CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
7 Konsep Memaknai Pernikahan Harmonis dari Lagu Bojo Galak, Cekidot!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef3f2ab68cc9560695f9595/7-konsep-memaknai-pernikahan-harmonis-dari-lagu-bojo-galak-cekidot

7 Konsep Memaknai Pernikahan Harmonis dari Lagu Bojo Galak, Cekidot!

7 Konsep Memaknai Pernikahan Harmonis dari Lagu Bojo Galak, Cekidot!


Closing statement yang sangat menyentuh pada akhir lagu Bojo Galak mengawali Ane untuk membuat tulisan ini. Bukankah akhir itu adalah tujuan?


emoticon-cystg
Welcome to Mythread



Bencekno nanging ngangeni, kalimat ini pernah Ane terima dari mantan pacar yang mampu mengoyak jiwa terdalam. Perihal benci dan cinta memang nggak akan bisa dipisahkan dari kotak merah jambu tersebut hati. Nah, bagaimana bila pasangan halal mengalami hal yang demikian?

Mendengarkan tembang Jawa "Bojo Galak" akan menafsirkan sebagian isi hati Gansist agar tetap MAU untuk tetap berkomitmen dalam rumah tangga, bukan? Lagu ini Ane pikir sangat-sangat pas bila kita mau untuk sekedar memaknai dari kedalaman arti lirik lagu bojo galak tersebut kok. Ane apresiasi setinggi-tingginya kepada pencipta tembang bojo galak ini. Biar bagaimanapun seniman adalah mereka yang mampu mengkritik dari kedalaman rasa dan itu berwujud KARYA.

Bojo Galak yang Ane suka adalah bergenre Hip-Hop dengan versi parodi yang dibawakan oleh Pendhoza dan NDX-AKA maupun yang versi koplonya itu. Sejatinya memang tembang ini mampu populer karena telah dinyanyikan oleh mbak ayu Nella Kharisma sih.

7 Konsep Memaknai Pernikahan Harmonis dari Lagu Bojo Galak, Cekidot!

Oke, nggak usah lama-lama, mari kita memaknai filosofi tembang Bojo Galak ini. Cekidot!

1. Wes nasibe kudu koyo ngene, Nduwe bojo kok ra tau ngepenake
Mungkin sudah takdirnya kayak gini, punya pasangan halal kok nggak pernah kasih enak. *ehemoticon-Big Grin


2. Seneng muring omongane sengak, Kudu tak trimo bojoku pancen galak.

Suka marah omongannya nggak enak (kerus), harus kuterima karena pasanganku memang pemarahemoticon-Big Grin


3. Saben dino rasane ora karuan. Ngrasakke bojoku sing ra tau perhatian.

Saban hari nggak bisa dijelaskan. Merasakan pasanganku yang nggak pernah perhatian.emoticon-Big Grin

4. Nanging piye maneh atiku wes kadung tresno, Senajan batinku ngempet ono jero dodo.

Mau bagaimana lagi, hatiku sudah terlanjur cinta, meski batinku menahan sesak di dada.


5. Yo wes ben nduwe boho sing galak, yo wes ben sing omongane sengak, Seneng gawe aku susah, Nanging aku wegah pisah
7 Konsep Memaknai Pernikahan Harmonis dari Lagu Bojo Galak, Cekidot!

Biarlah punya pasangan yang pemarah, Biarlah omongannya nggak enak, Suka bikin aku susah, Tapi aku nggak mau pisah

Reff atau klimaksnya ada di Yo wes ben ini lho, Gansist. Sejelek apapun pasangan toh dia adalah teman hidup kita, bukan?

6. Tak tompo ngango tulus ing ati, tak trimo sliramu tekan saiki, mungkin wes dadi jodone, senajan kahanane koyo ngene.
7 Konsep Memaknai Pernikahan Harmonis dari Lagu Bojo Galak, Cekidot!

Kuterima dengan tulus di hati, kuterima dirimu sampai sekarang, mungkin sudah jadi jodohnya, meski keadaanya kayak gini.

Nah, di sini Gansist kita akan melihat synonim dari tembung(kata) tak tompo dan tak terimo. Demikian adalah kekayaan bahasa Jawa yang seingat Ane disebut dengan Kreta Basa. Seperti kasta manusia dalam ajaran Hindu maka kedua frasa Jawa di atas adalah bermakna tingkatan.

7. Kuat dilakoni, lek ra kuat ditinggal ngopi. Tetep cinta senajan bojoku galak.
7 Konsep Memaknai Pernikahan Harmonis dari Lagu Bojo Galak, Cekidot!
Kuat dijalani, kalau nggak kuat pergi ngopi dulu. Tetap cinta meski pasanganku pemarah.


Closing statement ini bagi Ane amat apik lho, Gansist. Marahan itu emang bumbunya berumah tangga kok. Malah menurut pengamatan Ane, kalau suatu hubungan nggak ada "naik turunnya" akan mengalami yang namanya kebosanan lho, Gansist.emoticon-Blue Guy Peace


Quote:


Melalui lagu Bojo galak ini, kita yang sudah menikah diajak untuk selalu bersyukur serta menikmati rytme rumah tangga dengan TERSENYUM.emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:


Dalam melihat sebaiknya kita mampu untuk meninjau dari prespektif yang berbeda. Seperti dahulu Sunan Kalijaga juga melalui macapat, gending-ginding Jawa mengajak para awwam pribumi mengenal agama yang telah beliau anut.

Perihal makna, kita bisa melihat di khatib al-nasa 'ala qadri 'uqulihim yang memiliki arti Dakwahi orang-orang sesuai dengan kadar nalar mereka.

Lagu Bojo Galak mengajak kita untuk menikmati naik turunnya kehidupan berumah tangga dengan fun dan tentu saja menapaki aspek menghibur lho.

Quote:


Ngopi sendiri memiliki banyak manfaat untuk Agan agar bisa menjaga stamina di atas ranjang lho. Ane akan menampilkan video manfaat kopi ini dalam post ke-2, yaks.emoticon-Embarrassment

Kuat dilakoni yen ra kuat ditinggal ngopi.

Bagi Gansist yang takut atau masih malu-malu buat menjalin komitmen halal sebaiknya mulai menghilangkan pikiran tersebut.

Jodoh adalah dia yang akan selalu kita ikat dalam setiap doa, tak pernah lelah mencintainya (Warna_Senja)

Yuk, ngopi bareng di mari Gansist kesayangan!:☕☕☕




Sumber : klik, klik, dan opini pribadi
Ngawi, 25 Juni 2020
With Love,

Warna_Senja

profile-picture
profile-picture
profile-picture
siapika dan 19 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Mungkin pencipta lagu "Bojo galak" ter-inspirasi kisah Nabi Yunus Alaihi salam. Atau mungkin beliu santri he he he...

وفي أخبار الأنبياء عليهم السلام أن قوما دخلوا على يونس النبي عليه السلام فأضافهم فكان يدخل ويخرج إلى منزله فتؤذيه امرأته وتستطيل عليه وهو ساكت فتعجبوا من ذلك فقال لا تعجبوا فإني سألت الله تعالى وقلت ما أنت معاقب لي به في الآخرة فعجله لي في الدنيا فقال إن عقوبتك بنت فلان تتزوج بها فتزوجت بها وأنا صابر على ما ترون منه.

Dikisahkan ada sekelompok orang masuk bertamu ke rumah nabi Yunus Alaihis salam.
Lalu nabi yunus (sibuk) menjamu para
tamu tsb hingga ia keluar masuk rumahnya.

(Sampai entah karena kesalahan apa)
isteri nabi yunus memaki maki dan
ngomel berkepanjangan kepada beliau
didepan para tamu,
nabi yunus hanya diam mendengarkan dan tidak meladeni umpatan dan omelan isterinya.

Para tamu heran dan takjub melihatnya,
Nabi yunus berkata : kalian semua tidak usah heran dan takjub,Saya memang pernah berdoa meminta
kepada Allah :
" Ya Allah, apa saja yg engkau akan
menyiksaku di akherat sebab hal tersebut.
Maka segerakan saja di dunia. Allah menjawab :
" siksaan untukmu di dunia adalah anak perempuan si fulan, Nikahlah dengannya".

Maka akupun segera menikahinya,
dan aku selalu sabar atas dirinya seperti
yang kalian semua lihat. [Ihya ulumiddin 2 hal 33]
profile-picture
profile-picture
profile-picture
priamuda69 dan 9 lainnya memberi reputasi
manfaat ☕ dengan mulustrasi, eh🐭

profile-picture
profile-picture
profile-picture
priamuda69 dan 4 lainnya memberi reputasi
mau komen tapi bel punya bojo emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
priamuda69 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
kuat dilskoni, gk kuat ditinggal main game 🤣🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Apa mungkin TS nya juga galak nih🤭🤭🤭🤭🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Iya sih, ada benernya juga, cuma kalo marahnya kebangeten, tiap hari, kudu piye?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
wah lagunya ada sejarahnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
priamuda69 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
priamuda69 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 38 balasan
putar lagunya kak🤭🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ga suka bojo galakemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lenitan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 19 balasan
kesimpulannya dikalimat akhir lirik lagunya"tetep cinta senajan bojoku galak"emoticon-Ngakakemoticon-Leh Ugaemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan Tetysheba memberi reputasi
Lihat 1 balasan
istri galak?? segalak2 nya juga merintih ah uh ah di ranjang emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan Tetysheba memberi reputasi
Lihat 1 balasan
galak asal ada perbandingan setara, cantik mungkin, cerdas, dll ok sih..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
priamuda69 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bojo galak 😑😑😑😑
profile-picture
profile-picture
Tetysheba dan qoni77 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Wiiii hahahahah emang ya kadang kita bisa dapet inspirasi juga dari karya seni gimanapunnn
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan Tetysheba memberi reputasi
Lihat 1 balasan
penasaran sama lagunya, cus ah dengerin lagunya
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
haaaaahaaaa ngakak ya, berasa bercermin soalnya.
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wahhh begitu kisahnya toh mba
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Harusnya begitu kak.. tapi misal pasangan kita selingkuh secara berulang haruskah kita memaafkan dan memulai semuanya dari awal??
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
liriknya bojo galak emg mantep si wkwkkw
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di