CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
New Normal Bantu Rakyat Kecil Kembali Putar roda Perekonomian
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ef2c68310d2951eb813179b/new-normal-bantu-rakyat-kecil-kembali-putar-roda-perekonomian

New Normal Bantu Rakyat Kecil Kembali Putar roda Perekonomian

New Normal Bantu Rakyat Kecil Kembali Putar roda Perekonomian
Usaha kecil dan menengah mempunyai kedudukan, potensi, dan peranan sangat penting dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan. Karena UMKM merupakan kegiatan usaha yang menampung lapangan kerja yang cukup banyak. 

 

"Badung komit membangkitkan UMKM, baik itu bidang pertanian dan perikanan. Hasilnya akan disalurkan ke hotel dan restoran. Kami akan lebih banyak mendengar masukan masyarakat untuk membangun perekonomian Badung,” ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Wabup Suiasa dan Sekda Adi Arnawa saat menghadiri acara presentasi program Nangun Kertha Jimbaran Membangun Ekonomi Kerakyatan di Masa Pandemi Covid-19 di Kantor LPD Desa Adat Jimbaran, Selasa (23/6).

 

Sebagai pemerintah, kata bupati, pihaknya akan mendengar dengan telinga, mata, hati maupun melihat langsung ke lapangan guna mendapatkan masukan masyarakat dalam membangun perekonomian Kabupaten Badung. Siapa menguasai ekonomi dia menjadi leader, dengan pengembangan sentra-sentra produk unggulan dapat mempercepat pengembangan ekonomi kerakyatan. Dengan begitu, UMKM mempunyai peranan penting dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

 

Acara yang diprakarsai oleh Pemuda Jimbaran yang tergabung dalam wadah Crew Jimbaran ini juga dihadiri oleh Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan I Made Widiana, Kadis Perikanan I Nyoman Suardana, Kadis Pertanian dan pangan I Wayan Wijana, Kadis Perinaker IB Oka Dirga, Kabag Humas Made Suardita dan Camat Kuta Selatan Ketut Gede Arta.

 

Lebih lanjut Giri Prasta mengatakan, pengembangan ekonomi kerakyatan dilakukan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penguatan kapasitas lembaga ekonomi masyarakat seperti koperasi dan UMKM. Selain itu pengembangan ekonomi juga dapat dilakukan dengan menciptakan sentra-sentra pembangunan produk unggulan wilayah perdesaan, kecamatan, sesuai dengan kultur dan potensi wilayah. 

 

Karena berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda, Koperasi dan UMKM menjadi urusan wajib pemerintah daerah. Menurutnya, hal itu berarti pemerintah daerah mempunyai kewenangan seluas-luasnya untuk melaksanakan pembangunan dalam mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat, pemerataan dan keadilan yang didasarkan pada prinsip-prinsip demokrasi.

 

"Pemda harus jalankan program pembangunan ekonomi berbasis potensi daerah. Salah satu upayanya melalui peningkatan pengembangan skala usaha UMKM, usaha peningkatan akses pelaku UMKM terhadap perbankan. Selain itu, pemerintah harus meningkatkan kapasitas UMKM terhadap akses permodalan, pendampingan teknis, pengawasan dan pelatihan manajemen dalam pengembangan UMKM," tuturnya.

 

Ditambahkan, untuk keberhasilan program pembangunan ekonomi kerakyatan dibutuhkan perencanan strategis yang tepat, dimana memuat rencana taktis strategis yang berisi uraian secara rinci dan terukur mengenai kebijakan dan program pembangunan dalam rangka pemberdayaan koperasi dan UMKM.

 

Pihaknya juga meminta para pelaku UMKM untuk ulet berusaha karena Pemerintah Kabupaten Badung selalu mendorong pengembangan UMKM di masyarakat terlebih pada masa pandemi Covid-19, karena UMKM sudah terbukti mampu bertahan di berbagai macam cobaan.

 

"Masyarakat Badung pada umumnya dan masyarakat Jimbaran pada khususnya harus menjadi tuan di rumah sendiri. Kita akan menciptakan pariwisata terintegrasi berbasis desa, seperti di Jimbaran ini tidak hanya wisata kulinernya saja yang akan kita tata, namun wisata akomodasi berbasis masyarakat pun akan kita wujudkan. Jimbaran sebagai dapurnya Badung harus kita tata dengan maksimal," imbuhnya.

 

Secara khusus Bupati asal Plaga ini juga memberi apresiasi yang tinggi kepada Pemuda Jimbaran yang tergabung dalam komunitas Crew Jimbaran, karena sudah mampu mengimplementasikan new normal dari Pemkab Badung dalam bidang ekonomi. 

 

"Dengan karya nyata Pemuda Jimbaran sudah mampu bangkit dengan menggerakkan UMKM ditengah pandemi Covid-19. Inilah yang patut dijadikan role model oleh pemuda Badung lainnya karena pemuda milenial harus mampu beradaptasi dengan segala macam kondisi." ujar mantan Ketua DPRD Badung ini.

 

Sementara itu Gede Rahmadi dari Crew Jimbaran didampingi oleh Bendesa Adat Jimbaran I Made Budiarta mengucapkan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta beserta jajaran Pemkab Badung. 

 

"Kami mengucapkan terima kasih sekaligus merasa bangga karena punya pemimpin yang sangat responsible, yang mampu memposisikan diri sebagai pimpinan, sebagai ayah dan teman dengan sangat positif merespon kegiatan dan inovasi generasi muda khususnya Crew Jimbaran dalam membangkitkan ekonomi berbasis kemasyarakatan melalui pengembangan UMKM," ucapnya.

 

Menurutnya masyarakat Jimbaran merupakan masyarakat yang berkarakter tangguh bukan pengeluh. Masyarakat yg mampu bertahan dalam bidang ekonomi dimasa pandemi Covid-19 bukan masyarakat yang pintar namun masyarakat yang mampu beradaptasi dengan segala macam kondisi. 

 

"Tujuan kami membuat program Nangun Kertha Jimbaran untuk menjadikan Desa Jimbaran sebagai desa pertama yg mampu bertahan dalam ekonomi beradaptasi dengan pandemi Covid-19 melalui 3 fokus utama pengembangan usaha yakni UMKM, petani dan nelayan," terangnya.  



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di