CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Photography /
Katakan Selamat Tinggal Pada Olympus!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef45df65cf6c46c0a2a0dc3/katakan-selamat-tinggal-pada-olympus

Katakan Selamat Tinggal Pada Olympus!

Katakan Selamat Tinggal Pada Olympus!

Siapa sih yang tak kenal kamera dengan merk Olympus?

Agan dan Sista yang terjun di bidang photofrapgy dan videography pasti sudah tak asing lagi kan dengan brand asal Jepang yang satu ini?

Yap! Tentu saja sudah tak asing, pasalnya Olympus sudah lama terjun di industri kamera, tepatnya sudah 84 tahun. Tapi sayangnya mulai saat ini Agan dan Sista ga akan pernah lagi menemukan produk-produk terbaru dari Olympus, karena saat ini perjalanan Olympus di industri kamera kandas.

Katakan Selamat Tinggal Pada Olympus!

Setelah 84 tahun menghiasi industri kamera dengan produk-produknya yang cukup terkenal, Olympus pun memutuskan untuk berhenti dari bisnis kamera dengan menandatangani nota kesepahaman divisi kamera pada 30 September 2020 mendatang dan menjualnya kepada Japan Industrial Partners (JIP), sebuah perusahaan yang juga pernah mengakuisisi bisnis PC VAIO Sony pada tahun 2014 lalu.

Katakan Selamat Tinggal Pada Olympus!

Keluar dari Industri kamera tidak menandakan bahwa produk yang dihasilkannya jelek loh, karena Olympus merupakan salah satu brand kamera yang cukup terkenal. Kamera pertama yang dirilis oleh Olympus merupakan Semi-Olympus I dengan lensa Zuiko pertama pada tahun 1939. Produk-produk kameranya juga semakin dikenal dari tahun ke tahun, khususnya saat tahun 1959 ketika Olympus mengelurkan kamera populer.

Katakan Selamat Tinggal Pada Olympus!

Tapi ternyata kepopuleran Olympus tak bertahan selamanya, meski pernah jadi brand kamera yang cukup terkenal, pada beberapa tahun belakangan ini Olympus justru mengalami krisis karena kamera-kamera pada smartphone yang sudah sangat canggih. Kecanggihan kamera smartphone ini lah yang membuat banyak orang tak perlu lagi membeli kamera profesional sehingga membuat pasar Olympus merosot jatuh. Fenomena inilah yang akhirnya membuat Olympus keluar dari bisnis kameranya. Meskipun Olympus sudah menerapkan berbagai langkah untuk mengatasi pasar kamera yang anjlok karena kehadiran kamera smartphone yang canggih, nyatanya upaya-upaya yang dilakukannya tersebut tak membuahkan hasil.

Hmm, itu dia GanSis sedikit cerita tentang alasan Olympus tak lagi terjun di industri kamera. Agan dan Sista ada yang pernah menggunakan kamera ini ga? Tipe Olympus apa nih yang pernah kalian punya?



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 38 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Sebagai pengguna Olympus, yang bisa dibilang agak setia, berita ini bikin 'sedih', tapi buat ane pribadi tidak terlalu mengejutkan.
Sedih karena banyak kenangan, ane sempat pakai OM film (dijual), 4/3 DSLR nya(masih ada, beli 2006an), sampai terakhir m4/3 Pen (dijual) and OMD (masih ada, beli 2014an). Setia ye .... tu avatar ane si rina suzuki lagi pake Oly Pen emoticon-Big Grin
Tidak mengejutkan karena, ya memang Oly sebagai company kecil dibandingkan kompetitor, bahkan dibandingkan saudaranya si Pany.
Secara market, dulu not that bad setau ane kalau di negara asalnya terutama Pen, di luar Jepun mungkin kalah dibandingkan brand lain. Namun semua tergerus sama smartphone sekarang. Trend DSLR dan mirrorless tidak se-hype 5-7 tahun kebelakang. Pasar perkameraan memang mengecil, dan Oly pertama yang menyerah.

Ngga tau nanti kedepannya bagaimana, apa Oly benar2 hilang atau seperti Pentax yang dimiliki Ricoh. Diambil Pany atau yang lain? Karena secara teknologi Oly one of the best menurut ane sih, the best IBIS right now, live composite, Zuiko termasuk lensa terbaik.

Thank you & Goodbye Olympus emoticon-Motret

Katakan Selamat Tinggal Pada Olympus!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 40 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
thank you for the great memories 😇😇
olympus has fallen emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Pazonda95 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
bye bye dah
waduhh, padahal ni kamera cukup keren lah fiturnya
kalah sm filter
profile-picture
profile-picture
77665.123456 dan bangjessie memberi reputasi
persaingan ya
Kalau olympus ada di Indonesia pasti pada ramai2 kumpul di depan pabrik....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
swatoke dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Udah ane duga sih brand yang satu ini
*btw tadinya ane kira olympus yang brand furniture itu emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anugerahn dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskuslank
Lihat 8 balasan
persaingan semakin ketat
kalahbama kamera 360 emoticon-Cape d...
Selamat tinggal olympus. Merk kamera pertama yang keluarga ane miliki di tahun 1999. emoticon-norose



BATA ane gan. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ahiakahiak dan 17 lainnya memberi reputasi
legend nih, bokap pernah punya nih.
Alasan kalah karena pasar tergerus smartphone, keknya kurang tepat. Kalau kalah saing sama brand lain ya jelas aja sih. Ketika brand lain ngeluarin "pop camera" atau kamera yang ditunjukan buat newcomer/anak muda yang bisa "klik" sama sosial media mereka seperti Fujifilm XA series, Sony Alpha series, Canon M series, Lumix DMC-G series. Olympus masih berpegang teguh sama "old style" dan kamera "berat" mereka.
profile-picture
aripmaulana memberi reputasi
Lihat 5 balasan
olympus has fallen

profile-picture
profile-picture
vampsvamps dan luxun34 memberi reputasi
Diubah oleh GadingPutih
ane punya kamera digital mini nya gan, murah dan gambar nya bagus pada masa nya
Andai kamera Oly ini jahat sejahat kamera swafoto ponsel, mungkin dia akan tetap bisa bertahan. Kamera yg ditawarkan ponsel, dg resolusi besar pun akan kalah dengan kamera jahat swafoto.
Emang dia mau kemana?
masih nyimpen 1 camdig olympus
kalo brand olympus punah, bisa jadi barang antik nih
Padahal keren kamera Olympus. emoticon-Motret
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di