CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tetap Menjaga Silaturahmi di Tengah Pandemi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef47623a727682c214da266/tetap-menjaga-silaturahmi-di-tengah-pandemi

Tetap Menjaga Silaturahmi di Tengah Pandemi

Tetap Menjaga Silaturahmi di Tengah Pandemi
Pada tahun 2020 ini, kita mengalami pertama kali merayakan hari raya idul fitrih di tengah pandemi virus, yaitu virus corona. Biasanya idul Fitri di indonesia identik dengan silaturahmi dengan para saudara-saudara dan para tetangga. Biasanya, silaturahmi dijalin dengan cara saling mengunjungi rumahnya. Selain bermaaf-maafan, momen ini juga sangat penting untuk mempererat tali persaudaraan dengan anggota keluarga yang jarang sekali kamu temui karena jarak atau kesibukan pekerjaan dan lainnya.
Menjalin hubungan baik dengan sesama manusia merupakan salah satu  ketakwaan seorang hamba terhadap Allah. Banyak hikmah dan manfaat silaturahmi yang dapat kita dipetik. Silaturahmi bisa menjadikan seorang hamba semakin mendekatkan diri ke Tuhannya, silaturahmi juga dapat memperluas rezeki kita. Silaturahmi bisa di bilang salah satu kunci masuk surga. Sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA ia berkata: Rasulullah SAW bersabda:
” مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ, وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلآخِرِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ “
“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maha hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”
Namun pada idul fitrih kemarin kita tidak dapat melakukan kegiatan kegiatan bersilaturahmi ke saudara saudara dan para tetangga dengan mengunjungi rumahnya atau sebagaimana idul fitrih sebelum sebelumnya. Karena adanya pandemi virus corona ini yang membuat segala hal yang berkontaks langsung sangat di batasi untuk membunuh penyebaran virus.  Pemerintah menerapkan aturan untuk tidak keluar rumah dan juga melakukan social distancing jikalau memang terpaksa untuk keluar, atau bisa di sebut pemerintah menerapkan PSBB.
Pasti banyak dari kalian tidak dapat melakukan silaturahmi terhadap saudara saudara kita yang jauh atau di luar daerah, Meskipun begitu, kita dapat tetap bisa menjalin silaturahmi saat ini di tengah pandemi ini. Ada begitu banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjalin silaturahmi kepada keluarga dan sahabat. Berikut ada beberapa cara untuk bersilaturahmi dengan anggota keluarga dan sahabat saat menerapkan social distancing.
Yaitu Menggunkan fitur-fitur media sosial untuk menjaga silaturahmi.
1.     Chat Personal
Tetap Menjaga Silaturahmi di Tengah Pandemi
Di tengah pandemi ini, kita dapat menjaga silaturahmi dengan cara tetap menghubungi  para saudara dan teman teman kita menggunakan media sosial. Kita bisa menghubungi mereka dengan cara menge chat secara personal, karena jika chat secara personal bisa menjaga privasi antara pengguna. Dan hubungan bisa terjalin lebih akbrab.
2.     Grub Chat
Tetap Menjaga Silaturahmi di Tengah Pandemi
Jika untuk fitur ini, kita bisa bersilaturahmi dengan cara ramai-ramai dengan menggunakan media sosial, contohnya saja grub chat keluarga besar atau juga grub chat para alumni atau rekan rekan kerja, atau teman teman sekolah. Lewat grub chat ini hubungan antara keluarga, saudara dan teman teman bisa lebih terasa harmonis, karena kita dapat melakukan silaturahmi secara ramai-ramai
3.     Telfon
Tetap Menjaga Silaturahmi di Tengah Pandemi
Jika kita tidak puas hanya menggunakan pesan sebagai ajang silaturahmi, kita bisa menggunakan media sosial untuk menelfon. Karena jika kita menelfon kita bisa mendengar secara langsung suara dari para sudara dan juga teman teman, dan rasa silaturahmi kita bisa semakin menjadi akrab.
4.     Video call
Tetap Menjaga Silaturahmi di Tengah Pandemi
Nah kalau vitur yang ini adalah fitur yang paling di rekomendasikan. Karena pada fitur kali ini kita bisa mendengar dan melihat orang atau saudra-saudara kita melalui smartphone kita. Di tambah lagi sekarang media sosial banyak yang sudah melakukan update. Jadi kita bisa melakukan yang namanya grub video call. Nah grub video call ini kita bisa menelfon para saudara lebih dari satu. Kita dapat melihat secara langsung mereka dari layar smartphone kita secara bersama sama atau ber ramai-ramai.
Mungkin itulah beberapa cara tetap menjaga silaturahmi di tengah pandemi virus corona ini. Janganlah memutus tali silaturahmi, apalagi kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri, karena kita adalah makhluk sosial. pada akhirnya kita harus ingat bahwa untuk kesekiankalinya dalam sejarah, teknologi benar-benar membuat orang-orang lebih mudah untuk terhubung dan menjaga silaturahmi dengan sesama. Jangan lupa tetap ikuti prosedur dan aturan pemerintah. Stay at home dan selalu memakai masker dan gunakan handsanitiser
Diubah oleh aguswijayanto07


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di