CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bareskrim Ungkap Modus Penyelundupan 159 Kg Sabu Jaringan China
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef4603182d49527a86436f2/bareskrim-ungkap-modus-penyelundupan-159-kg-sabu-jaringan-china

Bareskrim Ungkap Modus Penyelundupan 159 Kg Sabu Jaringan China

Bareskrim Ungkap Modus Penyelundupan 159 Kg Sabu Jaringan China

Rilis Bareskrim Polri soal gagalkan penyelundupan sabu dari jaringan China Rilis Bareskrim Polri soal penggagalan penyelundupan sabu dari jaringan China (Yogi/detikcom)

Kamis, 25 Jun 2020

Jakarta - Polisi mengungkap modus penyelundupan narkotika jenis sabu dan ekstasi yang dikirim dari China. Narkoba itu diselundupkan melalui jalur Thailand, Malaysia, hingga masuk ke Indonesia dan disamarkan dengan dicampurkan dengan komoditas bahan pokok.



"Sindikat internasional yang kita ungkap adalah jaringan dari China. Ini kelompok jaringan golden triangle. Jadi jaringan China yang masuk lewat jalur Thailand, Malaysia, dan ke Indonesia," kata Sigit dalam keterangan persnya di gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (25/6/2020).


Dia menyebutkan narkotika tersebut akan dikirimkan dengan modus disamarkan dan dicampur dengan bahan pokok. Barang itu akan dikirim melalui jalur darat.

"Dari hasil pengungkapan ini, sabu ini akan dikirim di tengah situasi COVID-19 melalui jalur darat dengan disamarkan lewat komoditas transportasi dan dicampur dengan komoditas bahan pokok untuk mengelabui petugas," katanya.

Sigit mengatakan operasi pengungkapan peredaran narkoba tersebut dimulai sejak 27 Mei lalu. Dari operasi tersebut, pihaknya mendapati satu orang pelaku tengah melakukan transaksi penerimaan sabu seberat 35 kg.

"Kegiatan ini kita mulai dari Mei 2020, tepatnya 27 Mei, pada saat kita mendapat informasi akan ada pengiriman barang narkotika. Kita mendapatkan seorang pelaku dengan inisial ES sedang menerima narkotika jenis sabu seberat 35 kilogram," jelasnya.

Setelah dilakukan pendalaman, Sigit mengatakan pada 18 Juni pihaknya kembali menangkap satu orang pelaku lainnya dengan inisial SD dengan didapati barang bukti 5 kilogram sabu, 3.000 butir ekstasi, dan 300 butir pil H5. Dia menjelaskan para pelaku tersebut ternyata memiliki jaringan dengan sindikat internasional yang berdomisili di Malaysia.

"Kita melakukan pendalaman dan mereka berhubungan dengan sindikat internasional Mr X yang berdomisili di Malaysia," imbuhnya.

Sigit menambahkan, dari keseluruhan rangkaian operasi pengungkapan yang telah dijalankan, pihaknya berhasil mengamankan narkotika jenis sabu seberat 159 kilogram, 3.000 butir pil ekstasi, hingga 300 butir pil H5.

Lebih lanjut Sigit mengatakan, dari keberhasilan pengungkapan kasus peredaran narkoba ini, pihaknya mengaku berhasil menyelamatkan setidaknya 640 ribu orang dari bahaya narkotika.

"Dengan demikian, apabila kita hitung dari jumlah penangkapan ini, kita berhasil menyelamatkan 640 ribu orang dari bahaya narkoba," pungkasnya.

https://m.detik.com/news/berita/d-50...jaringan-china

Polisi dan Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 159 Kg Sabu Jaringan Indonesia-China

Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri menggagalkan penyelundupan narkotika sebanyak 159 kg sabu, 3.000 butir ekstasi dan 5.300 butir H-5 jaringan internasional. Penyelundupan dilakukan di tengah laut antar kapal ke kapal.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit mengatakan, penangkapan merupakan rangkaian dari Operasi Halilintar 2020 Polri yang berkerjasama dengan Bea dan Cukai. Penangkapan sindikat ini diawali pada 27 Mei 2020 disebuah bengkel las di Kota Bekasi.


"Kita dapatkan pelaku yang saat itu sedang transaksi dengan inisial ES menerima penyerahan barang narkotika di bengkel dengan total 35 kg," kata Listyo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Kamis (25/6/2020).

Kemudian mengembangkan kasus tersebut dan berhasil menangkap tersangka berinisial SD yang berperan sebagai kurir. SD ditangkap di sebuah jalan di Pekanbaru Riau dengan barang bukti 5 kg sabu, 3.000 butir ekstasi dan 300 butir H-5.


Setelah dilakukan pendalaman, narkotika itu berasal dari negara Cina dengan proses transaksi ditengah laut di perairan Indonesia tepatnya di Aceh. Jaringan ini ternyata memiliki anggota yang masih ditahan disalah satu lapas termasuk anggota yang berada di luar negeri.

"Kita melakukan pendalaman dan kita dapat informasi mereka berhubungan dengan Mr X yang berdomisili di Malaysia. Kita dapati Mr X ini berhubungan dengan saudara A yang ada di lapas. Dari situ kami ikuti dan didapat informasi ada pengiriman secara ship to ship," kata Listyo.

Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan setelah mendapat informasi dari pihak kepolisian, pihaknya bersama Polri melakukan patroli laut untuk mencari kapal target dari sindikat ini. Ketika melakukan patroli laut diperairan Peureulak, Aceh Timur polisi dan Bea Cukai mendapati kapal berbendera Indonesia yang mengangkut Narkotika.

"Dari analisa kasus-kasus terdahulu kita melakukan pendalaman dan disitu disimpulkan titik resiko menguat di perairan Aceh. Kita kirim kapal patroli untuk melakukan patroli dan berhasil menyergap satu kapal kayu," kata Heru.

Dalam kasus ini, total barang bukti narkotika yang berhasil diamankan Polri sebanyak 159 kg sabu, 3.000 butir ekstasi dan 5.300 H-5. Ada enam tersangka yang berhasil ditangkap dalam sindikat ini antara lain ES, SD, US, SY dan IR yang semuanya merupakan WNI.

Atas perbuatanya, para tersangka dikenakan Pasal 114 ayat 2 junto Pasal 13 ayat 2 UU RI nomor 35 tahun 2009 subsider Pasal 112 dan 115. Para tersangka terancam hukuman mati.


https://www.inews.id/news/nasional/p...ndonesia-china


Bareskrim Ungkap Modus Penyelundupan 159 Kg Sabu Jaringan China

"Harga narkoba di Indonesia luar biasa. Di China satu gram dijual seharga Rp20 ribu, di Iran Rp50 ribu. Sementara di Indonesia satu gram Rp1,5 juta. Dengan cara apapun mereka mau masukkan ke Indonesia," kata dia, pada diskusi Forum Merdeka Barat 9, di gedung Kementerian Komunikasi dan Informasi, Jakarta, Selasa (20/3).

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...arta-rp15-juta

Bareskrim Ungkap Modus Penyelundupan 159 Kg Sabu Jaringan China
https://m.liputan6.com/news/read/334...r-ke-indonesia

Bareskrim Ungkap Modus Penyelundupan 159 Kg Sabu Jaringan China
Bareskrim Ungkap Modus Penyelundupan 159 Kg Sabu Jaringan China
Bareskrim Ungkap Modus Penyelundupan 159 Kg Sabu Jaringan China
Itu kapal ikan multifungsi bener selain buat nyolong ikan buat transaksi narkoba... Spik spik jadi nelayan ikan ternyata lagi transaksi..

Dasar kaum tukang tipu parasit...
emoticon-Blue Guy Bata (L)

Menhan nya pecat aja nih gak guna banget jadi menhan..

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan nomorelies memberi reputasi
Diubah oleh .noiss.
Mereka mau merusak generasi bangsa iniBareskrim Ungkap Modus Penyelundupan 159 Kg Sabu Jaringan China
Diubah oleh trimusketeers
kalo di china harga 20k, di iran 50k tapi di indo 1.5m, berarti indo sukses banget dong menghadang narkoba sampe harga itu barang tinggi banget
emoticon-Cool
bahkan tanpa taktik tembak ditempat pinoy
Dari cina
Bersama cina
Untuk cina

emoticon-Ultah
sepertinya masih dapat page one

Bareskrim Ungkap Modus Penyelundupan 159 Kg Sabu Jaringan China

emoticon-DP emoticon-DP emoticon-DP
Lihat 1 balasan
]Iseng-iseng membawa Kebiasaan
Kebiasaan membawa Keburukan
Keburukan membawa Kecanduan
Kecanduan membawa Kematian
Hindarilah Narkoba !!!

kalau mau tegas....jangan pilih kasih
selain pengedar /bandar narkoba ditembak mati
sekalian juga tembak mati pecandu narkoba/pengguna narkoba itu

biar kapok tak ada lagi yg berani sentuh narkoba di indonesia

Pengguna Narkoba Indonesia Terbesar Di Asia!
https://www.kaskus.co.id/thread/5aa7...besar-di-asia/

tembak mati aja semua pengguna narkoba itu krn mrklah yg memesan narkoba masuk ke indonesia
bajingan pengguna narkoba itu pikir bisa bebas cuma direhab
dan play victim salahkan pengedar narkoba & produsen narkoba[
Jakarta - Polisi mengungkap modus penyelundupan narkotika jenis sabu dan ekstasi yang dikirim dari China. Narkoba itu diselundupkan melalui jalur Thailand, Malaysia, hingga masuk ke Indonesia dan disamarkan dengan dicampurkan dengan komoditas bahan pokok.


Bareskrim Ungkap Modus Penyelundupan 159 Kg Sabu Jaringan China

lagi ngetrend penyamarannya. emoticon-linux
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan .noiss. memberi reputasi
buset , gede banget ya ?
hukumannya ringan lagi disini , gimana mereka nggak mau pasarin disini ?
Jd mahal karna ilegal kasih suap sana-sini, dulu saat masih nakal pernah langkah saat dipegang kapolri kumisan lupa namanya 1g capai 2juta itupun aku bisa dpt dari anak kejati
profile-picture
putrateratai.7 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
tinggal bilang saya pancasila saya jongos cina besok kasus langsung dibilang penangkapan tidak sengaja.......
profile-picture
putrateratai.7 memberi reputasi
penjahat emang banyak akal akalan moneytnya tapi polisi kita harus one step ahead dari akal akalan monyet mereka bro wkwk
profile-picture
putrateratai.7 memberi reputasi
hukum mati aja.. ga tau org lagi pada susah.. emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
putrateratai.7 memberi reputasi
yang baru datang itu ya? 🤔
profile-picture
bintangfairing memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di