CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
[INFORMASI & PENGAJUAN] QRIS BCA SELURUH INDONESIA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef42578b41d3062af0d13b2/informasi-amp-pengajuan-qris-bca-seluruh-indonesia

[INFORMASI & PENGAJUAN] QRIS BCA SELURUH INDONESIA

Hi agan dan sista, welcome to my thread! ♥

Sebelum membahas lebih jauh mengenai QRIS, mungkin belum semua agan dan sista tau apa itu QRIS.

Quick Response Code Indonesian Standard atau disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan menggunakan QR Code (sumber: www.bi.go.id).

[INFORMASI & PENGAJUAN] QRIS BCA SELURUH INDONESIA

Dengan kata lain, QRIS serupa dengan GPN / NPG yang sebelumnya telah diluncurkan oleh BI, namun untuk pembayaran di mesin EDC.

Lah apa lagi itu gan GPN / NPG?

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) / National Payment Gateway (NPG) adalah sistem pembayaran yang terdiri atas standar, switching, dan services yang dibangun melalui seperangkat aturan dan mekanisme (arrangement) untuk mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran nasional.

Kenapa disebut QRIS itu serupa dengan GPN / NPG?

Pada dasarnya, sistem GPN / NPG memungkinkan 1 mesin electronic data capture (EDC) untuk menerima pembayaran dari berbagai jenis kartu.
Sebagai ilustrasi, toko A memiliki mesin EDC BCA, namun pembelinya ingin debet menggunakan kartu Mandiri. Jika dulu sebelum ada GPN / NPG, hal ini tidak dapat dilakukan karena kartu debet mandiri hanya bisa didebet di mesin EDC Mandiri, begitu pula dengan kartu debet BCA, hanya bisa didebet di mesin EDC BCA. Namun dengan adanya sistem GPN / NPG, kartu debet Mandiri jadi bisa didebet di mesin EDC BCA dan begitu pula sebaliknya kartu debet BCA dapat didebet di mesin EDC Mandiri. Hal ini tentu memudahkan dari sisi merchant, karena tadinya merchant harus memiliki banyak mesin EDC untuk memenuhi kebutuhan pembayaran pelanggan, namun sekarang cukup dengan 1 mesin EDC merchant tersebut dapat menerima segala macam pembayaran.

Bagaimana dengan QRIS?

[INFORMASI & PENGAJUAN] QRIS BCA SELURUH INDONESIA
Untuk 5 hal yang wajib kamu tahu tentang QRIS, dapat kalian baca di SINI!

QRIS memungkinkan merchant dapat menerima berbagai macam pembayaran metode scan, namun hanya dengan 1 barcode. Jika sebelumnya merchant membutuhkan barcode OVO untuk menerima pembayaran OVO, barcode Go-Pay untuk pembayaran Go-Pay, dan lain sebagainya, sekarang merchant cukup memiliki satu barcode standar BI (QRIS) untuk dapat menerima berbagai pembayaran baik itu dari OVO, Go-Pay, BCA Mobile, Sakuku, Dana, dan lainnya.

Saat ini BCA menyediakan 2 jenis fasilitas QRIS:
1. QRIS Statis
Untuk ilustrasi mudahnya, QRIS Statis dapat dibayangkan seperti stiker-stiker barcode yang ditempel di merchant. Konsumen hanya perlu scan barcode tersebut (terserah dengan apa saja: OVO, Go-Pay, Shoope Pay, dll), dan memasukan nominal sendiri. Kenapa disebut QR Statis? Karena barcode tidak akan berubah-ubah. Untuk dapat lebih memahami kenapa disebut statis, coba baca keterangan yang dinamis ya.
2. QRIS Dinamis
QR Dinamis sesuai dengan namanya, barcode pembayaran akan selalu berubah-ubah namun tetap dapat digunakan untuk pembayaran oleh semua platform seperti OVO, Go-Pay, dll. Kenapa bisa berubah? Karena barcode tersebut akan keluar dari mesin EDC BCA setelah kasir melakukan serangkaian tahap (memilih fitur QRIS, dan memasukan nominal), setelah itu struk barcode akan keluar dan konsumen akan scan dari barcode tersebut serta melakukan konfirmasi pembayaran. Konsumen tidak akan diminta untuk memasukan nominal pembayaran seperti di QRIS Statis, karena nominal pembayaran sudah diinput terlebih dahulu oleh kasir merchant.

Enaknya lagi, untuk agan-sista pedagang onlen, cukup mengirimkan foto barcode QRIS, konsumen agan bakalan bisa melakukan pembayaran dimanapun dia berada dan dengan menggunakan platform apapun (BCA mobile, OVO, Go-Pay).
Memang sih agak ribet, kalo pake OVO / Go-Pay berarti konsumen agan harus cari 1 HP lagi untuk menampilkan barcode, baru bisa discan. Namun kalo konsumen agan pake BCA Mobile, simpel banget kok karena gambar barcode dapat terbaca dari gallery pada menu QR di BCA Mobile.

Gimana? Simpel kan QRIS?

Nah, bagi agan-sista yang sedikit banyak atau mungkin tidak tercerahkan sama sama penjelasan ane, boleh kok nanya-nanya lebih lanjut mengenai pengajuan EDC BCA yang sepaket dengan QRIS Dinamis, atau bahkan hanya butuh QRIS Statisnya juga oke.

Mau agan pengajuan baru QRIS, atau udah punya EDC BCA dan tertarik tambah fasilitas QRIS juga bisa. Selama persyaratan yang diminta lengkap yaaa~

Apabila ingin berdiskusi agan-sista boleh comment di thread ini / DM ane / mau whatsapp juga boleh banget.

Ane dapat dihubungi di 082110051004 (WA only, fast respond mon - fri 08.30 - 17.30) apabila ingin pengajuan.
Untuk persyaratannya akan ane jelaskan lebih detail disana.

Pengajuan QRIS ini bersifat nasional, dan dapat dari wilayah mana saja (selama masih di Indonesia ya gan), tidak terbatas hanya di jabodetabek saja.


Diubah oleh trianatjen


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di