CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jubir COVID-19: Pakai Masker Potensi Tertular 1,5%, Sayang Ada yang Tidak Patuh!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef41b6e68cc9576e60e91de/jubir-covid-19-pakai-masker-potensi-tertular-15-sayang-ada-yang-tidak-patuh

Jubir COVID-19: Pakai Masker Potensi Tertular 1,5%, Sayang Ada yang Tidak Patuh!

Jubir COVID-19: Pakai Masker Potensi Tertular 1,5%, Sayang Ada yang Tidak Patuh!

INDUSTRY.CO.ID - Jakarta, Juru bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa saat ini penularan COVID-19 masih cukup tinggi. Oleh karenanya protokol kesehatan mutlak harus dilakukan untuk melindungi diri dan kelompok rentan.

'Namun sayang, masih ada kelompok rentan yang tidak mematuhi protokol kesehatan, tidak menjaga jarak, tidak memakai masker, dan tidak rajin mencuci tangan, inilah yang kemudian menjadi kelompok rentan untuk tertular. Inilah gambaran kasus baru yang muncul,' kata Yuri beberapa saat lalu.

Yurianto menuturkan, COVID-19 menyebar secara cepat melalui percikan droplet baik saat bersin maupun batuk.

Menurutnya, memakai masker adalah salah satu cara efektif untuk menahan droplet tersebut menyebar, terlebih masih ada Orang Tanpa Gejala (OTG) disekitar masyarakat yang belum melakukan isolasi dengan baik.

Yuri bahkan menegaskan tingkat risiko penularan COVID-19 akan semakin menurun apabila seseorang memakai masker. Ia pun membaginya kedalam 4 tingkatan :

Pertama, apabila seseorang yang membawa virus (OTG) tidak menggunakan masker dan melakukan kontak dekat dengan orang rentan maka kemungkinan penularan mencapai 100 %.

Kedua, orang yang sakit pakai masker, sementara kelompok rentan tidak memakai masker maka potensi penularan mencapai 70%,

Ketiga, orang sakit pakai masker, sementara orang sehat tidak pakai masker maka tingkat penularannya hanya 5 persen.

Keempat, jika keduanya pakai masker, maka potensi penularan hanya 1,5%.

'Inilah yang meyakinkan kita bahwa menggunakan masker adalah cara yang paling tepat, sudah barang tentu gunakanlah masker secara benar, menutup hidung dan mulut dengan baik,' imbuhnya.

Asal tau saja, per tanggal 25 Juni 2020 Rabu kemarin, jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia totalnya menjadi 49.009 orang. Penambahan tersebut didapatkan dari pemeriksaan spesimen sebanyak 21.233 sehingga total menjadi 689.492 spesimen. Penambahan kasus tersebut tersebar di 443 Kabupaten/Kota di 34 provinsi.

Baca Selengkapnya:
https://www.industry.co.id/read/6906...idak-mau-patuh
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Kalau sayang, dilamar dong. emoticon-Malu
gini malih, lo kan regulator tuh, kan satpol pp polisi banyak, suruh iseng2 aja muter2 klo ketauan ga make masker, catet namanya suruh apa kek, denda kek, atau apa kek, terus viralin. Buzzer lo kan banyak tuh kerahin itu masa.
Lihat 3 balasan
1.5% ya kecil banget
Berarti yang pake APD full itu pas ngangkat korban dan jenguk pasien itu presentasenya 0% ya emoticon-Big Grin
Biarin aja lah pak toh mereka itu susah diatur itung2 ngurangin jumlah penduduk
ketemu otg dipastikan hampir 100% ? bullshit emoticon-Tai
tar klo ada berita kena covid, padahal sehari2 pake masker, pasti rame lg


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di