya akan sebentar muat di tubuh bayi yang baru lahir. Untuk baju bayi, masukkan baju berlengan pendek, baju berlengan panjang, jumper, kaus dalaman singlet dan cardigan rajut ke dalam daftar perlengkapan bayi yang akan dibeli. Perhatikan bahan baju bayi yang akan Bunda beli, ya. Pilih yang berbahan katun agar nyaman dan tidak panas. Hindari baju bayi dengan ornamen gambar yang memiliki jahitan menembus ke dalam. Benang jahitan tersebut dapat membuat kulit bayi iritasi.


2. Celana Bayi
Selain celana pendek, siapkan pula celana panjang dan celana panjang tutup kaki untuk membuatnya tetap hangat. Perlu diingat ya, untuk memilih celana dengan karet yang tidak terlalu kencang agar bayi tetap nyaman.


3. Kaus Kaki Bayi
Bayi mudah sekali merasa kedinginan hingga masuk angin, penting untuk menjaga tubuh bayi tetap hangat salah satunya dengan menutup telapak kakinya dengan kaus kaki selain dengan memakai celana panjang tutup kaki. Pilih kaus kaki berbahan lembut dan nyaman. Ukuran kaus kaki hingga elastisitasnya juga perlu diperhatikan loh.


4. Selimut Bayi
Dalam memilih selimut bayi, pilih selimut dengan bahan yang lembut, nyaman dan tidak terlalu tebal agar bayi tidak keberatan. Selimut dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh bayi dan motif yang menarik perhatiannya wajib masuk ke dalam daftar perlengkapan bayi yang Bunda buat ya.


5. Sarung Tangan Bayi
Sarung tangan bayi biasanya berpasangan dengan kaus kaki bayi. Pilih yang berbahan katun lembut, bukan yang berbahan wool karena benang wool gampang terlepas-lepas jika menyangkut di kuku tangan bayi. Sarung tangan tidak perlu dipakai setiap waktu ya, Bun, hanya gunakan ketika cuaca sedang dingin.


6. Popok Bayi (Diaper)
Selain popok sekali pakai, Bunda juga perlu menyiapkan popok bayi yang berbahan kain dalam daftar perlengkapan bayi yang akan dibeli agar dapat digunakan kembali setelah dicuci.


7.Tisu Basah Bayi (Baby Wipes)
Tisu basah khusus untuk bayi aman digunakan untuk membersihkan kotoran pada kulit dan bahkan mulut bayi. Apalagi jika akan bepergian nanti, tisu basah akan sangat berguna.


8. Handuk Bayi
Untuk keperluan mandi, handuk yang berbahan halus dan tidak membuat kulit bayi iritasi juga wajib masuk ke dalam daftar perlengkapan bayi. Beli minimal 3 berganti-ganti, cuci satu handuk masimal setelah 5 kali pemakaian. Selain itu, pilih dengan ukuran yang sesuai tubuh bayi dan memiliki daya serap air yang baik.


9. Kain untuk Membedong
Memang tidak semua bayi perlu dibedong, tapi nantinya kain ini akan berguna baik sebagai alas kasur bayi ataupun selimut ringan. Beli setidaknya 1 lusin, agar punya stok lebih untuk bergonta-ganti terutama di musim hujan, dimana cucian lama keringnya.


10. Bantal Bayi
Daftar perlengkapan bayi selanjutnya, bantal. Sebisa mungkin, pilih bantal yang bagian tengahnya menjorok ke dalam untuk menghindari peyang pada bayi. Hal ini karena kepala bayi yang masih lembut di beberapa  bula pertama setelah lahir, sangat rentan berubah-ubah bentuknya. 


11.Perlak Bayi
Perlak atau alas tahan air ini akan berguna sebagai alas kasur bayi untuk menghindari air seni bayi mengenai kasur langsung saat tidak memakai popok sekali pakai. Alasi lagi bagian atasnya dengan kain tipis seperti kain untuk membedong tersebut agar kulit bayi tetap nyaman.


12. Tempat Tidur Bayi
Tempat tidur bayi perlu disiapkan hanya jika diperlukan saja. Jika Bunda merasa bayi bisa tidur satu ranjang denganmu dan pasangan, maka tempat tidur bayi tidak perlu dimasukkan ke dalam daftar perlengkapan bayi. Jika diperlukan, sertakan pula perlengkapan lainnya seperti kasur bayi dan sprei.


13. Kain Lap (Washlap)
Selain handuk, kain lap alias washlap juga perlu Bunda miliki karena sangat beruna untuk mandi. Pilih yang lembut, tapi bertekstur agar aman digosokkan ke tubuh bayi dan megangkat kotoran lebih maksimal


14. Minyak Telon
Minyak telon biasa digunakan oleh bayi sehabis mandi atau kapanpun sehari-hari. Masukkan Sleek Baby Telon Oil dalam daftar perlengkapan bayi yang Bunda beli, karena Sleek Baby Telon Oil memiliki kandungan minyak anisi lebih banyak sehingga selain dapat menghangatkan tubuh si kecil lebih maksimal, Sleek Baby Telon Oil juga lebih efektif melancarkan aliran pernapasan dan mencegah kembung pada perut si kecil akibat masuk angin.


15. Botol Susu
Meskipun bayi baru lahir masih menyusui ASI, namun Bunda tetap harus memasukkan botol susu bayi ke dalam daftar perlengkapan bayi. Bayi dapat juga meminum ASI melalui botol susu ataupun susu formula jika diperlukan.


16. Pembersih Botol Susu
Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi merupakan pembersih botol susu dan perlengkapan bayi dengan Formula 100% Food Grade yang aman untuk bayi. Selain untuk mencuci botol susu bayi, Sleek Baby Pembersih Botol dengan 8 Proteksi dapat digunakan juga untuk mencuci buah dan sayur saat bayi sudah membutuhkan Makanan Pendukung ASI (MPASI).


17. Sabun Bayi
Pilih sabun bayi yang bebas beraroma parfum, karena aroma parfum ini akan membuat kulit bayi yang sensitif akan iritasi. Selain itu, pilih sabun yang tidak terlalu banyak menghasilkan busa, anti bakteri dan memiliki kandungan yang dapat melembabkan kulit bayi.


18. Shampoo Bayi
Bunda juga dapat memilih sabun bayi yang befungsi sekaligus sebagai sampo, seperti Sleek Baby Hair & Body Foamy Wash untuk membersihkan dan merawat rambut serta tubuh bayi. Sleek Baby Hair & Body Foamy Wash lembut dan tidak pedih di mata si kecil serta memiliki sifat hypoallergenic sehingga aman untuk kulit bayi. 


19. Body Lotion Bayi
Bayi cenderung memiliki kulit yang kering. Maka itu untuk meredakannya, Bunda perlu body lotion yang bisa digunaka setelah mandi. Pilih body lotion kusus bayi yang sesuai dengan usianya dan memiliki kandungan kelembaban yang tidak membuat kulit si kecil teriritasi.


20. Krim Diaper
Sleek Baby Diaper Cream wajib dimasukkan dalam daftar perlengkapan bayi yang akan dibeli. Sleek Baby Diaper Cream dapat dipakai setiap kali mengganti popok bayi di area lipatan paha, lipatan kulit area kaki dan bagian belakang pantat bayi agar bayi tetap terlindungi dan tidak terjadi ruam kulit.


21. Bak Mandi Bayi
Bayi dianjurkan mandi dua kali sehari untuk menjaga kebersihannya. Maka itu, jangan lupa membeli bak mandi bayi ya. Selain plastik BPA free, pilihan bak mandi untuk si kecil sekarang cukup beragam, seperti pelampung yang mudah dibawa kemana-mana pun ada. Ingat, sesuaikan ukuran bak mandi dengan tubuh si kecil juga ya!


22. Gunting Kuku Bayi
Penting untuk tetap menjaga dan merawat kebersihan kuku bayi dengan menggunakan gunting kuku khusus. Potong kukunya setiap tumbuh memanjang untuk menghindari pertumbuhan kuman dan bakteri, sekaligus mencegah garukan yang kerap dilakukan bayi tanpa sengaja ke wajahnya.


23. Alat Sterilisasi
Membersihkan botol susu dan dot bayi tidak lengkap jika hanya dicuci dengan menggunakan sabun pencuci botol saja. Perlu adanya proses sterilisasi untuk menjaga botol dan dot bayi tetap steril sebelum masuk ke mulut bayi.


24. Stroller
Stroller juga dibutuhkan untuk memudahkan mobilitas Bunda dan si kecil setiap kali bepergian. Pilih stroller yang travel friendly, karena biasanya kereta dorong jenis tersebut lebih mudah dilipat serta ringan dibawa kemanapun. 


25. Gendongan Bayi
Selain stroller, Bunda juga akan memerlukan gendongan bayi ketika akan menggendongnya agar tidak capek jika hanya menggunakan tangan saja. Jenis gendongan bayi ada banyak, tapi umumnya sekarang tipe wrap lebih dicari karena mudah digunakan, praktis, dan nyaman untuk bayi.


26.Tas Bayi
Tas bayi tentunya sangat diperlukan untuk membawa segala jenis perlengkapan bayi yang akan dibawa saat bepergian. Baik saat checkup ke rumah sakit ataupun bepergian ke tempat lain. Ransel kini menjadi pilihan banyak ibu dan ayah, karena lebih nyaman dibawa di punggung.


27. Kain Kasa
Tak perlu membeli banyak kain kasa, karena umumnya Bunda hanya memerlukan benda tersebut untuk menutup pusar bayi yang baru lahir agar terhindari dari kotoran dan kuman. Setelah puput pusar dalam 5-12 hari, Bunda tak akan menggunakannya lagi. Maka itu, beli secukupnya saja.


Selain daftar perlengkapan bayi di atas, barang-barang lain yang bersifat tersier masih dapat ditambahkan jika di kemudian hari, Bunda merasa butuh membelinya sebagai kebutuhan lanjutan. Selamat berbelanja!

Sumber : SleekBaby
okelah


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di