CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Supranatural /
Suanggi Ilmu Hitam dari Ende
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef41da9a2d1950cc13833c4/suanggi-ilmu-hitam-dari-ende

Suanggi Ilmu Hitam dari Ende

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan supernatural kaskuser sekalian...

Ilmu Suanggi ini mirip dengan Leak Bali. Jika sudah sakit hati dan dibakar dendam, pemilik ilmu ini tak akan segan membuat korbannya menderita dan mati mengenaskan. Tapi setinggi-tingginya dan jahatnya ilmu ini, ternyata ada penangkal dan cara mudah untuk membongkar kedok busuknya.

Ketika saya kunjungan di Ende, Nusa Tenggara Timur. Saya berjalan pergi ke pesantren walisanga di Ende kira-kira jam 10 pagi melewati kebun kemiri Ende , saya melihat seorang Ine (ibu-ibu dalam bahasa Ende) yang tergantung di pohon besar dengan posisi kaki diatas. Rambutnya menjuntai ke bawah hampir menyentuh tanah. Untungnya Ine tersebut diam saja karena kemungkinan dia sedang tidur.

Dalam kepercayaan masyarakat Ende, Ine yang bergantungan itu adalah seorang pemilik ilmu Suanggi. Tapi yang bergantungan di pohon itu disebut Suanggi Kesiana. Sebab umumnya Suanggi hanya keluar pada malam hari untuk mencari mangsa. Bisa jadi Ine itu adalah orang yang baru belajar ilmu Suanggi. Atau juga ada orang yang lebih tinggi ilmunya tengah memburunya hingga dia tak mampu menemukan jalan pulang dan terlambat menghindari sinar matahari.

Tapi bisa juga Suanggi Kesiana ini terjadi karena pelakunya salah baca mantera. Akibatnya dia tidak ingat lagi jalan pulang menuju rumahnya. Rumah tersebut mengacu pada wadah nyata alias tubuh jasmaninya. Kondisi ini dapat juga dipakai cara untuk mengenali orang-orang yang mempunyai atau mempraktekkan ilmu Suanggi ini.

Orang Ende percaya, jika pasangan suami istri tidur dengan posisi yang tak berubah dari awal, nampak seperti orang mati, maka bisa diduga orang tersebut memiliki ilmu Suanggi. Dan untuk membuktikan itu, saat tidur, rubahlah posisi tubuhnya. Pindahkan anggota tubuhnya, misalkan tangan atau kakinya. Jika ada laporan yang menyatakan melihat Suanggi Kesiana, bisa dipastikan dia adalah yang kita pindahkan anggota tubuhnya waktu tidur.

Karena umumnya saat di posisi berubah bentuk menjadi Suanggi, dia tak bisa lagi mencari tubuh jasmaninya karena telah berubah posisi. Sebab Suanggi hanya bisa kembali pada posisi dimana arwah meninggalkan raga mereka. Akibatnya dalam kepanikan, Suanggi kemudian masuk ke tubuh-tubuh lain. Orang lain yang dirasuki Suanggi itu disebut "Kesiana".

Secara umum gejalanya sangat mirip dengan orang kesurupan. Biasanya orang yang kesurupan itu akan jatuh sakit, bertingkah aneh dan meracau sembarangan. Namun yang punya ilmu lebih, orang kesurupan ini dapat menjadi sarana mencari informasi mengenai siapa yang punya ilmu hitam Suanggi ini. Dan bila kedoknya terbongkar, pemilik ilmu Suanggi ini akan segan, takut dan malu bila bertemu orang yang menanyakannya.

Suanggi ini diturunkan dari nenek kepada ibu, dari ibu kepada anaknya turun temurun. Jadi apabila dalam satu keluarga sudah ada yang memiliki ilmu hitam, anak cucunya akan kebagian. Ciri-ciri lain pemilik ilmu Suanggi ini, tidak akan tahan berada dirumah orang yang religius dan yang taat beribadah. Biasanya jika berkunjung ke rumah orang yang memiliki ornament atau hiasan religius, Suanggi akan mengaku gelap gulita meski bertamu pada siang hari. Orang itu akan kesulitan walau hanya mencari pintu keluar. Dan biasanya juga tidak akan betah berlama-lama dan ingin segera pergi dari rumah itu.


Wassalam...
profile-picture
profile-picture
5ilent4ngel dan nomorelies memberi reputasi
kisah penuh mistik seperti ritual kaya gini gue demen.
emoticon-Cendol Gan
Lihat 1 balasan
Mengerikan sekali, saya jadi ingat ketika sewaktu itu KKN di daerah NTT, banyak warga lokal menceritakan tentang suanggi yang menyeramkan.
Lihat 1 balasan
sungguh menarik pembahasan ilmu-ilmu supra nusantara


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di