CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Seorang Prajurit TNI Gugur di Kongo dalam Misi Perdamaian PBB
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef39d21e83c723c082c1b21/seorang-prajurit-tni-gugur-di-kongo-dalam-misi-perdamaian-pbb

Seorang Prajurit TNI Gugur di Kongo dalam Misi Perdamaian PBB

JAKARTA — Seorang Tentara Nasional Indonesia gugur saat menjalankan tugasnya bersama pasukan perdamaian PBB dalam misi perdamaian di Republik Demokrat (RD) Kongo. Sedangkan satu orang lainnya terluka.
AFP mengabarkan berdasarkan sumber PBB, gugurnya tentara Indonesia itu disampaikan Sy Koumbo seorang petugas komunikasi Misi Stabilisasi PBB untuk RD Kongo (MONUSCO) yang menyebutkan bahwa patroli mereka diserang sekitar 20 kilometer dari kota Beni di provinsi Kivu Utara.   
“Satu anggota ‘Blue Helmet’ (pasukan perdamaian PBB) telah gugur dan yang lainnya terluka tetapi tidak serius. Dia dalam kondisi stabil,” kata Koumbo.
Mentri Luar Negri Indonesia Retno Marsudi menyampaikan duka citanya melalui akun Twitternya pada hari selasa (23/06/2020). Diketahui prajurit TNI yang gugur itu bernama Sersan Mayor Rama Wahyudi.

“Duka cita yang mendalam atas berpulangnya Serma (Sersan Mayor) Rama Wahyudi, salah satu anggota pasukan perdamaian Indonesia yang bertugas di Misi MONUSCO, Kongo (23/06)” tulis Retno.
Melalui Twitternya, Retno juga menyampaikan bahwa DK (Dewan Keamanan) PBB telah mengutuk keras serangan kepada MONUSCO dan meminta otoritas Kongo untuk melakukan investigasi dan membawa pelakunya ke meja pengadilan.
“Penghargaan setinggi-tingginya kepada Alm. Serma Rama Wahyudi atas pengabdiannya dalam menjaga perdamaian dunia. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan.” Tulis Retno.
UN News melaporkan,  Anggota Dewan Keamanan PBB pada Selasa pagi sangat mengutuk serangan itu dan menyatakan belasungkawa terdalam mereka kepada keluarga korban, pemerintah Indonesia dan PBB.  Mereka berharap yang terluka segera pulih.
Kepala MONUSCO dan Perwakilan Khusus PBB Leila Zerrougui dalam pernyataan resminya juga mengutuk serangan yang terjadi di Makisabo itu. Ia  menduga serangan itu  dilakukan oleh anggota anggota pasukan Allied Democratic Forces (ADF)  yaitu kelompok bersenjata  di Republik Demokratik Kongo timur.

ADF adalah gerakan milisi muslim yang awalnya berbasis di  Uganda yang dibentuk tahun1990-an sebagai gerakan perlawanan kepada pemerintahan Presiden Uganda Yoweri Museveni. Pada tahun 1995, basis gerakan ADF bergeser ke Kongo.
Menurut data PBB, pada Desember 2017, kelompok itu menewaskan 15 tentara PBB  di dekat perbatasan Uganda. Kemudian pada Desember 2018, serangan ADF menewaskan tujuh orang tentara PBB .
DK PBB menggarisbawahi bahwa serangan yang disengaja dengan menargetkan pasukan penjaga perdamaian merupakan kejahatan perang.

https://jernih.co/crispy/seorang-pra...rdamaian-pbb/


Dia lagi 
Dia lagi

Di sini, umatnya mewek2 soal Palestina, Uyghur, Rohignya, bla .. bla .. bla .. 

tapi mereka diam, saat sesama bangsanya gak bisa ibadah, dilarang ibadah dll
tapi mereka diam, disaat yagn sama uclim di seluruh dunia .. membunuhi orang2 lain .. memepersekusi minoritas, dll .. 

bencana bagi alam semesta


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Jizyah101
Pdhl Merkava aja kicep kmrn sama TNI emoticon-Bingung
profile-picture
qavir memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Innalilahi wa innailaihi roji'uun.

Semoga husnul khotimah.
ikut berduka emoticon-Turut Berduka
fpi .... 212 ......mana suaranya ?
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Quote:


Aamiin
turut berdukaemoticon-norose
Quote:


Heh kafir idiot.. Itu TNI di papua kebanyakan mati di tangan siapa? Yg TNI di papua lagi ke pasar di tembak trs mati ulah siapa itu? Agama nya apa itu yg nembak dia??

Gak usah jadi penjilat kalo udah jadi ampas...
Lihat 4 balasan

Di mana2 di berbagai belahan dunia selalu bikin onar emoticon-Cape d...
profile-picture
akumidtorc memberi reputasi
Seorang Prajurit TNI Gugur di Kongo dalam Misi Perdamaian PBB

RIP Serma Rama (Denpal 014). Personel Blue Helmet TNI ini diserang ketika pergeseran logistik. Meskipun dengan pengawalan 2 APC Malawi Battallion, militia tetap melakukan serangan.

Satgas Kizi TNI Konga XX-Q/Monusco merupakan satgas PBB dari Indonesia yang banyak memberikan kontribusi besar dalam pembangunan infrastruktur di daerah misi dan telah mendapatkan apresiasi besar dari Markas PBB, salah satunya adalah program pembangunan dan rehabilitasi jalan Kasinga-Kadidiwe, Kongo.

Kelompok yg menyerang Blue Helmet TNI di Kongo juga kelompok yg sama pada 2017 lalu membantai 17 personel Blue Helmet Tanzania.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
astralis dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh samuel.tirta
Lihat 6 balasan
Jihad atas pemerintah thogut emoticon-Big Grin

Para pemuja khilafuck pasti gak peduli dgn nih berita. Klo tau sapa yg bunuh paling bilang oknum kaya yg biasaemoticon-Wakaka
profile-picture
akumidtorc memberi reputasi
Turut berduka emoticon-norose
Dan pasukan garuda juga ga boleh bales kan?
Quote:


Heh uclim idiot.. Itu TNI di aceh kebanyakan mati di tangan siapa? Yg TNI di aceh lagi ke pasar di tembak trs mati ulah siapa itu? Agama nya apa itu yg nembak dia??

Gak usah jadi penjilat kalo udah jadi ampas...


profile-picture
.noiss. memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jadi kontingen serba salah, mau nembak balik aja ada regulasinya ga asal dor2, sekalipun udah dor2 cuman buat halau aja emoticon-Cape d...
profile-picture
kily89 memberi reputasi
Resiko...
Semoga khusnul khotimah...
emoticon-Berduka (S)


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di