CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jubir COVID-19: Pakai Masker Potensi Tertular 1,5%, Sayang Ada yang Tidak Patuh!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef40da9a2d195044f6cdcaa/jubir-covid-19-pakai-masker-potensi-tertular-15-sayang-ada-yang-tidak-patuh

Jubir COVID-19: Pakai Masker Potensi Tertular 1,5%, Sayang Ada yang Tidak Patuh!

Jubir COVID-19: Pakai Masker Potensi Tertular 1,5%, Sayang Ada yang Tidak Patuh!

INDUSTRY.CO.ID - Jakarta, Juru bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa saat ini penularan COVID-19 masih cukup tinggi. Oleh karenanya protokol kesehatan mutlak harus dilakukan untuk melindungi diri dan kelompok rentan.

''Namun sayang, masih ada kelompok rentan yang tidak mematuhi protokol kesehatan, tidak menjaga jarak, tidak memakai masker, dan tidak rajin mencuci tangan, inilah yang kemudian menjadi kelompok rentan untuk tertular. Inilah gambaran kasus baru yang muncul,'' kata Yuri beberapa saat lalu.

Yurianto menuturkan, COVID-19 menyebar secara cepat melalui percikan droplet baik saat bersin maupun batuk.

Menurutnya, memakai masker adalah salah satu cara efektif untuk menahan droplet tersebut menyebar, terlebih masih ada Orang Tanpa Gejala (OTG) disekitar masyarakat yang belum melakukan isolasi dengan baik.

Yuri bahkan menegaskan tingkat risiko penularan COVID-19 akan semakin menurun apabila seseorang memakai masker. Ia pun membaginya kedalam 4 tingkatan :

Pertama, apabila seseorang yang membawa virus (OTG) tidak menggunakan masker dan melakukan kontak dekat dengan orang rentan maka kemungkinan penularan mencapai 100 %.

Kedua, orang yang sakit pakai masker, sementara kelompok rentan tidak memakai masker maka potensi penularan mencapai 70%,

Ketiga, orang sakit pakai masker, sementara orang sehat tidak pakai masker maka tingkat penularannya hanya 5 persen.

Keempat, jika keduanya pakai masker, maka potensi penularan hanya 1,5%.

''Inilah yang meyakinkan kita bahwa menggunakan masker adalah cara yang paling tepat, sudah barang tentu gunakanlah masker secara benar, menutup hidung dan mulut dengan baik,'' imbuhnya.

Asal tau saja, per tanggal 25 Juni 2020 Rabu kemarin, jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia totalnya menjadi 49.009 orang. Penambahan tersebut didapatkan dari pemeriksaan spesimen sebanyak 21.233 sehingga total menjadi 689.492 spesimen. Penambahan kasus tersebut tersebar di 443 Kabupaten/Kota di 34 provinsi.

https://m.industry.co.id/read/69063/...idak-mau-patuh

[img]www.industry.co.id[/img]
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan candramata81 memberi reputasi
pakai masker, sering² cuci tangan
mungkin mereka sudah merasa kebal terhadap virus makanya pada membandel emoticon-No Hope
Rakyat +62 tuh gak bisa cuma dibilangin doang Pak... harua ada hukuman baru bisa dijalankan..
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
kan udah normal- new normal. jaman baru mulai pandemi aja pada ogah make, apalagi udah normal. Dihukum aja dilawan, apalagi himbauan, welkam to NKRI
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
kan mau pindah ke mars
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
Peraturan yg sah dan jelas apa hukumannya aja masih ada yg langgar, apalagi himbauan cuma dianggap angin lewat aja.
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
Jangan bandel dong! emoticon-Mad (S)
pejabat yg kemarin bilang nasi kucing, minum jamu, banyak berdoa sudah klarifikasi belum..selama belum klarifikasi himbauan tinggal tetap himbauan..apalagi bagi rakyat miskin, otaknya banyak yg gak jalan lagi.mikir makan..gak peduli kalo kena..malah ujung2nya kecemburuan sosial
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
ya gimana mau patuh. dulu bilang masker hanya untuk yang sakit. yang bilang malah atasannya si jubir lagi. sekarang harus semua pakai masker. Kan, dibuat bingung warganya... Perlu peraturan yg tegas dan tidak plin plan. bukan sekedar himbauan. semoga cepat selesai masalah covid19 di negara ini ^_^
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
lebih parah lagi bapak mie jawa langganan ane kaga percaya covid sama sekali, ane cuma bisa doain doi sehat sehat
Lihat 3 balasan
di gotham, asli gak laku masker dan physical distancing emoticon-DP emoticon-DP
MASKER HANYA UNTUK YANG SAKIT

YANG PKE MASKER HANYA PENGEN ACTION DOANG







TTD
Menkes +62
Iyaaa setuju bangettt padahal itu upaya termudah sih sebenernya tp kenapa pada berat banget ngelakuinnya huhu ayolah lindungi diri dan orang banyak emoticon-Frown
masih banyak org cuek , pakai masker bukan buat melindungi, tapi hanya untuk formalitas saja! jangan sampai menyesal di kemudian hari yah sudah telat!!
Diubah oleh backspace00


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di