CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Dianggap Pembela Perbudakan, Patung Wapres ke-7 AS Akan Dipindahkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef34e9882d4951cde149172/dianggap-pembela-perbudakan-patung-wapres-ke-7-as-akan-dipindahkan

Dianggap Pembela Perbudakan, Patung Wapres ke-7 AS Akan Dipindahkan

Para pejabat di kota bersejarah Charleston, South Carolina, Amerika Serikat (AS), memilih dengan suara bulat dalam voting untuk memindahkan patung Wakil Presiden ke-7 AS dan advokat perbudakan John C. Calhoun dari alun-alun pusat kota. Keputusan ini dipicu gelombang aksi antirasisme George Floyd yang meluas di AS.

Seperti dilansir Associated Press (AP), Rabu (24/6/2020) anggota dewan menyetujui pemindahan patung Calhoun dalam voting dengan hasil 13-0 pada Selasa (23/6). Resolusi tersebut mengesahkan pemindahan patung Wakil Presiden ke-7 AS dan senator AS dari South Carolina dari atas monumen setinggi 30 meter di pusat kota Marion Square.

Baca juga:
Donald Trump Tolak Pindahkan Patung Berkuda Roosevelt di New York

Pejabat kota pada akhirnya mengatakan bahwa patung Calhoun akan ditempatkan secara permanen di "lokasi yang sesuai di mana ia akan dilindungi dan dilestarikan."

Tepat sebelum tengah malam, Departemen Kepolisian Charleston menulis di Twitter: "Calhoun Street antara Meeting Street dan King Street ditutup untuk pemindahan patung John C. Calhoun," menambahkan bahwa jalan akan ditutup selama beberapa jam.

Pemungutan suara dilakukan seminggu setelah Wali Kota John Tecklenburg mengumumkan dia akan mengirim resolusi ke Dewan Kota. Dia juga mengambil bagian dalam pemungutan suara.

"Saya percaya bahwa kita sedang menetapkan babak baru, babak yang lebih adil, dalam sejarah kota kita," kata Tecklenburg, sesaat sebelum voting. "Kita membuat langkah yang benar. Itu hanya hal yang tepat untuk kita lakukan. "

Untuk diketahui, Calhoun mendukung perbudakan semasa dia hidup dan menjabat. Sekitar 40% orang Afrika yang diperbudak dan dibawa ke Amerika Utara datang melalui kota pelabuhan Charleston. Kota Charleston secara resmi meminta maaf pada tahun 2018 atas perannya dalam perdagangan budak.

Dalam resolusinya, kota itu mengatakan patung itu, yang didirikan sejak 1898, "dipandang oleh banyak orang sebagai sesuatu selain peringatan atas pencapaian penduduk asli South Carolina, tetapi lebih sebagai simbol memuliakan perbudakan dan dengan demikian, pengingat menyakitkan dari sejarah perbudakan di Charleston. "

Dukungan Calhoun terhadap perbudakan tidak pernah goyah. Dia mengatakan dalam beberapa pidato di lantai Senat AS pada tahun 1830-an silam bahwa para budak di wilayah selatan lebih baik daripada orang kulit hitam bebas di wilayah utara, sembari menyebut perbudakan sebagai "barang positif."

Gelombang aksi yang dipicu oleh kematian warga kulit hitam, George Floyd, di tangan polisi Minnesota terus berlanjut. Para demonstran ramai-ramai menginginkan patung-patung yang menjadi simbol kolonialisme dan rasialisme dirobohkan atau dipindahkan.

https://news.detik.com/internasional...-dipindahkan/2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di