CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Cara mendeteksi matic mobil
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef47183337f934c5334355f/cara-mendeteksi-matic-mobil

Cara mendeteksi matic mobil

Cara mendeteksi matic mobil
Transmisi Matic Livina
Cara mendeteksi matic mobil sebetulnya tidak begitu sulit untuk merawat transmisi mobil dengan jenis transmisi matic / otomatis .
Beberapa hal yang wajib diperhatikan untuk merawat transmisi mobil kesayangan anda
Pertama selalu perhatikan pergantian oli matic anda secara berkala ( biasa sekitar 5000km – 10.000km ) jika sudah mencapai lebih dari 35.000km ada baiknya anda menguras atau flushing oli matic di transmisi anda jangan lupa memilih oli sesuai dengan spesifikasi matic mobil anda CVT maupun non CVT tergantung jenis dan merk mobil anda . Jika sudah mencapai 100.000km ada baiknya engganti filter oli matic ( tergantung di jenis kendaraan ada yang bisa diganti ada juga yang tidak bisa diganti ).
Kedua perhatikan cara membawa kendaraan anda jika sampai lampu merah ataupun macet usahakan gigi pada posisi netral ( N ) atau jika lama menunggu teman atau keluarga maupun penumpang lainnya usahakn posisi gigi di parking ( P ) , hal ini sangat penting untuk memperpanjang umur matic anda.
Ketiga jika mobil dalam posisi menanjak dan dirasakan tenaganya kurang ada baiknya mengganti posisi gigi di Drive 3 ( D3 ) sampai Drive 1 ( D1) tergantung tingkat menanjaknya .
Keempat Jika posisi anda dalam turun gunung atau menurun ada baiknya posisi gigi tetap di Drive ( D ) jangan di netral ( N ) karena transmisi matic tidak di desain gigi netral untuk berjalan jauh atau lama ini jika dipakai di netral ( N ) akan menyebabkan gigi matic anda rontok yang pada akhirnya harus di overhaul atau diganti ( untuk hal ini mesinmobil.id juga menyediakan parts matic J )
Kelima cek berkala sendiri untuk performa matic anda dengan cara pada saat parker pindahkan ke gigi reverse ( R ) lalu tahan sambil injak rem dan lepas perlahan jika ketika anda lepas pedal rem posisi mobil berjalan normal tanpa ada delay sedikitpun atau Hentakan ( seperti bunyi jedug ) berarti kondisi matic mobil anda masih baik begitupula lakukan dengan posisi Drive ( D ) anda siap untuk berpergian sampai keluar kota .
Demikian sedikit tips dari mesinmobil.id untuk perihal cara memilih mesin mobil anda





GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di