CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gara-gara Typo, 12 "Bencana" Besar di Dunia Ini Terjadi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef49bb9c342bb2fa000092a/gara-gara-typo-12-quotbencanaquot-besar-di-dunia-ini-terjadi

Gara-gara Typo, 12 "Bencana" Besar di Dunia Ini Terjadi

Gara-gara Typo, 12 "Bencana" Besar di Dunia Ini TerjadiSemua orang pasti pernah membuat typo atau salah ketik. Kesalahan ini sering kali terjadi ketika kita mengetik di smartphone, laptop, atau PC baru, mengetik terlalu cepat, atau karena kita memang tidak teliti dan malas mengecek dua kali. 

Walaupun sepele dan sering dianggap remeh, kesalahan ketik ini bisa berujung fatal, lho. Sudah ada sejumlah kasus typo yang menyebabkan terjadinya bencana besar di dunia. Penasaran seperti apa kesalahan yang dibuat dan dampaknya? Simak penjelasan berikut ini!


1. Roket NASA meledak di 1962 gara-gara tanda baca yang salah


Roket NASA, Mariner 1 seharusnya diluncurkan pada 22 Juli 1962. Misi tanpa awak ini dijalankan untuk mendapatkan data-data ilmiah dari Venus. Sayangnya, terdapat kesalahan ketik pada tanda baca desimal pada komputer. 
Dilansir dari Business Insider, untuk menghindari ledakan yang besar di Bumi, petugas keamanan NASA akhirnya meledakkan roket tersebut 293 detik menjelang peluncuran.  Diperkirakan kerugian yang dialami NASA adalah sekitar US$80 juta, atau jika dihitung pada nilai uang hari ini adalah di atas US$673 juta (Rp9,5 triliun). 
Pihak NASA sendiri sulit memperkirakan di mana letak kesalahannya. Sebagian percaya bahwa ini terjadi karena kesalahan peletakan tanda desimal. Ada pula yang menyalahkan peletakan tanda hubung yang diduga menyebabkan kesalahan lintasan.


2. Anggaran lem Aibon Rp82 miliar di DKI Jakarta

Gara-gara Typo, 12 "Bencana" Besar di Dunia Ini Terjadi


Pada 2019 lalu, Dinas Pendidikan DKI Jakarta disorot karena adanya kejanggalan pada rincian anggaran yang dibuatnya. Ditemukan bahwa mereka menuliskan biaya pengadaan lem Aibon senilai Rp82 miliar. Masyarakat pun kaget, untuk apa biaya lem sebanyak itu jika per bulannya Disdik DKI hanya menyuplai dua kaleng ke setiap murid. 
Salah satu staf Disdik DKI Jakarta sempat mengaku bahwa ada kesalahan ketik pada anggaran tersebut. Namun setelah itu, Kepala Disdik DKI Jakarta Syaefulloh Hidayat meralat informasi. Ia mengaku bahwa anggaran tersebut sesungguhnya komponen e-budgeting sementara yang akan disesuaikan kembali. 


3. Salah ketik melenyapkan uang senilai Rp3 triliun
Gara-gara Typo, 12 "Bencana" Besar di Dunia Ini Terjadi
Pada tahun 2005, perusahaan asal Jepang Mizuho Securities Co. kehilangan sahamnya sebesar US$225 juta (Rp3 triliun) karena kesalahan ketik yang fatal. Mereka seharusnya menjual satu stock seharga 610 ribu yen. 
Namun karena kesalahan ketik, mereka akhirnya menjual 610 ribu stock seharga 1 yen saja. Sontak, banyak perusahaan lain yang langsung menghabiskannya. Terlebih lagi, kesalahan tersebut tak dapat diralat.


4. Kesalahan ketik pada uang koin Chile


Gara-gara Typo, 12 "Bencana" Besar di Dunia Ini Terjadi


Pada tahun 2008, Chile mengumumkan bahwa mereka akan mengeluarkan uang koin terbaru. Namun sayangnya rencana tersebut gagal karena typo atau kesalahan ketik yang fatal. Dilansir dari Ranker, ternyata terdapat kesalahan penulisan nama negara. “Chile” pun menjadi “Chiie”. Uang yang telah diproduksi ribuan keping pun terpaksa ditarik kembali.
 
5. Typo yang menambahkan kosakata pada kamus

Gara-gara Typo, 12 "Bencana" Besar di Dunia Ini Terjadi
Kasus typo kali ini sangatlah unik. Pada tahun 1943, New International Dictionary membuat kamus edisi terbarunya untuk dipublikasikan. Salah seorang editor menyarankan untuk menambah keterangan “D or d, cont./density” yang artinya kata “density” atau massa jenis dapat dituliskan dengan huruf “D” atau “d”. 
Namun ternyata, spasi di antara kata tersebut hilang sehingga menghasilkan kosakata baru, yakni “Dord”. Kata tersebut pun tetap dicantumkan di dalam kamus, beserta dengan definisinya hingga tahun 1947. 
Hingga saat ini, kamu tetap bisa mencari kata tersebut di sejumlah kamus. Namun definisinya akan mengatakan bahwa kata tersebut sesungguhnya tidak ada di dunia linguistik. 


6. Satelit Mars menabrak karena kesalahan angka

Gara-gara Typo, 12 "Bencana" Besar di Dunia Ini Terjadi


Pada tahun 1999, NASA memiliki satelit khusus yang mengorbit Mars untuk memantau bagaimana perubahan iklim dan atmosfer di planet tersebut. Satelit ini sangat berharga dan NASA telah menghabiskan miliaran dolar untuk membuat dan mengirimkannya ke angkasa.
Sayang sekali, sebelum ia menyelesaikan misinya, satelit itu hancur berkeping-keping. Dilansir dari Wired, ternyata bencana ini terjadi karena kesalahan input pada angka pengaturannya. 


7. Liburan “eksotik” berubah menjadi liburan “erotik”


Gara-gara Typo, 12 "Bencana" Besar di Dunia Ini Terjadi


Pernahkah kamu mendengar istilah Yellow Pages? Ini merupakan buku yang berisi nama-nama perusahaan, telepon, hingga alamatnya. Pada tahun 1988, banyak pihak yang memanfaatkan media ini untuk mengiklankan jasa atau produknya. 
Salah satu perusahaan yang menggunakan layanan Yellow Pages adalah Banner Travel Service asal California, Amerika Serikat. Pada saat itu, mereka ingin mempromosikan paket liburan “exotic” atau eksotik. Namun ternyata Yellow Pages membuat kesalahan sehingga yang ditampilkan adalah liburan “erotic” atau erotik. 
Akhirnya banyak komplain yang masuk ke perusahaan tersebut. Orang-orang yang telah berlangganan pun membatalkan liburannya. Fatal sekali, ya!


8. Kesalahan pada buku resep membuat orang kulit hitam menjadi bahan untuk pasta

Gara-gara Typo, 12 "Bencana" Besar di Dunia Ini Terjadi


Yang ini sedikit horror gan sis, sebuah buku resep yang diterbitkan di Australia pada tahun 2010 membuat kesalahan fatal pada salah satu resep pastanya. Pada daftar bahan, mereka menuliskan “salt and freshly grounded black people” atau jika diartikan adalah ‘garam dan orang kulit hitam yang baru saja dihaluskan’.
Padahal seharusnya mereka menuliskan “black pepper” atau merica hitam. Entah bagaimana yang tercetak menjadi “black people”. Komplain pun banyak masuk ke redaksi buku tersebut. Masyarakat menyebutnya rasis dan menghancurkan semua salinannya.


9. Typo membuat saluran telepon terganggu hingga dua bulan

Gara-gara Typo, 12 "Bencana" Besar di Dunia Ini Terjadi
Kode-kode yang ada pada komputer seharusnya dituliskan dengan teliti. Sebab salah pada satu angka atau tanda baca saja bisa mengubah segalanya. Inilah yang terjadi pada saluran telekomunikasi di Baltimore, Amerika Serikat pada 1991. 
Petugas membuat kesalahan ketik sehingga jutaan orang kehilangan akses terhadap teleponnya selama dua bulan. Mengutip Ranker, setelah ditelusuri ternyata petugas salah mengetikkan “D” menjadi “6”. Entah apakah ini disengaja atau tidak, karena letak kedua karakter tersebut di keyboard cukup jauh. 


10. Kasus salah ketik yang “mengubah” kedudukan peraturan Indonesia

Tak hanya di dunia internasional saja, hal yang serupa tampaknya sering terjadi di Indonesia. Khususnya di dunia politik. Kasus typo paling baru adalah draft Omnibus Law yang diklaim mengalami salah ketik. 
Pasal 170 Omnibus Law RUU Cipta Kerja menyebutkan bahwa Peraturan Pemerintah (PP) dapat mengubah Undang-undang (UU). Padahal posisi UU lebih tinggi daripada PP. Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan bahwa ini hanyalah salah ketik. Akan tetapi saltiknya cukup jauh, ya?


11. Kesalahan ketik di salinan Alquran
Gara-gara Typo, 12 "Bencana" Besar di Dunia Ini Terjadixels.com/Tayeb Mezahdia
Kitab suci sesuatu yang sakral dan tidak bisa diganti dengan semena-mena karena menyangkut pedoman hidup banyak orang. Itulah kenapa tak boleh ada kesalahan ketik sedikit pun saat membuat salinannya. 
Persoalan ini pernah terjadi pada tahun 1991 di Kuwait. Parlemen negara tersebut mengeluarkan mosi tidak percaya kepada raja Kuwait, Sheikh Jaber al-Ahmad.
Ini terjadi karena salinan Alquran yang dibuat oleh pemerintah memiliki kesalahan ketik di beberapa bagian. Anggota parlemen dan masyarakat menduga bahwa sang raja berniat mengubah isi kitab suci mereka. 


12. Uniknya, Google mendapatkan banyak uang dari typo yang kita buat di mesin pencari

Gara-gara Typo, 12 "Bencana" Besar di Dunia Ini Terjadi9


Kamu pasti sering membuat typo saat mencari suatu istilah di Google, kan? Ternyata hal ini adalah salah satu sumber penghasilan untuk perusahaan teknologi tersebut, lho!
Menurut studi dari Harvard, Google setidaknya menghasilkan penghasilan US$497 juta (Rp7 triliun) per tahun akibat kesalahan ketik pengguna. Ini terjadi karena ketika pengguna membuat typo, mereka akan dialihkan ke situs-situs yang sengaja dibuat untuk menampung kesalahan tersebut. 
Situs tersebut dikenal sebagai “typo-squatting” dan ternyata mereka membayar biaya iklan yang cukup besar kepada Google. 
Kasus-kasus yang disebutkan di atas menjadi bukti bahwa kesalahan ketik atau typo kecil bisa mengubah segalanya dan bahkan menyebabkan kerugian yang besar. Maka dari itu, mulai sekarang biasakan untuk cek ulang apa yang kamu tulis, ya!




Spoiler for Sumur:


Diubah oleh afreedaorella
kasus lem aibon bukan typo tapi ketangkep basah mau korupsi emoticon-Big Grin
profile-picture
afreedaorella memberi reputasi
untungnya ketangkep basah
coba kalo ketangkep kering






GIF
profile-picture
afreedaorella memberi reputasi
yang ngetik pasti ngantuk, makanya kalo kerja jangan di forsir
profile-picture
afreedaorella memberi reputasi
fatal banget yang perusahaan saham, masa iya jadi 1 yen, tau gitu ane ikutan beli wkwkw
profile-picture
afreedaorella memberi reputasi
5,6 T gak salah ketik
emoticon-Cool
profile-picture
afreedaorella memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Oke bre.. gw komen dulu ya. ntar bacanya soalnya lagi nenenin temen dulu. emoticon-Smilie
profile-picture
afreedaorella memberi reputasi
bedain typo ama niat korup udh pada tau kan point brp 😄
profile-picture
afreedaorella memberi reputasi
Something feels sticky.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
afreedaorella memberi reputasi
horor juga yak cuma karena salah ketik aja roket bisa meledak
emoticon-Takut emoticon-Takut
profile-picture
afreedaorella memberi reputasi
Perkara typo ruginya trilyunan. emoticon-Matabelo


BATA ane gan. emoticon-Big Grin
profile-picture
afreedaorella memberi reputasi
kalo masalah aibon bukan typo lagi lah om.. itumah akal2an ahli ngeles aja yg bilan typo emoticon-Big Grin
profile-picture
afreedaorella memberi reputasi
konyol banget emoticon-Ngakak (S)

t dan y bersebelahan
profile-picture
afreedaorella memberi reputasi
nambahin,

1. salah ketik harga. Game assassin's creed unity yang harusnya ratusan ribu rupiah jadi Rp 28 saja di steam.

2. Beberapa hari yang lalu di pasar modal, diperkirakan investor luar negeri salah pencet. Maunya sell tapi malah buy di harga Rp 2.380 kerugian diperkirakan milyaran rupiah.
profile-picture
afreedaorella memberi reputasi
Emang typo itu walaupun kecil tapi membahayakan, terutama soal duit-duitan wkwkw
profile-picture
afreedaorella memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di