CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Sista /
4 Kesalahan Wanita Ketika Mempercantik Diri, Apa Saja Itu?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef41ad4f0bdb279a163e358/4-kesalahan-wanita-ketika-mempercantik-diri-apa-saja-itu

4 Kesalahan Wanita Ketika Mempercantik Diri, Apa Saja Itu?

Ingin selalu tampil cantik, sudah menjadi kodratnya kaum wanita. Hal itu wajar saja apabila masih dilakukan dengan cara-cara yang dianjurkan.

4 Kesalahan Wanita Ketika Mempercantik Diri, Apa Saja Itu?


Sayangnya, banyak wanita yang "menuhankan" kecantikan hingga melakukan hal-hal ekstrem demi memenuhi standard cantik versi mereka. Tak jarang, para wanita ini bahkan mengesampingkan efek buruk kesehatan yang mungkin saja ditimbulkan atau bahkan bisa mengancam keselamatannya.

Bagi kaum Muslimah, Allah sudah menetapkan ketentuan mempercantik diri dengan sangat rinci. Kita hanya tinggal mentaati maka semuanya akan menjadi lebih mudah.

Namun, thread ini tidak hanya diperuntunkkan kaum Muslimah saja, melainkan ditujukan kepada wanita secara keseluruhan. Karena itu, saya tidak akan membahas kesalahan wanita ketika "mempercantik diri" menurut syar'ie saja, tetapi mari kita lihat juga lewat kaca mata pakar kecantikan.

Semua sepakat bahwa cantik itu relatif. Karena sejatinya setiap wanita cantik dengan versinya masing-masing. Jadi, jangan memaksakan diri memenuhi standard orang lain.

Di bawah ini merupakan sebagian cara mempercantik diri yang dilarang agama, serta tidak dianjurkan oleh para ahli kecantikan.

1. Mencukur/mencabut Alis

4 Kesalahan Wanita Ketika Mempercantik Diri, Apa Saja Itu?4 Kesalahan Wanita Ketika Mempercantik Diri, Apa Saja Itu?


Untuk mempercantik alis, biasanya para wanita menggunakan pensil alis dkk. Tak hanya itu, banyak juga yang mencabut atau mencukur alis kemudian men-tatto-nya.

Padahal bulu alis sangat berperan dalam mengatur kelembaban wajah. Ia berperan menyaring zat yang tidak diinginkan agar tidak masuk ke dalam mata.

Mencukur atau mencabut alis juga bisa berpengaruh pada hormon tiroid yang kemudian bisa memicu obesitas, stress, bahkan insomnia.

Selain itu, mencabut atau mencukur alis juga bisa membuat kulit trauma dan bisa menyebabkan pembekuan darah di sekitar tumbuhnya rambut dan bagian tubuh tertentu.

Berikut kemungkinan risiko yang bisa ditimbulkan dari mencabut atau mencukur alis.

-Timbul jerawat
-Iritasi pada mata
-Haid tidak teratur
-Infeksi pada kulit
-Kanker

Gaes! mencukur atau mencabut alis, tidak hanya dilarang Allah melainkan juga dilaknat!emoticon-Takutemoticon-Takut

2. Sulam Bibir

4 Kesalahan Wanita Ketika Mempercantik Diri, Apa Saja Itu?


Memiliki bibir yang merah merekah sudah pasti menjadi dambaan setiap wanita.

Sejak dahulu, wanita biasa memoles bibirnya dengan menggunakan pewarna agar terlihat semakin memesona.

Belakangan ini, ada trik baru yang digandrungi wanita untuk mempercantik bibirnya. Yakni teknik sulam bibir.

Sulam bibir dirasa mampu menjawab kebutuhan wanita untuk terlihat cantik dengan bibir merona tanpa repot menggunakan lipstik.

Hal ini berkat cairan tinta yang disuntikkan ke dalam lapisan bibir. Namun tahukah Sista, jika hal ini justru bisa membahayakan kesehatan bahkan bisa berakibat pada kematian?

Hal ini bisa ditimbulkan dari peralatan yang digunakan. Misalnya saja jarum suntik yang tidak steril sangat memungkinkan dalam penularan penyakit Hepatitis B, Hepatitis C, bahkan HIV.

Sementara tinta yang disuntikkan bisa menyebabkan Anafilaksis. Anafilaksis ialah reaksi alergi yang ditimbulkan jika anda ternyata alergi terhadap tinta yang digunakan.

Selain itu, lapisan bibir yang biasa melakukan sulam cenderung menipis, kering dan mudah pecah-pecah.

3. Menyambung Rambut

4 Kesalahan Wanita Ketika Mempercantik Diri, Apa Saja Itu?


Rambut adalah mahkota wanita, karena itu sudah sepatutnya dirawat sebaik-baiknya. Sesuatu yang berharga seharusnya dijaga, dan tidak sembarang mata bisa melihatnya.

Manusia dianugerahi rambut beraneka rupa. Ada yang lurus, keriting, atau bergelombang. Ada yang tebal, juga ada yang tipis. Berwarna pirang atau bahkan hitam legam.

Seperti apapun bentuk dan kondisi rambut, kita patut bersyukur dan menjaganya.
Tetap merasa bangga dan menjadi diri sendiri. Jangan mengubah apapun pemberian dari Allah karena yang demikian itu terlarang.

Meski begitu, ada saja orang yang tidak bisa bersabar. Disaat rambutnya pendek mereka lalu menyambungnya agar terlihat panjang. Padahal ini hanya masalah waktu saja, karena rambut akan memanjang sekitar 0,4 milimeter di setiap harinya.

Menurut para ahli menyambung rambut tidak baik untuk kesehatan rambut. Selain bisa menyebabkan kerontokan pada rambut, kandungan zat kimia di dalam lem yang digunakan pun dapat merusak kesehatan alami rambut.

4. Memanjangkan dan mengkutek kuku

4 Kesalahan Wanita Ketika Mempercantik Diri, Apa Saja Itu?


Tampil cantik paripurna dari ujung rambut sampai ujung kuku sudah tentu menjadi dambaan setiap kaum hawa.

Untuk menunjang kecantikan kuku, para wanita biasa memanjangkan hingga mewarnainya.

Sejatinya, mewarnai kuku tidaklah dilarang. Asalkan sesuai dengan ketentuan yang ada. Agar bernilai pahala, maka gunakanlah henna. Jika sista suka mewarnainya dengan menggunakan kutek, maka pastikan membersihkannya sebelum berwudhu. Karena cat atau kutek pada kuku menutupi pori-pori sehingga menghalangi air wudhu.

Adapun menurut ahli, menggunakan kutek yang berlebihan akan berdampak pada menguningnya warna alami kuku. Selain itu, kuku juga menjadi kering dan mudah terkelupas.

Kutek mengandung kimia zat turunan dari formalin, yaitu Formaldehid. Zat ini bisa merusak jaringan kulit, memicu kanker, menyebabkan sakit kepala, iritasi tenggorokan, hidung, dan mulut.

Selain itu, Etilasetat yang terkandung di dalam kutek bisa mengganggu sistem saraf dan organ dalam, seperti ginjal, jantung, bahkan paru-paru.

Wanita yang tengah mengandung harus mengurangi kegiatan mengutek kuku ya, sist! Ini Karena salah satu zat yang terkandung di dalamnya bisa memicu kelainan bawaan pada bayi dan mengganggu sistem sarafnya. Duh, ngeri, deh!

Lalu kenapa kita tidak diperbolehkan memanjangkan kuku? Selain bisa menyakiti diri sendiri karena kena cakar misalnya, kuku panjang juga merupakan sumber bakteri.

Menurut syar'ie, kuku tidak dianjurkan panjang lebih dari empat puluh hari. Hal ini karena kuku yang panjang menjadi tempat ternyaman bagi iblis untuk bernaung. Hal ini diperkuat oleh hadist dan dalil, tentu saja.

4 Kesalahan Wanita Ketika Mempercantik Diri, Apa Saja Itu?



Demikian thread ane kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Thanks sudah mampir, see you next time, Insya Allah and papay ....




Referensi : 1,2, 3, 4
Sumber gambar : Pinterest

Kunjungi blog group Kompak di Kaskus. Klik banner di bawah ini.

4 Kesalahan Wanita Ketika Mempercantik Diri, Apa Saja Itu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 49 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ceuhetty
Halaman 1 dari 6
Bagaimana menurut sista?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Setuju. Ane alhamdulillah gak pernah yg macem2.

Alam mek ap aja gak punya. 😂

Btw dulu ane juga manjangin kuku jari kanan, tapi setelah tau kalo itu dilarang agama, sekarang kuku ane pangkas semua. Awalnya rasanya aneh, sakit. Tapi lama2 ya terbiasa.


Nice impoh, Ceu. emoticon-Goyangemoticon-Tepuk Tangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Alhamdulillah aku masih alami semua dan aku tetap merasa cantik. 🤭🤭🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Beauty is pain emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
anjir kok serem sih mencabut atau mencukur alis bisa kena kanker, huhu ane suka cukur alis biar rapi aja abisan kek ulet bulu gak teratur
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kadang aneh juga sih pemikiran cw. Cantik itu menurut mereka sendiri atau menurut laki?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Nomor 1 dan nomor 4 saya sering nemuin
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 3 balasan
wahh inspirasi banget
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Se7 tapi semua kembali ke kepribadian masing2 sih sis, yg penting tampil cantik, urusan anu, nomer kesekianemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Bingung

Quote:


Quote:


Iyes cantik luar dalam ya sis
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan istijabah memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Sipp setuju sista.. alhamdulillah ane juga nggak melakukan hal-hal yang disebut dalam thread ini untuk mempercantik diri.. untuk poin ke 4 jangankan menunggu kuku panjang sampai 40 hari, panjang dikit aja udah risih.hehe.. dan kalau pengen mewarnai kuku ya pakai kutek henna/pacar kuku aja..
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane rapihin alis, eh pas numbuh malah makin liar wkwkwkwkw udahlah konseliran aje paling bener
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ocil mau manjangin hidunggg
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 3 balasan
nah sering liat orang yg pasang rambut tuh fail gituu hasilnya jadi jelekk
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 7 balasan
dan gw gak pernah ngelakuin semua itu emoticon-Cool
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lupa cukur jembut sih kadang2 ...
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
ane paling kutekan aja. Itu juga abis dipotong dulu kukunya gegara risih kuku panjang. 3 lainnya kalo dalam agama ane ga boleh
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan ceuhetty memberi reputasi
Diubah oleh makanjajanjalan
Lihat 3 balasan
sayang alis dicukur
ane pake hena buat kuku mah
Spoiler for m:
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
alhamdulillah, gak prnh lakuin semua tuh. Pake yg aman" saja
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hmmmm....hampir ga ad yg ane lakuin. cm prnah rapiin alis dgn cukur dikiiit aja. tapi itu bisa dihitung jari ane lakuin seumur hidup.
ane jg ga trlalu suka dandan. malah iti bedak, lipstik sm eyeliner ud mau expired tp masih banyak emoticon-Angpau
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 7 balasan
iya juga sih namanya perempuan.
Tapi seharus nya ya jgn sampek menyalahi aturan ..
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Diubah oleh zan2599
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di