CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Manfaat Rotasi Ban Pada Ban Mobil
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef55b82a7276869820de51b/manfaat-rotasi-ban-pada-ban-mobil

Manfaat Rotasi Ban Pada Ban Mobil


Banyak orang yang menyarankan untuk merotasi ban mobil. Jadi, pada kondisi atau jarak tertentu pemilik mobil disarankan merotasi posisi ban mobil. Yang awalnya di depan posisinya dipindahin ke ke belakang atau sebaliknya. Ternyata ini bukan hanya sekedar saran GanSis. Rotasi ban mobil pada kenyataannya memiliki dampak yang sangat positif.

Melakukan rotasi keempat ban mobil dari depan ke belakang atau sebaliknya, bermanfaat untuk menjaga tingkat keausan telapak ban secara merata. Dengan begini durasi pakai ban akan terjadi secara bersamaan. Jika tingkat keausan telapak ban tidak merata, maka akan mobil jadi tidak nyaman ketika dikendarai. Paling parah, tingkat keusan ban yang gak merata bisa bikin selip karena licin atau jarak pengereman jafi panjang.

Manfaat Rotasi Ban Pada Ban Mobil

Biasanya jika tidak dirotasi, ban depan akan lebih cepat aus atau botak karena kerjanya lebih beras dan sering dibuat belok. Kalau udah kayak gini, nantinya penggantian ban gak bisa dilakukan secara bersamaan. Banyak yang menyarankan rotasi dilakukan pada setiap jarak tempuh 5.000 km. Ini dengan asumsi mobil selalu melewati jalanan yang normal.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan dalam merotasi ban. Pertama, bisa dilakukan secara horizontal, ban depan kanan diganti dengan ban belakang kanan. Bisa juga dilakukan dengan cara diagonal, ban depan kanan diganti dengan ban belakang kiri. Ini berlaku sebaliknya. Sama satu lagi GanSis, jangan lupa untuk melakukan spooring dan balancing tiap 10.000 kilometer.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalo roda tiga bisakahemoticon-Bingung
okeh 5000 km..

mudah mudahan gak lupa
Mnurut ane emoticon-Big Grin coba ya, tukang tambal ban walau peralatan sederhan tapi mampu baca informasi ban, tekanan ban, dan bisa mengisi menyesuaikan, keadaan normal tekanan ban sesuai tipe tipe mobil dan standarisasinya,
ya update skill skaligus pengetahuan,
ya kdang kasian mobil yg butuh kestabilan tiktik tumpu gesekan setiap ban ke jalan untuk diajak ngacir,
krn klo kcepatan tinggi, ngaruhi Gan, misalnya jalan agak oleng dikit klo tekanan ga sama emoticon-Hammer (S),

bnyak buta huruf ban juga pengisi angin Nitrogen
di4 ane
emoticon-Hammer2
Lihat 2 balasan
Daripada rotasi ban mending ganti sekalian bannya gan
Beli 2 ban dulu, pasang depan
Besok pas dah punya duit beli 2 ban dpn baru lagi, yg lama ditaruh belakang
Oh ya ini untuk fwd ya, rwd ane kurang paham emoticon-Big Grin
jadi kaya swmua merasakan bagian itu gt ya gan haha masuk akal sih tp repoooot
Post ini telah dihapus oleh KS06
kalo ganti bannya barengan lumayan gan biayanya emoticon-Malu (S)
tekanan ban juga perlu diperhatikan gan,
Ban depan lebih cepet gundul ya, krn setiap saat memutar otak agar tidak terkejar ban belakang..
Bagus informasinya, akan saya terapkan ketika nanti saya memiliki mobil, sekarang fokus untuk mencari uang terlebih dahulu, hehehe.
Wah menarik banget deh infonya Jadi tahu lebih banyak nih soal rotasi ban pada ban mobil ini Makasih gan
bener banget nih Gan Sis kita harus banget menjaga mobil kita dan merawatnya agar kita aman dan nyaman dalam berkendara
selain ban kondisi mobil juga kita harus diperhatikan dengan baik sebelum berkendara seperti oli bensin, dan hal lainnya


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di