CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / Music /
Mengatasi Kaku saat Bermain Piano [Pemula]
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef3ecffaf7e9368547c97ef/mengatasi-kaku-saat-bermain-piano-pemula

Mengatasi Kaku saat Bermain Piano [Pemula]

Halo teman-teman, kembali lagi bersamaya di thread yang kedua dengan tema yang sama tentang musik. Gimana kabar kalian? semoga sehat selalu ya, apalagi sedang masa pandemi gini semoga kita semua selalu dilindungi.

Kalian baru belajar bermain piano? Masih kaku-kaku jarinya? Nah, disini saya akan share pengalaman saya tentang instrumen tersebut. Awal-awal bermain piano juga saya memang sangat kaku waktu main piano, oh iya saya belajar piano di sekolah musik yang ada di Yogyakarta. Nah, karena saya anak kos saya belum mempunyai uang yang lebih buat beli piano emoticon-Big Grin Lah, terus latihannya pas ditempat les doang? Berhubung saya mempunyai pianika, jadi saya manfaatkan pianika buat pelatihan pemanasan dan lagu yang oktafnya masih terjangkau pianika.

Jika kalian tidak mempunyai piano juga di rumah kalian, kalian bisa coba membeli pianika karena harganya juga terjangkau tergantung merk yang kalian beli sih. Dari pianika ini kita be rlatih pemanasan jari dengan jangkaun 1 oktaf dulu pada nada mayor dari C sampai ke B.

Mengatasi Kaku saat Bermain Piano [Pemula]

Gambar diatas itu urutan nada mayor dari C sampai B. Kalian bisa mencoba untuk belajar dari nada C terlebih dahulu, eitss tunggu dulu jangan langsung tekan-tekan tutsnya. Kalian harus memperhatikan jari-jari kalian saat menekan tuts piano/pianika, untuk tangan kanan jika mulai dari nada C itu ditekan menggunakan ibu jari, lalu D menggunakan jari telunjuk, nada E menggunakan jari tengah, lalu pada nada F tukar kembali ke ibu jari, nada G menggunakan jari telunjuk, nada A menggunakan jari tengah, nada B menggunakan jari manis, dan terakhir nada C menggunakan jari kelingking. (Jangan lupa untuk kembali ke nada C bawah lagi tapi dengan penjarian kalian yang sekarang)

Lakukan hal tersebut setiap hari selama 10 menit dengan tempo yang sama, untuk pemula bisa memulai dengan tempo yang lambar dan biasakan sampai lancar. Jika sekiranya sudah lancar, baru kalian menambah temponya semakin cepat dan terus ulangi seperti itu. Nah, jangan lupa cari lagu untuk berlatihnya juga, untuk yang menggunakan pianika harus mencari nada yang sesuai dengan oktaf pianika kalian.

Oh iya, carilah lagu dengan menggunakan not balok, itu membiasakan kalian membaca nada agar kedepannya lebih mudah untuk membaca not balok dari lagu-lagu klasik.

Sekian dari thread saya kali ini, jika ada kekurangan mohon maaf dan kritik saran ataupun diskusi silahkan dikolom komentar emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
thomasshelby dan blezzernet memberi reputasi
kalau tidak salah ya, ada buku latihan penjarian nada keyboard apa ya nama bukunya hanok kalo gak salah, itu jg bagus... gw sih lebih senang latihan pake arpegio dari lagu melatih banyak hal sekaligus...

menurut gw daripada beli pianika tanggung mending beli keyboard bray lebih fun gak cepet bosen kalo bosen suara piano ganti string ganti bell ganti apa aj yang lu pengen sama aja kok makanya gw saranin masterin dulu piano baru ganti keyboard / pianika gak akan kagok kalo dari pianika / keyboard terus main piano akustik hampir semua orang yang main keyboard akan kagok

latihan jangan pentingin speed, paling penting ngerti pattern dulu bahkan musik klasik pun kalo mo di cari ada pattern nya kok jangan terlalu fokus terpatok di birama / not balok dan angka belajar berkreasi itu penting juga karena lu perform di atas panggung kadang tuh kertas partiture gak ada gunanya sama sekali cuman kertas sampah doang....

tetep semangat bray latihan keyboard / pianonya emoticon-Angkat Beer
profile-picture
yosrio.id memberi reputasi
Lihat 3 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di