CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Seleksi PPDB Berdasar Usia. Saat Dirimu Terlalu Muda Untuk Belajar...
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef424f2f0bdb27c541e0b82/seleksi-ppdb-berdasar-usia-saat-dirimu-terlalu-muda-untuk-belajar

Seleksi PPDB Berdasar Usia. Saat Dirimu Terlalu Muda Untuk Belajar...

Seleksi PPDB Berdasar Usia. Saat Dirimu Terlalu Muda Untuk Belajar...

Nggak pernah habis rasanya berita pendidikan di negeri kita. Kali ini kita digemparkan lagi dengan surat keputusan kepala dinas pendidikan DKI jakarta nomor 501 tahun 2020 tentang petunjuk teknis PPDB tahun pelajaran 2020/2021.

Surat tersebut menerangkan proses penerimaan peserta didik baru atau PPDB yang mana salah sati prosesnya membuat orang tua tercengang.

Disana dituliskan bahwa seleksi dilakukanberdasarkan sistem zonasi dan afirmasi yang mana bila jumlah peserta di kedua jalur melebihi daya tampung maka akan dilakukan seleksi berdasarkan yang tertua hingga yang termuda. peraturan ini cukup membuat para orang tua kesal hingga melakukan demo. Padahal lagi new normal.
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...

Seleksi PPDB Berdasar Usia. Saat Dirimu Terlalu Muda Untuk Belajar...

Alasan utama para orang tua marah adalah karena seleksinya dilakukan berdasarkan umur dan bukannya nilai. ini jelas merugikan murid yang pintar namun tergolong muda.

Sederhananya begini, saat kita sekolah pasti ada kan perbedaan umur? Meski lahir di tahun yang sama tapi orang yang lahir di bulan januari dan bulan desember nyaris berbeda satu tahun. Nah, bila peraturan ini dijalankan maka yang akan diterima adalah yg lahir bulan januari dan yang lahir desember terancam tidak lolos seleksi hingga harus menunggu tahun depan atau masuk sekolah swasta.

Tentunya selalu ada alasan dibalik tindakan, meski tidak dibeberkan tapi kita bisa mengira ngira. Kenapa aturan ini diberlakukan? Alasan pertama yang hinggap di otak saya adalah kematangan emosional.

Seleksi PPDB Berdasar Usia. Saat Dirimu Terlalu Muda Untuk Belajar...

Pernah dengar anak belasan tahun sudah sarjana? Sekilas memang mengagumkan namun setelah itu apa? Meski pintar untuk bisa lulus cepat namun apakah kecerdasan emosionalnya cukup untuk menghadapi dunia kerja?

Banyak juga anak yang dipaksa untuk belajar hal hal yang sejujurnya masih diluar daya tangkap otaknya. Tekanan pembelajaran itu terkadang menimbulkan stress yang bisa mengganggu pertumbuhan si anak. Dengan dilakukannya seleksi berdasar usia diharapkan anak anak yang dirasa terlalu muda bisa mengambil break sejenak untuk mengembangkan kedewasaannya terlebih dahulu.

Okay, itu adalah alasan pro alias dukungan. Lalu bagaimana dengan alasan kontra alias sanggahan?

Saya ingin bertanya, memangnya apa jaminan umur dewasa = emosi yang matang?. Sering kita lihat anak kecil yang lebih dewasa dari bapak bapak dan banyak juga orang dewasa yang tingkahnya seperti anak kecil. Itu menunjukkan bahwa umur bukanlah patokan kedewasaan.

Seleksi PPDB Berdasar Usia. Saat Dirimu Terlalu Muda Untuk Belajar...

Jika memang si anak sanggup ya silahkan saja. Buat apa nganggur sekolah satu tahun kalau hasilnya sama saja? Justru itu menimbulkan rasa bosan dan sifat malas pada kaum muda.

***

Lalu apakah seleksi berdasarkan umur ini lebih banyak manfaat atau mudaratnya? Sulit untuk disimpulkan namun saya rasa lebih banyak mudaratnya.

Dimana mana kita diseleksi berdasarkan yang terbaik bukan yang oaling tua. Dunia kerja juga membutuhkan yang terbaik dan bukan yang ter tua. Bila sejak sekolah si anak sudah dibiasakan menggunakan seleksi berbasis umur maka akan jadi apa mereka di dunia berbasis kemampuan?

Jika ingin adil maka lakukanlah seleksi berdasarkan nilai dan bukannya umur, setidaknya dengan demikian para orang tua dan murid lebih bisa menerima.

Lalu, bagaimana menurut anda?

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 27 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Halaman 1 dari 4
saya sebagai anak kuliahan serin lg sekali melihat kakak tingkat yang sudah semester 12 masih mengambil mata kuliah mahasiswa baru. merasa sendiri di tengah maba itu rasanya nggak enak banget namun itulah seleksi berdasarkan kemampuan. bila berdasar usia dia pasti sudah lulus sejak lama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AndFairy dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
ane sih udah lulus jadi nggak peduli tapi seleksi berdasar usia? emoticon-Cape d... kasihan yang tanggal lahirnya buncit emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
mau sekolah keknya ribet banget sekarang, salah satu alasan gue males punya anak ya gini iniemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
nggak papa, sudah benar,
sekarang nggak lolos karena umur kan tahun depan tambah tua jadi makin besar peluang lolos.
sistem zonasinya aja yang salah soalnya lokasi sebaran sekolah tidak merata.
profile-picture
profile-picture
murayh0 dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 10 balasan
sudah betul itu, kalau yg tua kan lebih senior, lebih berpengalaman makan bangku, sudah banyak makan asam,
kalau yg muda kemungkinan masih nyubi, waktu sekolah dulu tangannya belum nyampe telinga.
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
murayh0 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
itu yg berdasar umur di sekolah negri bre kalo di swasta bebas, pemerintah memang mendahulukan yg tua dulu yg muda pengen cepet bisa ke swasta terserah mau swasta bagus apa jelek liat aja kantong masing2

ane setuju sekolah negri ga boleh ada yg favorit, kalo
mau favorit ya siapkan dompet ke swastaemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ih.sul dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Quote:


Apalagi ditengah membludaknya angka penduduk indonesia.
Kontrasepsi pilihan yg sangat baik dan bijak.
emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan schottkytheory memberi reputasi
kalo memandang zona dibagi bagi sesuai wilayah.. malwh tambah merepotkan. gak kayak dlu... kenapa sekarang harus dibuat ribet yaa
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
emoticon-Sundul
Ganti presiden dulu 4 taun lagi.
Dari partai merah akan selalu absurd aturan nya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
online.addict dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:

Quote:

Couldn't agree more

emoticon-Shakehand2
Zonasi aja udah terlalu berat loh ini, ditambah usia lagi. Kalo nambah syarat buat usia ini kek membatasi kemerdekaan buat belajar loh. Hadeh ada ada aja dah emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Setuju, Gan.
Ini kan kebijakan Anies dulu. Belum diganti ya?
emoticon-Sundul
untung ane udah lulus sekolah ya emoticon-Bingung nggak ngebayangin gimana pas jaman ane masih sekolah dulu sistem begini diberlakuakn bisa bisa ane telat masuk sekolah karena ane lahir dibulan buncitt
Gw gak paham deh. berarti yang sering gak naik kelas otomatis dapet sekolah bagus dong?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mintadiajak
Pendidikan tak kenal usia, kasihan aja sih....layak tidak layak nya diukur dari usia emoticon-Mewek
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
masa iya buat yg gak mampu ke swasta harus cuti sekolah dulu setahun ???
seharusnya dikasih kuota di masing2 sekolah, setiap sekolah nerima siswa/i yg umurnya lebih tua sekian murid, selebihnya buat yg berprestasi dan zonasi.
ponakan gw ama temen2nya juga pada bingung ngurus daftar ulang, nilainya lumayan bagus, tapi yg diterima yg lebih tua.
makanya klo belajar jangan rajin2 emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lah salah sendiri, ngapain anak ente masih umur 4-5 tahun udah disekolahin. Kan aturan masuk SD itu minimal 6 tahun atau kelahiran tahun segitu.

Note: Ini berlaku buat sekolah negeri, bukan swasta. Klo swasta, mau ente umur berapapun pasti diterima, karna swasta itu yg penting ada duit emoticon-Smilie



~Reddit mahok emoticon-fuck2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anjinggila666 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di