CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
11 Cara Membuat Tarikan Honda Beat Enteng
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef53e14c0cad70ad2467021/11-cara-membuat-tarikan-honda-beat-enteng

11 Cara Membuat Tarikan Honda Beat Enteng

https://www.teknik-otomotif.co.id/  - Nah sedikit demi sedikit pada motor matic mulai menguasai atau menjadi primadona pada saat ini di Indonesia. Mungkin karena mudah pengoperasiannya tanpa perlu naik atau pun turunin gigi yang menjadi nilai plus dari motor ini.
Motor matic telah dibekali dengan system yang namanya CVT atau Continous Variable Transmission yang buat motor bisa jalan tanpa pakai gigi alias bisa langsung tarik gas dan jalan. Tetapi dengan berbedanya sistem tentunya memiliki perawatan yang beda pula.

Dan salah satunya dalam segi merawat yang namanya roller. Roller ini ialah salah satu komponen vital yang ada pada system CVT. Roller merupakan sebuah komponen yang berada di bagian pulley depan atau pulley primer pada sepeda motor jenis matic.

Motor jenis matic yakni menggunakan penghubung berupa drivebelt yang bertumpu pada pulley. Nah roller yang merupakan pemberat yang mengatur besar kecilnya diameter pulley yang berhubungan dengan perbandingan reduksi putaran mesin.
Fungsi dari bentuk bundar dan sempurna mempermudah dalam pergerakan dari pulley. Roller ini ada umurnya juga. Jika bentuknya sudah tidak bundar, maka sudah waktunya kalian untuk mengganti roller motor matic kesayangan.
Kalian dapat mengorbankan akselerasi namun mendapatkan top speed yang lebih tinggi dengan menggunakan roller yang lebih berat. Dan sebaliknya jika kalian pengen mendapatkan akselerasi yang lebih responsive namun top speed akan sedikit berkurang kalian dapat menggunakan roller yang lebih ringan.

Kondisi roller yang sudah kurang bagus bisa dikenali dari bunyi klotak-klotak dari bagian box cvt motor kalian nah kalau udah bunyi gitu sebaiknya kalian mengganti karena dapat merusak komponen yang lainnya.

Lantas bagaimana cara membuat tarikan Honda beat menjadi enteng ?? ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan, oleh pemilik Honda beat agar motornya lebih bertenaga dan bisa berlari lebih cepat. Motor yang tarikannya enteng, tentu lebih nyaman dikendarai karena tenaganya tidak akan terasa ngempos.

Honda beat ialah motor matic bermesin 110 cc motor ini sudah ada sejak tahun 2008 dan tetap dipasarkan sampai sekarang. Sampai saat ini sudah ada empat generasi Honda beat yang sama-sama mengusung mesin berkapasitas 110 cc, namun untuk generasi pertama masih menggunakan karburator.
Cara Membuat Tarikan Honda Beat Enteng
Performa beat karbu dan injeksi tentu sangat berbeda. Begitu dengan konsumsi bahan bakar keduanya. Namun yang jadi permasalahan ialah kapasitas mesin Honda beat terlalu kecil sampai tarikan motor menjadi terasa cukup berat, terutama pada saat putaran bawah.

Dan sebenarnya cara membuat tarikan Honda beat enteng bisa cukup dengan service rutin. Namuan bila ingin performa lebih optimal, maka harus mengganti beberapa bagian mesin. Lalu apa saja yang diganti ?? untuk mengetahuinya silahkan kalian simak pemaparan selengkapnya mengenai cara membuat tarikan Honda beat enteng berikut ini:

Dengan Mengganti Roller Cvt

Dalam performa motor matic dalam hal ini memang sangat tergantung pada kinerja CVT yang notabennya ialah sistem transmisi pada motor matic. Komponen CVT Honda beat terdiri dari berbagai komponen. Setiap komponen memiliki fungsi berbeda-beda.

Supaya menghasilkan performa yang optimal dan tarikan lebih enteng, maka kalian harus merombak bagian tersebut. Dan caranya ialah dengan menggunakan part-part aftermarket yang banyak di jual di toko variasi, lalu apa saja bagian yang harus diganti ??
Dan cara termudah untuk membuat tarikan Honda beat lebih enteng ialah dengan mengganti roller bawaan dengan roller yang lebih ringan. Kalian bisa mengguanakan roller berbobot 10 gram untuk mengganti roller bawaan yang memiliki bobot 15 gram.
Dengan mengganti roller maka tarikan Honda beat kalian akan menjadi lebih enteng. Namun ada yang harus dikorbankan yaitu top speed pada putaran atas sehingga motor akan terasa lebih pelan saat menarik gas dalam-dalam.

Dengan Mengganti Per CVT Dan Per Sentrifugal

Dalam hal ini tujuan ganti roller CVT ialah untuk meningkatkan tarikan diputaran bawaan sehingga motor semakin lincah dan enteng. Bagi yang mengedepankan top speed maka harus mengimbanginya dengan upgrade per CVT serta per sentrifugal.
Kalian bisa membeli per cvt serta per sentrifugal dengan kekerasan 1.500 rpm agar tarikan semakin enteng dan top speed tetap terjaga. Semua komponen tersebut bisa dibeli di toko variasi dengan harga cukup terjangkau.
Sebagai alternatif, kalian juga bisa membeli paket upgrade CVT Honda beat yang banyak tersedia di toko online ataupun toko variasi. Dan harganya kisaran Rp 400-600 ribuan dengan paket yang terdiri dari mangkok kampas ganda, roller, per cvt dan per sentrifugal.

Dengan Menggunakan Noken AS Racing

Cara membuat tarikan Honda beat enteng yang kedua ialah dengan cara menggunaka  noken as racing. Noken as sendiri berfungsi untuk mengatur buka-tutup klep sehingga berperan penting terhadap performa Honda beat. Dan sayangnya harga noken as racing untuk Honda beat cukup mahal yakni sekitar Rp 400-500 ribuan.

Untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak disini: https://www.teknik-otomotif.co.id/ca...a-beat-enteng/


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di