CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Tempat Curhat Terbaik Adalah Sahabat, Yakin?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef51b617e3a72070a343f2d/tempat-curhat-terbaik-adalah-sahabat-yakin

Tempat Curhat Terbaik Adalah Sahabat, Yakin?

Di saat tertentu, adakalanya manusia butuh didengarkan. Membutuhkan ruang untuk meluapkan segala perasaan yang tertahan dan mengendap di jiwa. Alias curhat.

Tempat Curhat Terbaik Adalah Sahabat, Yakin?


Seorang pendengar yang baik, dipercaya mampu mengurangi beban yang bersarang di dada. Biasanya, orang yang rentan dijadikan tempat curhat ialah sahabat.

Apa sih, pengertian sahabat itu?

Tempat Curhat Terbaik Adalah Sahabat, Yakin?


Quote:


Nyanyi, Bang?🤭🤭

Quote:


Quote:


And you?

🌹🌹🌹

Para ahli berpendapat bahwa, manusia membutuhkan seorang sahabat untuk dijadikan tempat berbagi suka maupun duka. Berbagi masalah hati ataupun berbagi materi. Atau dengan kata lain bisa dijadikan teman curhat.

Tempat Curhat Terbaik Adalah Sahabat, Yakin?


Kegiatan curhat disinyalir memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Hal ini diutarakan oleh seorang ahli psikolog klinis dan psikoterapis Henny Wirawan.

Menurut Beliau, ada sejumlah keuntungan jika kita memiliki sahabat untuk mencurahkan hati dan pikiran.

Tidak bermaksud untuk mendebat, tetapi memang sepatutnya, kita harus memilah mana yang boleh dibuat curhat dan mana yang harus tetap menjadi personal secret.

Tempat Curhat Terbaik Adalah Sahabat, Yakin?


Menurut hemat saya, sedekat apapun kita dengan seseorang, tetap saja kita harus menyimpan rahasia pribadi sendirian. Karena, terkadang ada hal yang hanya kita dan Tuhan sajalah yang boleh tau.

Ini bukan tentang seberapa besar kadar kepercayaan kita pada seseorang. Melainkan memang sudah seharusnya menyimpan sebuah rahasia. Karena, tidak lagi dikatakan sebuah rahasia, ketika kita telah menceritakannya pada seseorang.

Ane adalah type orang yang mudah percaya pada siapa pun. Tetapi, untuk masalah pribadi lebih suka menelannya sendirian. Terkecuali jika sudah menyeret kehidupan orang lain. Alih-alih mencari tempat curhat, ane biasanya lebih suka mendiskusikannya langsung dengan orang yang bersangkutan.

Atau anda lebih memilih mendiskusikan dengan-Nya dalam sujud di sepertiga malam? That's a good idea.

emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol

Tempat Curhat Terbaik Adalah Sahabat, Yakin?


Jika Gansist telah menjadi seseorang yang ketergantungan akan teman curhat dan ingin menguranginya. Boleh memakai trik ane berikut ini.

Pertama silakan Gansist melakukan podcast sesuka hati. Keluarkan semua unek-unek, mau nangis kek, mau marah kek, atau bahkan teriak-teriak juga boleh. Hanya saja, pastikan berada di ruangan yang kedap udara atau di tempat yang sunyi.

Setelah itu, silakan dengarkan curhatan Gansist tadi. Jika perlu, putar berulang-ulang sampai merasa plong. Karena mendengarkan rekaman sendiri serasa seperti sedang berkeluh kesah kembali. Setelah itu saya jamin anda bakal ilfeel pada diri sendiri.

Efeknya, kelak, ketika Gansist berpikir pingin curhat, ane yakin akan berpikir ulang. Jika kita sendiri bisa ilfel, apa kabar orang lain?

Oh ya, jangan lupa hapus rekaman tadi, atau paling aman simpan di draft. Hati-hati ke-posting.

Atau, bisa juga curhat dengan menggunakan media alat tulis. Sebenarnya cara ini biasa dilakukan oleh generasi zaman old. Yang harus diperhatikan adalah pastikan diary tersebut memiliki gembok agar tidak ada orang yang bisa membukanya.

Belakangan ini, kids zaman now lebih menggandrungi sesi curhat di laman media sosial. Ane juga sering sih, tapi itu kalo ane lagi khilaf, Gansist.

emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Malu

Manusia memang makhluk sosial yang mustahil hidup sendirian. Namun, kita patut mengetahui batasan yang tidak boleh dilanggar. Mulailah menata diri dengan belajar mandiri tanpa menyusahkan orang lain, dimulai dari hal-hal kecil.

🌹🌹🌹

Demikian thread ane kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Thanks sudah berkenan mampir, see you next time, Insya Allah and papay ....


Opini pribadi
Referensi : Here
Sumber gambar : Pinterest






Kunjungi Blog Group Kompak di Kaskus. Klik banner di bawah ini.

Tempat Curhat Terbaik Adalah Sahabat, Yakin?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ceuhetty
Halaman 1 dari 6
Kalian punya sahabat dekat?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fanya06 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 41 balasan
Biasanya, apa yang kalian lakukan bersama?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reinaldo69600 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Sahabatku bagaikan nasgor basi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeptrw dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kamujahat.21.
Lihat 4 balasan
Teman sejati hanyalah amal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noekoe19 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
satu tema😍
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan ceuhetty memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Relatif saja dalam hal ini, karena memang pada dasarnya manusia bisa berubah. Sahabat bisa berubah dan nantinya menjadi musuh. Jadi kondisikan dengan baik dalam memilih sahabat yang mulia.
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wow, mantap nih 😍 sahabat itu segalanya. meskipun segalanya kita tetap harus tau batasan ya
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Persahabatan bagai kepompong...
mengubah becak menjadi odong-odong...
Lihat 1 balasan
sahabat saling dukung dalam dunia nyata
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan ceuhetty memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Sahabat curhat itu ada 2 tipe,

Tipe kulkas ama tipe kompor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tempat curhat terbaek tuh cuman tuhan dan psikiater, klo sahabat kwwkkwk jgn d tanya munapigggggg semua.. 🤪🤪
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adeptrw dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
a shoulder to cry on, become a d*ck to ride on
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ga begitu juga
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Dari dlu sampai skrg kalau ane ada masalah curhat ke sohib yg ada selalu di ketawain mulu ngasih solusi pun kagak, brengsek emg dia emoticon-Nohope
Tp mulutnya gk pernah ember, kalo udh kopdar gila2an bareng beban terasa ringan emoticon-Hammer (S)
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 7 balasan
dulu aq tertutup masalah pribadi, tpi semenjak dikecewain ama org yg uda aq anggap sahabat yah jdi masa bodoh deh..
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalo curhat sama teman menurut saya bukan tempat curhat yang terbaik, karena kita tidak sepenuhnya tahu tentang mereka
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Diubah oleh djulianoor
Lihat 3 balasan
Tempat curhat terbaik itu Ibu dan Tuhan
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan agusn6778 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
I'm that "best friend".

Sebenernya ga salah juga kalo sahabat dijadikan tempat curhat, tapi beberapa keterlaluan.
Untuk kategori curhat, ada curhat yang hanya ingin didengarkan, dan ada pula yang perlu membutuhkan saran/solusi.
Hal ini yang perlu dipahami oleh sang pencerita agar sang pendengar dapat merespon sesuai harapan.

Dan buat sang pencerita pula, lebih baik percakapan dua arah dengan komunikasi aktif.
Orang memang tidak suka disela saat bicara, tapi orang LEBIH TIDAK SUKA jika dia hanya berfungsi sebagai pendengar 100%.
Ngomong sama tembok sana emoticon-Mad
Ini juga buat memastikan bahwa orang yang menawarkan telinga dan pikirannya sedang menyimak dan mencerna ceritamu.
Anggap saja check point.

Konteks dari curhat pun perlu dipahami.
Betul seperti kata TS, pahami mana yang perlu dibagi, dan mana yang tetap jadi rahasia.
Tapi seringkali, setiap isi pikiran diceritakan (tidak berkorelasi mis. dari bahas pacar lanjut bahas harga cabe) dan sering pula mengandung pertanyaan retoris (tidak perlu dijawab).

Mengenai komunikasi aktif, fungsi dari curhat ga cuma satu arah.
Coba tawarin lawan bicara (pendengar) untuk bercerita, hal kecil pun tak apa.
Kepedulian menjadi pencerita dan pendengar akan membuat komunikasi kedua pihak tetap baik.

Ketika menawarkan diri sebagai pendengar, pastikan benar-benar mendengar dan mencerna ceritanya, bukan asal keliatan mendengar tapi nyawanya gatau kemana.
Sebel ga sih, curhat panjang-panjang cuma bisa bilang "sabar". Itu dengerin apa engga?
Tempat Curhat Terbaik Adalah Sahabat, Yakin?

* * *
Ane sering kali menulis ini di sf #16

Curhat adalah berbagi.
Tapi pahami, apa yang dibagikan dari curhat adalah beban.
Memang bagi pencerita, dengan curhat itu serasa beban pikiran berkurang separuh, tapi apakah separuhnya menghilang?
Tidak.
Sebagian besar kini menjadi beban pikiran sang pendengar.
Kini dia memikul beban masalahmu juga. Lebih berat jika yang diceritakan adalah hal rahasia atau aib.

Jadi pikir lagi sebelum curhat.
Karena telinga orang bukan tempat sampah, jadi pastikan masalahmu memang benar-benar urgent hingga kamu butuh pendengar atau second opinion.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indahmami dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh artwing
Lihat 5 balasan
ane paling ati2 bener klo masalah pribadi. sebisa mungkin engga cerita wlwpn itu sm sahabat sendiri yak, kecuali klo emg udh mentok. baru deh ane cerita, itu pun bener2 ane filter mana yg bisa diceritain mana yg engga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
kalo saia curhat sama musuh...kekekkkekk
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di