CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Praperadilan Ruslan Buton Ditolak, Pengacara: Hakim Tutup Mata
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef42d83a2d1957bd51bd960/praperadilan-ruslan-buton-ditolak-pengacara-hakim-tutup-mata

Praperadilan Ruslan Buton Ditolak, Pengacara: Hakim Tutup Mata

Praperadilan Ruslan Buton Ditolak, Pengacara: Hakim Tutup Mata

Suara.com - Tim kuasa hukum Panglima Serdadu eks Trimatra, Ruslan Buton kecewa dengan putusan hakim tunggal dalam sidang putusan gugatan praperadilan yang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (25/6/2020).

Menurut mereka, hakim abai akan putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 21//PUU-XII2014 terkait dua alat bukti dalam menetapkan seseorang sebagai tersangka.

Kuasa hukum Ruslan Buton, Tonin Tachta mengatakan, hakim tunggal Hariyadi tutup mata dengan alasan yang disampaikan dalam persidangan. Untuk itu, Tonin menyimpulkan jika hukum tidak diakui di pengadilan.

"Hakim tutup mata dengan hal itu dengan alasan yang macam-macam tadi. Jadi dengan begini hukum tidak diakui di pengadilan. Kalau di pengadilan tidak diakui mau di mana lagi? Jujur kami sebagai pengacara sangat kecewa dengan putusan ini," kata Tonin seusai persidangan di PN Jakarta Selatan.

Selain itu, Tonin kembali menyinggung ihwal pemeriksaan sebagai calon tersangka yang tidak diterapkan pada Ruslan Buton. Menurutnya, keadilan sudah tidak tegak berdiri dalam kasus yang merundung pecatan TNI tersebut.

"Memang tidak ada pemeriksaan calon tersangka, ya dibebasin dong. Kalau gitu besok-besok orang main tangkap saja langsung tersangka. Dimana keadilan itu," katanya.

Diketahui, hakim Tunggal Hariyadi dalam pembacaan putusan menolak permohonan gugatan prapreradilan itu.

"Mengadili, satu menolak permohonan praperadilan pemohon untuk seluruhnya," ujar hakim Hariyadi saat membacakan putusan di ruang sidang utama PN Jakarta Selatan.

Hakim meniai jika penetapan status tersangka terhadap pecatan TNI tersebut telah sesuai dengan prosedur. Dia juga menyebut, penetapan tersangka juga telah memenuhi dua alat bukti yang sah.

"Hakim menyimpulkan penetapan tersangka telah memenuhi dua alat bukti yang sah," katanya.

https://www.suara.com/news/2020/06/2...eadline_home_1

Bicara keadilan bagaimana dengan kasus penganiayaan hingga berbuntut kematian oleh RB cs hanya karena harga cengkeh 20 rebu dan di putus hanya menjalani hukuman 2 tahun oleh pengadilan.
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 37sanchi memberi reputasi
sampe kliennya bebas bersyarat/tanpa syarat pasti pengacara akan bilang hakim dan pengadilan itu tidak adil, memang sudah jobdesknya dia begitu emoticon-Cool
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Diubah oleh suramonly
msh bagus hakim cuma tutup mata ama alasan yg macam2
lah klo ama bokap gw mah ditempeleng klo pake alasan macam2
emoticon-Leh Uga
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di