CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PBNU: RUU HIP Berpotensi Hidupkan Orba dan Picu Konflik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef2ff2968cc95410649564f/pbnu-ruu-hip-berpotensi-hidupkan-orba-dan-picu-konflik

PBNU: RUU HIP Berpotensi Hidupkan Orba dan Picu Konflik

Jakarta, CNN Indonesia -- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendesak DPR segera menghentikan pembahasan Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj menilai RUU tersebut tidak relevan dan dapat menimbulkan potensi konflik di tengah masyarakat.

"RUU tersebut ada yang bertentangan, mempersempit tafsir, tidak relevan, tidak urgen, dan menimbulkan konflik," kata Said dalam keterangan resminya seperti dikutip dari situs nu.or.id

Ketua PBNU Bidang Hukum dan Perundang-undangan Robikin Emhas menyampaikan secara rinci beberapa alasan PBNU agar proses legislasi RUU HIP dihentikan.

Robikin menyatakan Pancasila merupakan perjanjian agung, tersusun dari lima sila yang memuat nilai-nilai luhur yang saling menjiwai dan satu kesatuan.

Ia menyatakan sila Ketuhanan menjiwai Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan Sosial itu tidak bisa diperas lagi menjadi trisila atau ekasila.

"Upaya memeras Pancasila menjadi trisila atau ekasila akan merusak kedudukan Pancasila, baik sebagai philosophische grondslag (falsafah dasar) maupun staatsfundamentalnorm (hukum dasar) yang telah ditetapkan pada 18 Agustus 1945," kata Robikin.

Robikin juga menyebut ada obsesi untuk menafsirkan Pancasila secara ekspansif, yang bisa menimbulkan ekses negatif berupa menguatnya kontrol negara dalam kehidupan masyarakat.

"Obsesi untuk menafsirkan Pancasila secara ekspansif akan menimbulkan ekses negatif berupa menguatnya kontrol negara dalam kehidupan masyarakat. Penguatan eksesif kelembagaan BPIP dapat melahirkan kembali BP7 (Badan Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) di zaman Orde Baru yang praktiknya menjadi alat sensor ideologi masyarakat," kata dia.

Menurut Robikin, Pancasila yang terlalu ambisius akan kehilangan roh sebagai ideologi pemersatu. Pada gilirannya dapat menimbulkan benturan-benturan norma dalam masyarakat.

Selain itu, Robikin beranggapan Pancasila adalah hukum tertinggi atau sumber dari segala sumber hukum yang termaktub di dalam Pembukaan UUD 1945.

Sebagai hukum tertinggi yang lahir dari konsensus kebangsaan, kata dia, Pancasila tidak bisa diatur oleh peraturan perundang-undangan yang lebih rendah.

"Pengaturan Pancasila ke dalam sebuah undang-undang akan menimbulkan anarki dan kekacauan sistem ketatanegaraan," kata dia

Robikin menilai Pancasila merupakan ideologi prinsip yang menjiwai sistem penyelenggaraan negara dan pemerintahan untuk mencapai tujuan dan cita-cita negara. Penerjemahan Pancasila sebagai ideologi kerja selalu mempertimbangkan dinamika dan perkembangan zaman.

Menurutnya, pembakuan tafsir atas Demokrasi Pancasila dalam suatu undang-undang jelas akan mempersempit ruang tafsir yang memandekkan kreativitas, dan inovasi yang dibutuhkan untuk mendorong kemajuan bangsa sesuai dengan tuntutan zaman.

"Bahwa kesalahan yang terjadi di masa lampau terkait monopoli tafsir atas Pancasila tidak boleh terulang lagi. Kendati demikian hal ini bukan merupakan dasar dan alasan yang dapat membenarkan perluasan dan/atau penyempitan tafsir atas Pancasila dalam suatu undang-undang yang isinya mengatur demokrasi politik Pancasila dan demokrasi ekonomi Pancasila sebagaimana RUU HIP," kata Robikin

Melihat persoalan tersebut serta mencermati Naskah Akademik dan draf RUU HIP, Robikin menyampaikan penilaian terhadap Pasal 3 ayat (2), Pasal 6, dan Pasal 7 RUU HIP yang menurutnya bertentangan dengan Pancasila sebagai konsensus kebangsaan.

Sementara itu, Pasal 13, 14, 15, 16, dan 17 RUU HIP akan mempersempit ruang tafsir yang menjurus pada monotafsir Pancasila. Lalu Pasal 22 terkait pembangunan nasional dan turunannya tidak relevan diatur dalam RUU HIP.

Sedangkan Pasal 23 RUU HIP yang berkaitan dengan perwujudan pembangunan nasional di bidang agama, rohani dan kebudayaan dapat menimbulkan benturan norma agama dan negara.

Pasal 34, 35, 37, 38, 41, dan 43 disebutnya sebagai bentuk tafsir ekspansif Pancasila yang tidak perlu. Lalu Pasal 48 ayat (6) dan Pasal 49 dapat menimbulkan konflik kepentingan.

"Nahdlatul Ulama memandang bahwa Pancasila merupakan konsensus kebangsaan yang bersifat final," kata Robikin

Sebelumnya, pemerintah melalui Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan pemerintah telah memutuskan untuk menunda pembahasan RUU HIP dengan DPR.

Mahfud juga meminta DPR sebagai pengusul pembahasan RUU tersebut agar berdialog dengan masyarakat dulu.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...n-picu-konflik

Ada yg aneh..

mengapa yang tidak setuju HIP, cuma muslim saja, seperti Muhammadiyah, NU, sampai FPI.

sedangkan agama agama lain, ga ada suara, santai santai aja tuh emoticon-Big Grin

ada apa ya, mengapa cuma muslim saja yg marah? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xxxixxx dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
lah kemaren bukannya banyak yg lagi rindu suharto dan orba? penak jamanku toh?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ry.378 dan 4 lainnya memberi reputasi
SALAM PANCASILA !!

PBNU: RUU HIP Berpotensi Hidupkan Orba dan Picu Konflik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harsontol dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Ojodupeh
Lihat 3 balasan
halusinasi lu
Tidak perlu demo, kan ada wakil rakyat di DPR biar mereka yang menolak dijadikan UU.emoticon-Smilie
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Yang tidak setuju HIP cuma islam.

Buddha
Konghucu
Hindu
Kristen

setuju setuju aja tuh emoticon-Big Grin

ada apa ya? Kok pihak muslim kelojotan banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Cuma muslim ajah yang membela pancasila... yang laen komunis, atheis, sosialis, marxis, sayur petis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
didit.d dan 2 lainnya memberi reputasi
Emang ada kata2 ngajak jd ateis nyok... Maling nyok, bunuh orang nyok... Komunis nyok.... bangkitkan PKI nyok... Kan gak ada....

Sekian puluh taun pancasila ada. .
Hanya sekedar dihafal... Itupun belum banyak yg hafal
Apasalahnya bikin petunjuk lebih jelas tentang Pancasila itu haluannya kemana....

Yang buat itu prwakilan rakyat juga kan... Dan hampir semua penyusunya jg muslim cuy....


profile-picture
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xrm
Bubarkan PDIP emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harsontol dan 5 lainnya memberi reputasi
Strikernya bilang itu PKI, pemain bertahan bilang itu orba.

Padahal tdk ada yg mau mengotak-atik Pancasila lewat RUU HIP.

Ini omongan Ahmad Basarah (PDIP)
Dia menjelaskan RUU HIP harus dapat menjadi dokumen hukum yang dapat menyatukan kembali pandangan dan sikap ideologis bangsa sebagaimana konsideran menimbang Kepres Nomor 24 Tahun 2106 yang telah mengakomodasi semua pandangan dan kepentingan, terutama golongan Islam maupun golongan kebangsaan.

Pancasila itu final tp pandangan (tafsir) thd Pancasila berkembang sangat liar bahkan banyak yg menyesatkan. Jd yg dikatakan Ahmad Basarah benar, kita hrs menyatukan pandangan (tafsir) thdp Pancasila. Jgn lagi muncul tafsir sesat Pancasila semacam ini: agama X adl yg paling sesuai Pancasila krn agama lain Tuhannya tidak Esa.

Tafsiran Pancasila yg sesat semacam itu justru mengancam Pancasila itu sendiri, krn tafsir itu jelas2 didasari semangat sovinisme kelompok tertentu yg jg terlihat dlm peraturan2 berbasis agama yg jelas2 tdk mempertimbangkan seluruh sila dlm Pancasila.

Maju terus DPR RI. Maju terus PDIP. Perjuangkan RUU ini, jangan kasih kendor!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harsontol dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Main lo kurang jauh

Terkait RUU HIP, Pendeta Sadrak Simbiak: Pancasila Sudah Final Jangan Diotak Atik
https://kask.us/iGqWw
#ForumKaskus via @KASKUS
profile-picture
profile-picture
didit.d dan putrateratai.7 memberi reputasi
Diubah oleh anti.suap
Lihat 14 balasan
NU mah kayaik ee hanyut disungai emoticon-Big Grin
sungai ke kanan, ee ke kanan
sungai ke kiri, ee pun ikut ke kiri,
alias GA PUNYA PENDIRIAN emoticon-Big Grin

tapi masih lebih baik daripada HTI atau FPI atau PKS emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan joesan1899 memberi reputasi
Diubah oleh GayusTambunan.
Lihat 3 balasan
Kadrun banyak yang kejang kejang segitu takutnya kah ada kemungkinan tidak bisa diskriminasi ke minoritas atau apa ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan 4 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Ada yang aneh kenapa non muslim pada santai pancasila mau dirubah padahal sebelumnya paling nyaring tereak paling pancasila





emoticon-Betty (S)
profile-picture
profile-picture
didit.d dan putrateratai.7 memberi reputasi
Lihat 10 balasan
1. Religions
2. Humanism 
3. Nationalism 
4. Democracy 
5. Social Justice

Mereka hanya hafal sila 1 dan 3, tapi mengabaikan 2 (di Papua misalnya), 4 (malah oligarchy), & 5 (too many examples).

btw Kalau UU Minerba sudah disahkan, untuk apa ribut pembahasan RUU HIP. Jebakan betmen.

1 persen orang kaya di RI disebut menguasai 50 persen aset nasional, lalu ada ribut² kebangkitan komunis? Oligarki ngakak guling-guling. Rakyat sibuk bahas Pancasila dan komunis, sementara oligarki bisa tenang menjarah kekayaan negara.
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
didit.d dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
indonesia emang suka bahas sesuatu yang ga urgent, memicu konflik, dan ga ada gunanya emoticon-Leh Uga

bukannya mikir gimana ngurus pandemi, malah ngurusin pancasila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
didit.d dan 5 lainnya memberi reputasi
bukan hanya orba tapi orla. jadi gabungan orba sama orla. yg orba dah kelihatan bibitnya dengan adanya bpip, jaman orba ya bp7 namanya. ada wacana juga akan masuk ke kampus-kampus dalam bentuk ukm.tafsirnya berdasarkan golongan itu aja.ruu hip ini kan ada pasalnya yang memperkuat ini badan.emoticon-Hansip . yang orla nya tunggu aja bentar lagi juga keluar
profile-picture
profile-picture
didit.d dan putrateratai.7 memberi reputasi
Diubah oleh brick_water
Lihat 1 balasan
untuk menyatukan pandangan mengenai pancasila butuh waktu yang sangat panjang ku rasa.
Quote:


PBNU: RUU HIP Berpotensi Hidupkan Orba dan Picu Konflik
PBNU: RUU HIP Berpotensi Hidupkan Orba dan Picu Konflik

Gak ada kafir yg gak goblok itu udah FINAL sama FINAL nya dengan pancasila dasar negara.
Gak usah di utak atik lagi..

Paham firr??

https://www.gatra.com/detail/news/48...kontroversinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
didit.d dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh .noiss.
Jadi mau kayak dijadikan macam sistem CCP goverment di china?
profile-picture
didit.d memberi reputasi
Diubah oleh PapinZ
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di