CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
11 Manfaat yang di Dapat Ketika Seseorang Menangis, Nomor 10 Bermanfaat Banget!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef3dc24349d0f6c6b23d0aa/11-manfaat-yang-di-dapat-ketika-seseorang-menangis-nomor-10-bermanfaat-banget

11 Manfaat yang di Dapat Ketika Seseorang Menangis, Nomor 10 Bermanfaat Banget!

Beberapa Manfaat Menangis Dari Segi Kesehatan

11 Manfaat yang di Dapat Ketika Seseorang Menangis, Nomor 10 Bermanfaat Banget!

Halo Hai GanSis! Apa kabarnya ni? Semoga GanSis semuanya selalu sehat dan bahagia ya. Nah, di thread kali ini ane mau bahas yang namanya menangis.

Sesuatu yang sering banget dilakuin sama bayi baru lahir. Haus dikit nangis, laper dikit nangis, kebelet pup ya nangis. Hahaha, namanya juga bayi ya GanSis, bisanya nangis.

Tapi buat kita yang udah dewasa ini, masih boleh nggak sih menangis? Ya boleh dong, nggak ada larangan untuk orang dewasa menangis. Karena menangis itu adalah reaksi wajar saat seseorang mengalami hal-hal emosional seperti sedih, marah, atau bahagia.

Menangis juga banyak manfaatnya loh GanSis. Mau tau apa aja? Cek ulasannya berikut ini.


1. Mengurangi Stres

11 Manfaat yang di Dapat Ketika Seseorang Menangis, Nomor 10 Bermanfaat Banget!

Dengan menangis, kita dapat meluapkan segala emosi yang terpendam. Selain itu, menangis juga dapat meningkatkan kinerja tubuh.

Air mata yang keluar dapat mengatur mood atau suasana hati. Menangis juga dapat melemaskan otot-otot saraf yang menegang akibat stres.


2. Mengurangi Rasa Sakit

11 Manfaat yang di Dapat Ketika Seseorang Menangis, Nomor 10 Bermanfaat Banget!

Menangis dalam jangka waktu yang lama dapat meredakan rasa sakit secara emosinal atau fisik. Hal ini dikarenakan, saat kita menangis maka hormon oksitosin dan endorfin akan keluar. Hormon oksitosin akan menenangkan, dan hormon endorfin akan membuat tubuh terasa kebas atau tidak dapat merasakan sakit yang dialami.


3. Menyeimbangkan Emosi

11 Manfaat yang di Dapat Ketika Seseorang Menangis, Nomor 10 Bermanfaat Banget!

Sebuah riset menunjukkan, bahwa menangis dapat menyeimbangkan emosi. Menangis dapat membantu tubuh menyeimbangkan emosi positif atau negatif yang kuat yang dialami.


4. Membantu Bayi yang Baru Lahir Untuk Bernapas

11 Manfaat yang di Dapat Ketika Seseorang Menangis, Nomor 10 Bermanfaat Banget!

Tangisan pertama bayi ketika baru keluar dari rahim sang ibu adalah berfungsi untuk membuat paru-parunya beradaptasi dengan dunia luar.

Sekian lama di kandungan, dengan bantuan oksigen di tali pusar, maka saat keluar bayi harus bisa bernapas sendiri. Selain itu, menangis bagi bayi yang baru lahir adalah untuk membantu mengeluarkan cairan-cairan berlebih di hidung, mulut, dan paru-paru.


5. Membantu Bayi Tertidur

11 Manfaat yang di Dapat Ketika Seseorang Menangis, Nomor 10 Bermanfaat Banget!

Menangis bagi bayi tak hanya sebagai bentuk reaksi karena lapar atau kebutuhan lainnya, tetapi juga dapat membantu bayi tidur dengan baik.

Studi menunjukkan bahwa bayi yang menangis sebelum tidur dapat meminimalisir tingkat bangun pada malam hari. Menangis pada bayi juga dapat menurunkan tingkat stres sehingga bayi dapat tidur dengan rileks dengan jangka waktu yang lama.


6. Menenangkan Diri

11 Manfaat yang di Dapat Ketika Seseorang Menangis, Nomor 10 Bermanfaat Banget!

Menangis mengaktivasi sistem saraf pusat parasimpatetik yang membantu tubuh untuk beristirahat. Namun, efeknya baru dapat dirasakan ketika Anda telah menangis selama beberapa menit.

Makanya kalau habis nangis tuh rasanya jadi lega dan bikin tubuh jadi tenang beberapa saat.


7. Memperbaiki Suasana Hati

11 Manfaat yang di Dapat Ketika Seseorang Menangis, Nomor 10 Bermanfaat Banget!

Menanahan tangis hanya menambah suasana hati memburuk. Jangan ditahan, lepaskan saja.

Sebab menangis dapat membuat kita menarik napas lebih banyak dan cepat, dan hal itu dapat mengatur dan menurunkan suhu otak.

Suhu otak yang sejuk dapat membuat pikiran lebih tenang dan suasana hati akan membaik.


8. Membantu Untuk Mengatasi Kesedihan

11 Manfaat yang di Dapat Ketika Seseorang Menangis, Nomor 10 Bermanfaat Banget!

Kehilangan seseorang yang dikasihi atau hal lain yang menimbulkan duka teramat dalam, dapat menimbulkan rasa sedih, kecewa, atau marah. Menangis adalah salah satu proses alami untuk melewatinya.

Menangis dapat membantu kita untuk melalui segala rasa kehilangan tersebut. Namun, apabila kesedihan yang dirasa malah berkepanjangan dan menghambat aktivitas sehari-hari, ada baiknya konsultasi ke psikolog, psikiater, atau konselor.


9. Detoksifikasi Tubuh

11 Manfaat yang di Dapat Ketika Seseorang Menangis, Nomor 10 Bermanfaat Banget!

Air mata yang mengandung racun dan hormon stres akan keluar dengan menangis. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menilik manfaat menangis dalam mendetoks tubuh.


10. Meningkatkan Penglihatan

11 Manfaat yang di Dapat Ketika Seseorang Menangis, Nomor 10 Bermanfaat Banget!

Saat menangis, air mata akan keluar dan dapat melembapkan mata dan menghindari membran mukus pada mata mengering.

Mata yang lembab akan membantu kita untuk melihat dengan jelas. Namun, ketika membran pada mata mengering maka penglihatan akan menjadi kabur.


11. Melawan bakteri

11 Manfaat yang di Dapat Ketika Seseorang Menangis, Nomor 10 Bermanfaat Banget!

Air mata yang keluar akan membantu membersihkan mata dan mengusir bakteri-bakteri yang terdapat di mata. Hal ini dikarenakan air mata mengandung senyawa lysozyme, sebuah senyawa antibakteri.

emoticon-2 Jempol

Oke GanSis, sepertinya itu saja yang bisa ane paparkan tentang menangis yang ternyata bermanfat untuk kesehatan.

Jadi jangan ragu kalo mau nangis ya GanSis, luapkan segala bentuk emosi dalam diri. Walaupun ga berpengaruh dengan sesuatu yang kita alami, setidaknya menangis membantu melegakan isi hati.

Namun, yang perlu diingat bahwa menangislah sewajarnya. Jangan berkepanjangan apalagi dalam kurun waktu yang lama, karena bisa menghambat aktivitas sehari-hari.

Silakan kasih cendol, rating, dan share kalau GanSis suka dengan thread ini. Jangan sungkan untuk komentar mengenai hal-hal yang menyangkut tentang menangis di bawah yaa.

Terima kasih sudah mampir emoticon-Smilie emoticon-Smilie emoticon-Smilie

Belajar Bersama Bisa


Sumber pict : Pinterest
Referensi
profile-picture
amrulharahap memberi reputasi
Diubah oleh ismilaila
pejwan amankan
mampir gansis
nangis bermanfaat juga ya
kuylah nangis barengemoticon-Big Grin


























































































emoticon-Maluemoticon-Maluemoticon-Malu
profile-picture
ismilaila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
meskipun ada manfaatnya tetapi bukan berarti menangis terus sewaktu-waktu. Betul?emoticon-Cool
profile-picture
ismilaila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
buat kaum bucin nangis sebagai pengantar teman tidur. emoticon-Ngakak
profile-picture
ismilaila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


sama-sama emoticon-thumbsup
profile-picture
ismilaila memberi reputasi
Ts sering nangis kyknya emoticon-Malu
profile-picture
ismilaila memberi reputasi
Lihat 4 balasan
mengeluarkan racun dalam tububemoticon-Cool

kalo.kelilipan debu terus mata berair itu dikategorikan nangis gak?emoticon-Bingung
profile-picture
ismilaila memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Iya gan paling enggak tega sama cewek2 korban fakboy emoticon-Turut Berduka
profile-picture
ismilaila memberi reputasi
ane gak suka kalo nangis mata jadi bengep terus sembuh normal nya lama...
profile-picture
ismilaila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wahh ternyata menangis ada manfaatnya juga
emoticon-Bingung
profile-picture
ismilaila memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nagis karena seneg .....seneng emoticon-Mewek


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di