CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
Penyebab Oli Bercampur Air Radiator Pada Motor Serta Solusinya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef5439b365c4f478e2b7c2e/penyebab-oli-bercampur-air-radiator-pada-motor-serta-solusinya

Penyebab Oli Bercampur Air Radiator Pada Motor Serta Solusinya

https://www.teknik-otomotif.co.id/  - Pada ulasan kali ini kami akan membahas mengenai penyebab dan solusi atau bagaimana cara mengatasi air radiator bercampur dengan oli dan masuk ke ruang pembakaran sampai akhirnya merembes ke busi seperti pada motor New Vixion dan motor berpendingin cairan lainnya.
Belakang ini baik itu motor sport dan juga matic yang memiliki 150 cc keatas selalu dibekali dengan pendingin radiator. Fungsi radiator tersebut ialah sebagai pendingin mesin motor agar suhunya tetap stabil saat berkendara.

Dan satu satu motor dengan pendingin radiator ialah New Vixion yang saya gunakan sebagai tunggangan setiap harinya. Dan setelah menginjak usia ketiga sejak pembeliannya mulai ada masalah pada sistem pendingin yang menggunakan coolant ini pada New Vixion saya.

Dan ketidaknyamanan tersebut ialah merembesnya air radiator ke ruang pembakaran motor yang mengkibatkan motor kurang nyaman atau simpelnya mbrebet yang bila dibiarkan akan akan berdampak negative pada mesin motor.

Yang pada awalnya merembesnya air radiator ke ruang pembakaran hanya berdampak mbrebetnya motor, dan lama kelamaan motor tidak bisa hidup karena air radiator yang menggenangi ruang pembakaran semakin banyak.
Penyebab Oli Bercampur Air Radiator Pada Motor
Nah berikut ini mengenai beberapa penyeban air radiator merebes ke sistem pembakaran dan bercampur dengan oli, simak selengkapnya dibawah ini:

Air Radiator Merembes Ke Sistem Pembakaran
Kasus ini meruapakan masalah yang terjadi pada New Vixion saya yang dimana berdasarkan pengalaman, untuk ciri air radiator merembes ke ruang pembakaran ditandari dengan kurang nyamannya suara mesin yang berkesan mbrebet mirip dengan kasus busi kemasukan air.

Jika sudah parah karena banyaknya air radiator yang memasuki ruang pembakaran air radiator akan merembes ke busi. Karena ruang pembakaran tergenang, mesin tidak akan bisa hidup seperti yang terjadi pada New Vixion.
Lantas Apa Penyebabnya ?


Penyebab air radiator merembes ke busi atau menggenangi ruang pembakaran ialah gasket atau packing yang sudah bocor. Maka dari itu solusi terbaik untuk mengatasi air radiator merembes ke sistem pembakaran ialah mengganti packing atau gasket yang baru, usahakan yang original karena sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.


Air Radiator Bercampur Oli


Air radiator bercampur dengan oli ialah salah satu kasus ysng sering terjadi pad New Vixion dan motor dengan pendingin cairan lainnya. Tidak sedikit juga yang pernah mengalami hal demikian.


Kasus ini diakibatkan oleh seal waterpump yang sudah harus diganti, jika seal waterpump bocor maka air radiator akan bercampur dengan oli hingga akhirnya oli berubah seperti bubur sumsum yang jika kondisinya parah.


Jika dibiarkan tentu akan berakibat fatal baretnya blok dan seher karena tidak terlumasi dengan baik karena oli bercampur dengan radiator. Maka dari itu jangan malas untuk memperhatikan kondisi oli, sampai warnany hijau atau putih.

Dalam hal ini seal waterpump harus diganti jika terdengar suara decitan dari bagian pompa radiator. Meskipun tidak ada aturan mengenai usia pakainya disarankan untuk mengganti seal waterpump kisaran 50.000 kilometer sekali.
Untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak disini: https://www.teknik-otomotif.co.id/pe...r-pada-motor/



profile-picture
profile-picture
kuciank dan decodeca memberi reputasi
Nice Info emoticon-Cool
nice info
Gitu ya.. otewe ancur mesinnya..
Post ini telah dihapus oleh KS06
hooooo jadi gara2nya spt itu, ane ga paham permesinan gan jadi sebelumnya belim tahu
profile-picture
reinaldo69600 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
waduh, tadi pas ganti oli, kok semburat ada warna agak hijau di hitamnya oli bekas.
kalau ane denger2 katanya kalau kita makai mobil engaak dipanasi dlu mesinnya lama lama bisa kayagini ya gan ?
Makasih Gan Sis infonya Jadi tahu nih cara cara mengatasi yang bercampur air radiator jadi tahu lebih banyak hehehe
selain oli dan air radiator Kita juga harus memperhatikan Gan kondisi motor kita supaya aman dan nyaman saat berkendara
yang paling pasti adalah jarang perawatan. dikata motor bisa lari aja normal.

Dari pengalaman ane adalah telah ganti oli. mesin yang tak dilumasi dengan baik, jadi panas yang merambat tidak sempurna sehingga merusak seal radiator. dan jadilah es campur, eh?


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di