CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
4 Manfaat Metode Food Preparation, Salah Satunya: Bikin Uang Belanja Lebih Hemat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef527cfa2d19529c3613ca6/4-manfaat-metode-food-preparation-salah-satunya-bikin-uang-belanja-lebih-hemat

4 Manfaat Metode Food Preparation, Salah Satunya: Bikin Uang Belanja Lebih Hemat

Food Preparation

4 Manfaat Metode Food Preparation, Salah Satunya: Bikin Uang Belanja Lebih Hemat



4 Manfaat Metode Food Preparation, Salah Satunya: Bikin Uang Belanja Lebih Hemat

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang manajemen perdapuran yang masih hits di kalangan ibu rumah tangga. Yakni metode food preparation atau sering juga disingkat menjadi foodprep.

Jadi, sebenarnya apa sih foodprep ini?

Foodprep adalah metode mempersiapkan makanan, dari bahan mentah menjadi olahan yang siap disantap, dalam jumlah besar. Misal untuk seminggu, dua mingggu atau bahkan bulanan. Lebih mudahnya, kita sebut saja nyetok bahan makanan di kulkas untuk beberapa waktu ke depan.😁

Metode ini sendiri memiliki beberapa proses. Memang agak ribet ketika awal-awal akan menerapkannya. Untuk yang belum terbiasa mungkin akan butuh waktu cukup lama untuk mempersiapkan semuanya.

Pertama, kita harus menentukan terlebih dahulu, bahan makanan yang akan kita beli untuk stok berapa lama. Dua minggu misalnya.

Kedua, Membuat daftar menu makanan harian selama dua minggu ke depan. Mencatat bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan, lalu mulai berbelanja.

Lalu setelah berbelanja, step ketiga ialah masuk dalam proses inti. Persiapan. Memisahkan sayur, lauk, buah dan bahan makanan lain sesuai jenisnya.

Mengapa step ini dikatakan yang paling penting? Karena dalam proses inilah kita harus melakukan teknik penyimpanan yang tepat, agar bahan makanan menjadi awet dan tetap segar selama waktu yang sudah kita prediksikan.

Triknya adalah, simpan makanan ke dalam wadah kedap udara. Ikan-ikanan setelah dicuci bersih, beri irisan atau perasan air jeruk nipis, lalu simpan dalam freezer. Daging tak perlu dicuci, setelah dipotong-potong, masukkan ke wadah kedap udara dan simpan ke dalam freezer. Untuk sayuran, lakukan hal yang sama. Jangan dicuci. Setelah disiangi atau dipotong-potong siapkan wadah kedap udara, alasi dengan tissu makan, kertas, atau koran. Masukan sayuran, tutup rapat dan simpan di kulkas. Atau, jika tak punya banyak food container, cukup bungkus saja dengan kertas. Fungsi kertas/tissu di sini adalah untuk menyerap embun atau titik-titik air, sehingga sayuran tidak mudah busuk.

4 Manfaat Metode Food Preparation, Salah Satunya: Bikin Uang Belanja Lebih Hemat
Dokpri


Berdasarkan pengalaman pribadi, metode foodprep ternyata memiliki banyak manfaat. Mari simak beberapa di antaranya. 👇

1. Efisiensi Waktu

4 Manfaat Metode Food Preparation, Salah Satunya: Bikin Uang Belanja Lebih Hemat



Kita tahu, pekerjaan ibu rumah tangga itu tak hanya urusan belanja dan memasak. Ada begitu banyak tugas domestik yang harus dikerjakan. Apalagi jika si ibu juga merangkap sebagai wanita karir. Tentu tak punya banyak waktu utuk urusan dapur saja.

Dengan menerapkan metode ini, kita jadi tidak perlu bolak-balik pergi ke pasar atau warung sayur untuk membeli bahan makanan. Terlebih pada masa pandemi seperti sekarang ini.

Selain itu, waktu memasak akan jadi lebih cepat. Tentu saja karena bahan masakan sudah siap di kulkas. Tak perlu waktu lama untuk menyajikan makanan, sreng goreng-goreng dan foilaaa ... matang. 😁


2. Menghemat uang belanja

4 Manfaat Metode Food Preparation, Salah Satunya: Bikin Uang Belanja Lebih Hemat



Soal hemat menghemat memang sudah jadi tugasnya seorang ibu rumah tangga, kan ya. Nah, pertanyaannya adalah... kenapa metode foodprep ini bisa bikin kita hemat?

Memang sih... saat belanja sekaligus banyak, untuk stok beberapa waktu ke depan membuat kita harus menyiapkan pengeluaran cukup besar. Tapi, sebanding pula dengan hasil yang kita terima.

Dengan metode ini lauk-pauk dan sayur mayur akan bertahan lama di kulkas, dalam keadaan yang masih segar. Sehingga tidak ada bahan makanan yang terbuang atau membusuk karena terlalu lama disimpan.

Selain itu, saat kita pergi ke pasar hanya seminggu atau dua minggu sekali, biaya trasport akan lebih sedikit. Ongkos naik kendaraan umum atau biaya untuk membeli bahan bakar bisa dipangkas, dan ditabung.

3. Kulkas tertata rapi

4 Manfaat Metode Food Preparation, Salah Satunya: Bikin Uang Belanja Lebih Hemat



Melihat kulkas yang rapi bersih paripurna, tentu akan membuat mood kita bagus. Kemudian memunculkan semangat dan gairah untuk memasak.

4. Menu makanan teratur

4 Manfaat Metode Food Preparation, Salah Satunya: Bikin Uang Belanja Lebih Hemat



Salah satu bentuk kegalauan yang sering berputar-putar di kepala seorang ibu rumah tangga adalah, "MAU MASAK APA HARI INi?"

Dengan foodprep, otomatis daftar menu makanan yang telah kita buat di awal akan sangat membantu. Tak perlu bingung lagi. Tinggal lihat daftar, bahan telah siap di kulkas, lalu mulai memasak.

Begitulah kira-kira manajemen perdapuran berdasarkan pengalaman pribadi ane. Semoga bermanfaat.

Bandar Lampung, 26 Juni 2020.

#BBB#Firsaf05
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lurika dan 80 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh firsaf05
Halaman 1 dari 7
Amankan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 6 lainnya memberi reputasi
Selamat mencoba, mari sharing.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 6 lainnya memberi reputasi
keren..
mengsinpirasi.. kulkas rapih bersih dan teratur peletakkannya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
hal tersebut sulit dilakukan keluarga ane, tapi sudah sejak dari dulu dilakukan keluarga pembantu ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
mablntap jiwa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Efisien. Menghemat waktu dan teratur karena sudah terjadwal.
Namun kurang cocok bagi yang seleranya berubah ubah tiap saat. emoticon-Peace



BATA ane gan. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
kulkas ane isinya nugget semua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mamak ane udah sejak dulu bree emoticon-Big Grin, jadi walaupun ada corona virus itu yhaa engga pusing emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kyukyunana
Lihat 3 balasan
nah bener sih jadi kaya apa ya trtata rapi gt mau beli apa bikin apa jd jelas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nice info gan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wahh enak ya sudah dilist begini jadi nggak bingung buat masak apa besokannya, tapi belanja cukup sekali dalam seminggu tinggal nyetog makanan dikulkas pas waktunya masak tinggal ambil ambilin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Wah bagus sekali ada jadwalnya, boleh ane contoh terapin nih emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bilang ke mama nasgor dulu. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan firsaf05 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Emak ane klo kek gini busuk semua sayurannya emoticon-Big Grin

Untung warung sayurannya cm di sebelah rumah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
yg disebutin ts itu positifnya, negatifnya jadi konsumsi bahan makanan yg gak segar. klo keluarga ane nyetok makanan paling utk 3 harian gt, kadang aja sayur mayur belinya langsung biar dpt yg seger
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
bermanfaat banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
betul itu .. udah ane praktekin...bisa menghemat pengeluaran cukup signifikan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Stock yah..


Biasanya sih gitu, masak agak banyak, ambil untuk hari itu sisanya simpan, siapin bumbu yg udah di olah simpan,

Tapi saat ini punya langganan warung makan yang ongkos masak sendiri belanja sama beli di warungnya lebih murah beli di warung langganan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
ga ngejamin juga jadi lebih hemat hehee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di