CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bagai Kisah Fiksi, Napi Pembunuh Pecahkan Soal Matematika Kuno
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef428ee2525c35a431f3cc7/bagai-kisah-fiksi-napi-pembunuh-pecahkan-soal-matematika-kuno

Bagai Kisah Fiksi, Napi Pembunuh Pecahkan Soal Matematika Kuno

Bagai Kisah Fiksi, Napi Pembunuh Pecahkan Soal Matematika Kuno


Quote:


Banyak orang bakal menganggap kisah ini merupakan cerita fiksi apabila diangkat menjadi sebuah film Hollywood. Namun, apa yang dialami Christopher Havens membuktikan kenyataan bisa lebih aneh dari fiksi.

Christopher Havens merupakan pria berusia 40 tahun asal AMerika Serikat, yang kini harus mendekam di penjara dekat kota Seattle lantaran terlibat kasus pembunuhan.

Menyadur Deutsche Welle, kehidupan Havens sudah suram sejak muda. Dia dikeluarkan dari sekolah, tidak bisa menemukan pekerjaan, menjadi pecandu narkoba, hingga akhirnya terlibat pembunuhan.

Havens dijatuhi hukuman 25 tahun penjara atas perbuatannya. Saat ini dia baru menjalani masa hukuman 9 tahun, dan masih memiliki sisa waku 16 tahun lagi di jeruji besi.

Namun, dalam hidupnya yang muram, Havens masih mampu memancarkan cahaya lewat hasratnya pada matematika. Ya, dia mengejutkan banyak pihak lantaran mampu memecahkan soal matematika kuno yang bahkan seorang profesor tak mampu memecahkannya.

Semua berawal saat Havens ingin mengubah hidupnya jadi lebih baik. Dia mulai belajar dasar-dasar matematika hingga ke level yang lebih kompleks di penjara.

Para sipir pada awalnya tidak membiarkan Havens mendapatkan buku-buku matematika pesanannya. Namun, Havens akhirnya diizinkan punya buku-buku itu dengan syarat mau mengajar matematika kepada tahanan lain.

Havens yang mulai fasih dengan matematika dasar, tidak puas dan ingin mendapat soal-soal yang lebih sulit. Dia pun mengirim surat kepada penerbit matematika dan meminta beberapa edisi Annals of Mathematics, jurnal terkenal di lapangan.

Quote:


Dalam suratnya, Havens menulis bahwa angka telah menjadi misi baginya. Dia memutuskan untuk menggunakan waktu di penjara demi meningkatkan kapastias diri.

Seorang editor di Mathematica Science Publisher mengirimkan surat dari Havens ke rekannya, Marta Cerruti, yang pada gilirannya meneruskannya kepada ayahnya, profesor matematika Umberto Cerruti dari Turin, Italia.

Cerruti pada awalnya skeptis dengan surat itu. Namun, demi membantu putrinya, dia membalas surat Havens dan memberi soal untuk dipecahkan oleh narapidana pembunuh tersebut.

Secara ajaib, Havens berhasil memecahkan soal dari profesor Cerruti. Jawaban narapidana itu disebut sang profesor sangat akurat, alias benar.

Takjub dengan kemampuan Havens, Cerruti akhirnya memutuskan untuk mengundang sang narapidana demi membantunya menyelesaikan soal matematika kuno yang dirinya sendiri tak mampu menemukan jawabannya.

Dengan hanya menggunakan pena dan kertas, Havens bermain-main untuk sementara waktu dengan masalah dari teori bilangan yang melibatkan apa yang disebut pecahan berkelanjutan, yang telah dilakukan ahli matematika Yunani kuno, Euclid.

Dan seperti cerita fiksi, Havens memecahkan teka-teki matematika kuno dan untuk pertama kalinya menemukan beberapa keteraturan dalam perkiraan sejumlah besar angka.

Cerruti membantu Havens merumuskan bukti dengan cara yang benar secara ilmiah, dan beberapa bulan kemudian, pada Januari 2020, keduanya menerbitkannya di jurnal Research in Number Theory.

Apa yang dilakukan Havens sudah merupakan keberhasilan besar. Namun lebih dari itu, pencapaiannya membuat penjara tempatnya mendekam terinspirasi untuk membuat klub matematika bagi para tahanan.

Kini, setiap tanggal 14 Maret, 14 rekan tahanan di klub akan merayakan "Hari Pi", yang namanya diambil berdasarkan konstanta matematika terkenal yang sering diperkirakan sekitar 3,14.

"Dia merasa bahwa mengerjakan matematika adalah cara baginya untuk membayar hutang kepada masyarakat," ujar Marta Cerruti.


SUMUR:
https://www.suara.com/news/2020/06/2...atematika-kuno
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BB.Corner dan 54 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Bilangan Pi =3,14 atau 22/7

Tanpa googling ada yg tau itu angka dapet darimana???

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
loocos.drunk dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 28 balasan
beda ya kelakuan sama napi penista
profile-picture
profile-picture
profile-picture
666lucifer89 dan 25 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Shawshank redemption emoticon-Matabelo

Sebentar lagi dia bakal menggali tembok penjara dan kabur membawa tunjangan pensiun milik kepala sipir emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Seperti film Good Will Hunting. Tukang cleaning service yang punya bakat terpendam dalam matematika yang melebihi profesor matematika

Para napi ketimbang nganggur belasan tahun di dalam bui, mending iseng-iseng saja asah otak ngerjain teka-teki matematika, siapa tahu nggak sengaja bisa mecahin setelah ngerjain selama beberapa tahun. Profesor-profesor matematika biasanya nggak punya banyak waktu luang buat mecahin teka-teki tersebut, mereka sibuk ngajar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zimbenk dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kampret.strez
Lihat 5 balasan
Perlu ngasih teka teki silang nih di penjara biar berguna atau kasih buku2 pelajaran dasar drpd nggak ada kerjaan di penjara.

Btw, salut, otaknya pasti aslinya pintar emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fira262 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
bakal jadi sejarah
profile-picture
rinso.biroe memberi reputasi
'Dia memutuskan untuk menggunakan waktu di penjara demi meningkatkan kapastias diri." bagus nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fira262 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalau di Indonesia adanya PA=212 sekumpulan manusia2 tolol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rocktrap dan 9 lainnya memberi reputasi
bakal dapet fasilitas lebih nih emoticon-Matabelo
coba kasi soal matematika

212 = K4dRuN

profile-picture
profile-picture
profile-picture
claverine dan 3 lainnya memberi reputasi
nyimak dulu gan..

Bagai Kisah Fiksi, Napi Pembunuh Pecahkan Soal Matematika Kuno
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doc1989 dan 2 lainnya memberi reputasi
amerika sebelah mananya planet mars tot? emoticon-Cape d...
Kalo di indo napi dikasih buku matematika malah dirobek robek kali ya bukannya dipelajari emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
claverine dan 2 lainnya memberi reputasi
wogh karna gabut nih
profile-picture
lizarazil memberi reputasi
wah hebat ya gak jauh beda ama napi teroris didalam bui terus mempelajari jihad dengan memperdalam cara membuat bom emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
g3nk_24 dan claverine memberi reputasi
Gue jadi penasaran dulu dia ngebunuh itu motifnya apa?

Jangan2 krn ga pernah nemu soal yg lebih sulit? atau jangan2 dia sering diledek terlalu pinter? emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan kaiharis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
cerdas nih faoet ilham otaknya
Jago logaritma dan aljabar pas SMA memanglah epic


tapi pernah ga sih lo

profile-picture
profile-picture
kaiharis dan robienrose memberi reputasi
Lihat 2 balasan
emang kalo di penjara kan sepi
bisa konsentrasi dia
profile-picture
profile-picture
bumibulat123 dan kaiharis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di