CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jatim Memimpin, Ini Peta Covid-19 di Zona Merah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef3405fb41d30767705f0bc/jatim-memimpin-ini-peta-covid-19-di-zona-merah

Jatim Memimpin, Ini Peta Covid-19 di Zona Merah

Jatim Memimpin, Ini Peta Covid-19 di Zona Merah
Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah menyatakan total pasien positif COVID-19 di Indonesia menembus angka 49.009 orang hingga Rabu (24/6/2020) pukul 12.00 WIB. Jumlah ini bertambah 1.113 orang dibandingkan dengan kemarin.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan ada empat provinsi yang saat ini dikategorikan zona merah, dengan kasus aktif di atas 2.000 orang. Keempat provinsi tersebut yakni Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan.

Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan Jawa Timur mencatatkan penambahan kasus positif tertinggi hari ini sebanyak 183 orang, sehingga totalnya 10.298 orang. Jumlah hanya selisih tipis dengan DKI Jakarta yang hingga saat ini masih menjadi yang tertinggi dengan penambahan 157 orang dan total 10.404 kasus.

"Ini memberikan gambaran kasus baru yang muncul, beberapa saat kita menghitung data, seseorang yang membawa virus tidak menggunakan masker melaksanakan kontak dekat dengan orang rentan maka kemungkinan penularan 100%," kata Yurianto, Rabu (24/06/2020).

Berdasarkan data Kemenkes, Jawa Timur mencatatkan kasus aktif tertinggi di Indonesia dengan jumlah 6.553, sementara Jakarta di urutan kedua dengan kasus aktif sebanyak 4.480 kasus.

Di urutan ketiga yakni Sulawesi Selatan dengan kasus aktif 2.640 orang, dan keempat Kalimantan Selatan dengan kasus aktif 2.159 kasus.

Kedua provinsi ini juga menjadi perhatian karena dalam beberapa minggu terakhir mencatatkan penambahan yang signifikan. Hari ini Sulawesi Selatan mencatat penambahan kasus positif sebanyak 132 orang sehingga totalnya 4.194 kasus. Sementara Kalimantan Selatan mencatatkan penambahan kasus 90 orang, sehingga totalnya 2.775 orang.

Sebelumnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyatakan Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan menjadi tiga Provinsi yang tengah menjadi perhatian dengan tingginya tingkat penyebaran pandemi corona di daerah tersebut. Ketiganya pun menjadi fokus untuk dilakukan tracing dan test yang masif.
Jatim Memimpin, Ini Peta Covid-19 di Zona Merah
Namun Yuri mengingatkan pengetesan masif ini berbeda dengan massal. Pengetesan masif artinya ada panduannya, yakni dengan kontak tracing sehingga semua kasus dicurigai kontak dekat harus dilakukan test.

"Nanti Pemda Jawa Timur harus breakdown di kabupaten mana yang perlu dilakukan tes masif, karena basis kita adalah epidemiologi. Kalau DKI Jakarta saja masalah kabupaten Kepulauan Seribu pasti beda dengan Jakarta Pusat jadi perlakuannya tidak bisa sama," kata Yurianto belum lama ini.

Hingga Rabu (24/06/2020), pasien yang sembuh bertambah 417 orang, sehingga total terdapat 19.658 orang. Data korban jiwa yang terlapor bertambah 38 orang, sehingga menjadi 2.573 kasus kematian.

"Ada 18 provinsi yang penambahannya di bawah 10 orang dan 5 provinsi tidak ada penambahan sama sekali. Saat ini sudah 443 kabupaten kota terdampak di 34 provinsi," katanya.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-di-zona-merah

Jatim semakin terdepan.... Gue udah feeling jatim bakal gini...

profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Diubah oleh LordFaries3.0
wah ngeri Yah,, sekarang Tidak hanya Jakarta, Jawa Timur menjadi Epicentrum baru Pandemi Covid-19 ini...

emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan gabener.edan memberi reputasi
Diubah oleh riendzy92
Rata2 org tanpa gejala,si jubir monyong bil space rmh sakit banyak kosong krn rata2 gejala ringan cukup isolasi dirmh saja jd corona di indonesia tidak berbahaya
kalo daerah daerah timur yg merah, rata rata karena kedatangan orang dari luar daerah.

dimari aja udah seminggu razia masker. gak pake?
50-100k melayang
emoticon-Hammer2
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jatim selain mengejar dki angka kasus positifnya, persentase kematiannya juga paling tinggi.

Ada apa dengan jatim??
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
emoticon-Belgiaemoticon-Belgia
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Jatim Memimpin, Ini Peta Covid-19 di Zona Merah

jakarta amanlah...ada avatar wan bonbonemoticon-Leh Uga
Jatim?
Org2nya pada selow ko..
Masuk k medsos Grup jatim trtm sby dan sktrnya..
Komennya wani matilah.. blabla.. y kl demi gawe..
PSBB kgk kerasa bedanya, plg cm check point di Cito dll..
Itupun bawahan smp atasan kalah sm yg namanya Habib..
G kaget ... emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
Jdi gmana langkah pemerintah baik pusat dan daerah?
Didiamkan kah?


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di