CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Digitalisasi Merek, Strategi Bertahan di Era New Normal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef50652a2d19529c3613c92/digitalisasi-merek-strategi-bertahan-di-era-new-normal

Digitalisasi Merek, Strategi Bertahan di Era New Normal

Digitalisasi Merek, Strategi Bertahan di Era New Normal

JAKARTA - Mau tidak mau, pandemi Coronayang menyerang republik ini membuat dunia usaha putar otak agar bisnisnya bisa tetap berjalan. Pandemi yang membatasi aktivitas kehidupan, akhirnya membuat masyarakat menyadari betul pentingnya digitalisasi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kondisi itulah yang ditangkap para pelaku usaha dengan mengembangkan sistem digitalisasi perusahaan mereka. Pasalnya, kini masyarakat mulai beralih ke sistem online untuk melakukan pembelian produk keseharian ataupun produk jasa keuangan.

Konsultan riset dan pengembangan merek (bran), Tras N Co mengungkapkan data bahwa selama pandemi, sebanyak 81,7% transaksi pembelian barang dan jasa dilakukan secara online. Trend itu diprediksi akan terus berlangsung pada era tatanan kehidupan baru (New Normal).

Baca Juga:

"Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan ketika pandemi Covid-19, konsumen yang banyak menghabiskan waktu di rumah lebih nyaman melakukan pembelian produk secara online. Ini membuat sejumlah produk yang telah memiliki bran kuat secara digital menikmati pertumbuhan penjualan sigifikan," jelas Tri Raharjo, Chief Executive Officer (CEO) TRAS N CO Indonesia, sekaligus penggagas Indonesia Digital Popular Brand Award 2020, dalam Online Press Conference yang digelar secara virtual pada Kamis (25/6).

Herwinda Yoga, Brand Manager PT Campina, mengatakan bahwa peningkatan penjualan secara daring dialami perusahaannya. Penjualan daring es krim Campina meroket hingga 500%, sedangkan penjualan secara offline justru terkapar. Kondisi senada diungkapkan Manager Digital PT Kimia Farma Tbk Tri Tunggal Haryanti, revenue produk kosmetik Kimia Farma naik melalui transaksi online.

"Transformasi digital telah kami lakukan sejak dua tahun lalu dengan mengotimalisasi penjualan 1.300 gerai Kimia Farma lewat online," kata Tri Tunggal. (Baca:Penjualan Menurun, Pemasaran Digital Solusi New Normal Industri Properti)

Nah jika perusahaan ingin memenangkan pertarungan di ranah digital, mau tak mau, mereka harus memperkuat bran mereka di dunia itu. Jika tidak, alamat terlindas. "Penerapan branding yang tepat dapat memenangi kompetisi di tengah persaingan gelombang digitalisasi," jelas Tri Raharjo.

Berdasarkan survei yang dilakukan Tras N Co bersama Infobran yang dibantu oleh IMFocus Digimarketing Consultant selaku Certified Google Partner, sejumlah korporasi telah sukses membangun merek mereka di ranah digital. Tri menyampaikan, proses survei yang dilakukan pada periode November 2019 – Januari 2020 terhadap 154 kategori produk dan jasa atau 1.131 merek, terdapat puluhan merek yang memiliki bran kuat di ranah digital.

Penilaian dilakukan dengan menggunakan tiga parameter yakni, Search Engine Based, Social Media Based dan Website Based. Dari hasil survei 154 kategori tersebut, Tri menemukan masing-masing 10 kategori teratas dalam daftar Top of Digital Search, Top of Digital Awareness, Top of Digital Traffic dan Top of Digital Engagement.

Untuk mengapresiasi korporasi pengelola bran yang sukses memperkuat posisinya di ranah digital Tras N Co mengganjarnya dalam bentuk penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020. Penghargaan yang mengusung tema "Marketing in the New Normal" ini diselenggarakan melalui video conference dengan konsep e-awarding ceremony yang digelar Kamis sore, 25 Juni 2020.

Adapun brand-brand yang berhasil menjadi juara digital dan meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 di antaranya, Campina, Prudential, Sanken, Bank BNI, Caladine, Sariayu, FiberStar. Selanjutnya adalah Aice, Bank BTN, dan Polytron.


Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/817...mal-1593097576

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Digitalisasi Merek, Strategi Bertahan di Era New Normal Bio Farma Salurkan Pinjaman Modal Usaha ke UMKM Terdampak Covid-19

- Digitalisasi Merek, Strategi Bertahan di Era New Normal Luncurkan Perdagangan Saham Online, Ajaib Group Bidik Investor Pemula

- Digitalisasi Merek, Strategi Bertahan di Era New Normal Digitalisasi Merek, Strategi Bertahan di Era New Normal



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di